Pengaruh Kurikulum Merdeka Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 3 Hiliserangkai

Authors

  • Siska Tri Sintia Dohona Universitas Nias
  • Novelina Andriani Zega Universitas Nias
  • Desman Telaumbanua Universitas Nias
  • Hardikupatu Gulo Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v14i2.5141

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Minat Belajar, Pelajaran IPA, Siswa SMP, kuantitatif

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan pendekatan pembelajaran intrakurikuler yang memberikan fleksibilitas bagi siswa untuk mendalami konsep secara lebih optimal dan memperkuat kompetensi esensial. Minat belajar merupakan faktor utama yang berperan besar dalam pencapaian hasil belajar dan pengembangan potensi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 3 Hiliserangkai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif statistik. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII sebanyak 57 orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa angke. Hasil analisis pada uji hipotesis pada analisis regresi linear sederhana pada koefisien regresi X (b) sebesar 0,795 menunjukkan bahwa variabel kurikulum merdeka mempunyai pengaruh positif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Diketahui pada uji hipotesi (uji t) diketahui bahwa nilai thitung pada variabel kurikulum merdeka sebesar 6.312 sedangkan ttabel sebesar 2.004 atau (6.312 > 2.004) dengan signifikasinya 0.000 dengan batas sig. (0.000 < 0.05). Didukung juga pada (uji F) dengan perhitungan statistik ditemukan bahwa nilai Fhitung = taraf F probability 0.05 maka nilai pada Ftabel adalah 4.01, dari hasil yang didapatkan nilai Fhitung > Ftabel (Fhitung 39.846 > Ftabel 4.01) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0.05. Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara penerapan kurikulum Merdeka dengan minat belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang siginifikan implementasi kurikulum merdeka terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 3 Hiliserangkai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alrizka Hairi Dilfa, dkk. (2023). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka (I. A. Putri (ed.)). PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. https://doi.org/Perpustakaan Nasional RI

Amiruddin, Simanjuntak, R., Meliala, H. P., Tarigan, N., & Ketaren, A. (2023). Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 5487–5492.

Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar: Kompilasi Konsep. In CV. Pusdikra MJ.

Bakiyah. (2022). Pendidikan Indonesia Era Globalisasi. Jurnal Kependidikan, 7(1), 82–87.

Chandra, M. P., Lubis, M. A., Studi, P., & Jambi, U. (2023). 1 , 2 , 3. 6(2), 109–119.

Dr. Ajat Rukajat, M. M. P. (2021). Metodologi Penelitian (Kuantitatif Dan Kualitatif).

Erin Aprillia, Cut Nurhayati, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Perubahan Kurikulum Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(4), 402–407. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.78

Febriyenti, D., Putri, N., Asmendri, A., & Sari, M. (2023). Perkembangan Kurikulum di Indonesia dalam Perspektif Sejarah. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 195–214. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v7i2.932

Fildza, F. M., Fathin, A. F., Feronika, N., Rohmaniyah, A., Hakiki, & Badriah, L. (2023). Kurikulum Merdeka: Implementasi Di Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 619–624. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.975

I.P.O.P. Putra, N.M. Pujani, & L.M. Priyanka. (2023). Analisis Minat Belajar Ipa Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 11(2), 22–31. https://doi.org/10.23887/jppii.v11i2.60897

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–50.

Kusuma, L. H., Nuril, A., & Fauziah, M. (2023). Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas Viii SMP. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa

Ledia, S., Mauli, B., & Bustam, R. (2024). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6 No 1(Pendidikan), 790–806. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i1.2708

Linasari, R., & Arif, S. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(2), 186–194. https://doi.org/10.21154/jtii.v2i2.874

M-progress, J. I., Pengembangan, P., Dan, K., Kerja, D., Wardani, S., Rita, P., & Permatasari, I. (2022). Pengaruh Pengembangan Karier Dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (Pns) Staf Umum Bagian Pergudangan Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) Di Tangerang. Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 13–25. https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i1.862

Maharani, C., & Fitriani, E. (n.d.). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa dalam Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. 138–144.

Mahdalena, M. (2022). Pengaruh Minat Belajar, Dukungan Orang Tua Dan Lingkungan Belajar Terhadap Perilaku Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa (Studi Faktor Yang Mempengaruhi Prilaku Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4,5 dan 6 Pada SDN Binuang 4 da. Kindai, 18(2), 332–351. https://doi.org/10.35972/kindai.v18i2.803

Mata, P., Ips, P., & Viil, D. (2024). E-I SN : 2722-7839 , P-I SN : 2746-7732. 3(2), 336–347.

Mulyadi, M. (2013). Riset Desain Dalam Metodologi Penelitian. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 16(1), 71. https://doi.org/10.31445/jskm.2012.160106

Muslimin, I. (2023). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Lembaga Pendidikan Islam Studi Kasus di Madrasah Se-Jawa Timur. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 5(1), 43–57. https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.1.43-57

Novitasary, R. R. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek pada Kurikulum Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(2), 100–112. https://doi.org/10.26740/jipb.v4n2.p100-112

Nur Hidayah, S., Zulaihati, S., & Sumiati, A. (2023). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Di Smk Negeri 46 Jakarta. Prosiding Konferensi Ilmiah Akuntansi, 10(0), 13220. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/KIA/article/view/18473

Nuzulia, B., Nelyahardi, N., & Harahap, N. H. (2024). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Teknik Home Room Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 187. https://doi.org/10.36709/bening.v8i2.47484

Pratycia, A., Dharma Putra, A., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 58–64. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1974

Putri, A. A., Sabilla, I. A., Fadhilah, S. A., & Aridansyah, V. (2025). Ilmu Pengetahuan Alam dan Bidang 4 Ilmu Pengetahuan Alam. 3.

Qotimah, I., & Rusman, R. (2024). Teacher efforts’ to prepare implementation of Kurikulum Merdeka in elementary school. Inovasi Kurikulum, 21(1), 27–40. https://doi.org/10.17509/jik.v21i1.62003

Rahayu, M. S., Hasan, I., Asmendri, A., & Sari, M. (2023). Relavansi Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Pendidikan. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 108–118. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.925

Regresi, A. A. (2019). Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dan Evaluasi Pendidikan. 1–7.

Rifa’i, A., Kurnia Asih, N. E., & Fatmawati, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah. Jurnal Syntax Admiration, 3(8), 1006–1013. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i8.471

Rohimajaya, N. A., Hartono, R., Yuliasri, I., & Fitriati, S. W. (2022). Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMA di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 825–829. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes

Roro Kurnia Nofita Rahmawati, M. P. (2024). Minat Belajar konsep dasar indikator & faktor-faktor yang mempengaruhinya (R. Saputra (ed.); I). CV. Literasi Nusantara Abadi.

Ruhaniah, N., Farida, Y. E., Syarifah, U., & Agustiana, S. P. (2024). Analisis Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Basicedu, 8(1), 61–70. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6914

Sartika, S. B. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. In Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4

Siregar, H. D., Wassalwa, M., Khairina Janani, & Harahap, I. S. (2022). Analisis Uji Hipotesis Penelitian Perbandingan Menggunakan Statistik Parametrika. Al Itihadu Jurnal Pendidikan, 1(1), 3. https://jurnal.asrypersadaquality.com/index.php/alittihadu/article/view/44%0Ahttps://jurnal.asrypersadaquality.com/index.php/alittihadu/article/download/44/74

Siregar, H. H. L. (2020). Analisis dampak penerapan kurikulum merdeka terhadap minat belajar siswa di kelas iv. November 2024. https://doi.org/10.24114/jmpsd.v2i2.61747

Sitorus, R. F., Waruwu, K. K., Salim, & Febry, A. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan West Science, 01(06), 328–334.

Sosial, J. P. (2023). Pediaqu:Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora https://publisherqu.com/index.php/pediaqu P-ISSN: 2964-7142 ; E-ISSN: 2964-6499. Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 133–138. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/57/51

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Tuerah, M. S. R., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), 982. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., Sudiapermana, E., LeliAlhapip, M., Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, L. S., Ali, N. B. V., & Krisna, F. N. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Kemendikbud, 1–143.

Yassha, P. M., Yesasri, & Setiawati, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Minat Belajar Siswa Smp N 2 Lembang Jaya Implementation of the Independent Curriculum on Students’ Interest in Learning At Smp N 2 Lembang Jaya. Bakoba: Jurnal Pendidikan IPS, 01(02), 5. https://doi.org/10.30606/bjpi.v01i01.xxx

Downloads

Published

2025-09-29