Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • wayan sunita IKIP PGRI BALI
  • Putu Indira Indriyani IKIP PGRI BALI

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v8i2.514

Keywords:

Problem Based Instruction (PBI), kreativitas, dan hasil belajar matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran PBI terhadap kreativitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP N 1 Kuta Utara tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian eksperimen semu dengan  desain penelitian non equivalen posttest-only control group design. Populasi sebanyak 12 kelas (417 peserta didik) dengan sampel penelitian ini terdiri dari 2 sampel kelas yaitu satu kelas eksperimen (kelas VIII F) dan satu kelas kontrol (kelas VIII L) yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel bebas adalah model pembelajaran PBI dan model pembelajaran konvensional. Variabel terikat berupa kreativitas dan hasil belajar matematika. Instrumen penelitian yaitu angket kreativitas dan tes hasil belajar matematika. Analisis data menggunakan uji MANOVA dengan bantuan SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran PBI terhadap kreativitas peserta didik kelas VIII SMP N 1 Kuta Utara tahun pelajaran 2018/2019, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran PBI terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP N 1 Kuta Utara tahun pelajaran 2018/2019, dan (3) terdapat pengaruh model pembelajaran PBI secara simultan antara kreativitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP N 1 Kuta Utara tahun pelajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, Amrullah. 2015. Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Islam, Volume 10, No. 2 Desember 2015.
Indrawati, Cici dkk. 2018. Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Bagi Siswa Yang Diberi Model PBI dan Core Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ampel Kabupaten Boyolali. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online) Vol 2, No. 1, Januari (2018) 11-22.
Kharista, Ria Yanna, dkk. 2012. Pengaruh Model Problem Based Instruction Berbantuan Funny Work Sheet Terhadap Hasil Belajar dan Kreativitas. Jurnal Universitas Negeri Semarang. ISSN: 2252-6609.
Muah, Tri. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 9B Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015 SMP Negeri 2 Tuntang-Semarang. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Nugroho, Riant. 2008. Public Policy: Teori Kebijakan – Analisis Kebijakan – Proses. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utami, Runtut Prih. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create And Share (SSCS) dan Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa. Jurnal FKIP UNS Volume 4, Nomor 2, Agustus 2011. ISSN: 1693-2654.

Published

2019-11-25