Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.59672/emasains.v8i2.514Keywords:
Problem Based Instruction (PBI), kreativitas, dan hasil belajar matematikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran PBI terhadap kreativitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP N 1 Kuta Utara tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian non equivalen posttest-only control group design. Populasi sebanyak 12 kelas (417 peserta didik) dengan sampel penelitian ini terdiri dari 2 sampel kelas yaitu satu kelas eksperimen (kelas VIII F) dan satu kelas kontrol (kelas VIII L) yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel bebas adalah model pembelajaran PBI dan model pembelajaran konvensional. Variabel terikat berupa kreativitas dan hasil belajar matematika. Instrumen penelitian yaitu angket kreativitas dan tes hasil belajar matematika. Analisis data menggunakan uji MANOVA dengan bantuan SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran PBI terhadap kreativitas peserta didik kelas VIII SMP N 1 Kuta Utara tahun pelajaran 2018/2019, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran PBI terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP N 1 Kuta Utara tahun pelajaran 2018/2019, dan (3) terdapat pengaruh model pembelajaran PBI secara simultan antara kreativitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP N 1 Kuta Utara tahun pelajaran 2018/2019.
Downloads
References
Indrawati, Cici dkk. 2018. Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Bagi Siswa Yang Diberi Model PBI dan Core Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ampel Kabupaten Boyolali. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online) Vol 2, No. 1, Januari (2018) 11-22.
Kharista, Ria Yanna, dkk. 2012. Pengaruh Model Problem Based Instruction Berbantuan Funny Work Sheet Terhadap Hasil Belajar dan Kreativitas. Jurnal Universitas Negeri Semarang. ISSN: 2252-6609.
Muah, Tri. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 9B Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015 SMP Negeri 2 Tuntang-Semarang. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Nugroho, Riant. 2008. Public Policy: Teori Kebijakan – Analisis Kebijakan – Proses. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utami, Runtut Prih. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create And Share (SSCS) dan Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa. Jurnal FKIP UNS Volume 4, Nomor 2, Agustus 2011. ISSN: 1693-2654.
Published
Issue
Section
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.