Pengembangan Video Pembelajaran Biologi Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMK

Authors

  • Margaret Mesra Wati Gulo Universitas Nias
  • Novelina Andriani Zega Universitas Nias
  • Hardikupatu Gulo Universitas Nias
  • Yaredi Waruwu Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v14i2.5139

Keywords:

Video Pembelajaran, Biologi, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran biologi berbasis model inkuiri terbimbing guna meningkatkan hasil belajar peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Model inkuiri terbimbing dipilih karena mampu mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran melalui pemberian petunjuk yang sistematis dalam menemukan konsep secara mandiri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMK pada mata pelajaran Biologi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, angket respon peserta didik, serta tes hasil belajar. Video pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi ekosistem untuk kelas X-APAT 1 SMK Negeri 1 Gido dinyatakan sangat layak. Validasi oleh ahli materi I mencapai 98,2%, ahli materi II 93,9%, ahli bahasa 97%, dan ahli desain 78%. Video pembelajaran menunjukkan kepraktisan sangat tinggi berdasarkan uji coba perorangan (83%), kelompok kecil (87%), dan uji lapangan (86%). Produk terbukti efektif meningkatkan hasil belajar, ditunjukkan oleh rata-rata nilai peserta didik sebesar 88,5 dengan KKM 75, sehingga memenuhi kriteria ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil tersebut, video pembelajaran biologi berbasis model inkuiri terbimbing layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK untuk mendukung proses pembelajaran yang aktif dan bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinda, A. H., Siahaan, H. E., Raihani, I. F., Aprida, N., Fitri, N., & Suryanda, A. (2021). Penilaian Sumatif dan Penilaian Formatif Pembelajaran Online. Report Of Biology Education, 2(1), 1–10.

Ahmad Juaini, Naelud Darajatul Aliyah, D. D. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Gaya Mengajar Guru Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mts Nw Kotaraja Lombok Timur, Ntb. jurnal Cahaya Mandalika (JCM), 1–23.

Arifin, B. U. B., & Nurdyansyah, N. (2018). Buku Aajar Metodologi Penelitian Pendidikan. UMSIDA Press.

Artawijaya, I. P. E., & I Putu Panca Adi. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Materi Teknik Dasar Pencak Silat. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(1), 37–44. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.57869

Awaliyah, I. N., & T, A. Y. (2025). Inovasi Pembelajaran Matematika : Video Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Motivasi Belajar Siswa Mathematics Learning Innovation : Interactive Learning Videos to Increase Student Learning Activity and Motivation. 1–18.

Aziz, A., Badriah, S., Putra, A. P., Ananda, S., & Fitria, N. L. (2024). Pengembangan Media Video Pembelajaran Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Mengatasi Berbagai Macam Ujian Dan Cobaan Di MAN Kota Palangka Raya. JOURNAL OF EDUCATION, 4.

Belajar, H., & Lestari, D. D. (2024). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran ( JP Manper ) Peran Motivasi Belajar Dalam Memoderasi Pengaruh Whatsapp. 9(1), 1–10.

BSNP. (2014). Kisi-kisi Lembar Penilaian Ahli Materi. Buku Teks Pelajaran Pendidikan dasar dan Menengah, 106–145. https://eprints.uny.ac.id/9509/24/LAMPIRAN 1.1-1.10.pdf

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Fadhilah, V., Ulfa, S. W., & Adlini, M. N. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Hormon Kelas XI. JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(4), 1–6. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol2.iss4.825

Faisal, A., Hadi, P., Elin, H., Dwi, R. T., Fajriyah, L., Astuti, I. A. D., Hardiansyah, A., & Suseni, A. K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran “Telaah Perspektif Pada Era Society 5.0.” CV. Tohar Media.

Fiki Sa’adah. (2016). Analisis Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Eprints.Uny.Ac.Id, 15.

Hasanah, M., Supeno, S., & Wahyuni, D. (2023). Pengembangan Video Berbasis Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 44–58. https://doi.org/10.21093/twt.v10i1.5424

Herdiana, L. E., Sunarno, W., & Indrowati, M. (2021). Studi Analisis Pengembangan Video Ipa Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Sumber Belajar Potensi Lokal Terhadap Kemampuan Literasi Sains. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 87. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57247

Herimanto, H., Murdani, E., & Kurniawan, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Pada Materi Pengukuran. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(2), 44. https://doi.org/10.26737/jipf.v3i2.577

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Ii, B. A. B., Teori, A. K., & Pembelajaran, H. M. (2020). Rama_86206_18101100127_0723117802_0706126701_02. 11–30.

Indawati, H., Sarwanto, S., & Sukarmin, S. (2021). Studi Literatur Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Smp. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 98. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57269

Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Berbasis Kontekstual Di Manggarai Untuk Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya.

Kurnia, K., Salim, A., & Utama, A. H. (2024). Pemanfaatan Media Video Pembelajaran Youtube Untuk Menunjang Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. J-Instech, 5(1), 148. https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i1.9850

Lawuna, S. P., & Harefa, A. R. (2021). Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 3 Gunungsitoli Utara. IKIP Gunugsitoli.

Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Era Digital. JPG : Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205–222.

Lestari, I. D. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dikombinasikan dengan. Pendidikan Biologi, 1(1), 59–68.

Maharani, A. S., Nasuha, S. U., & Maulida, S. R. (2021). Media Pembelajaran Sebagai Alternatif Meningkatkan Gairah Belajar. Journal BIOnatural, 11.

Mahrawi, M., Usman, U., & Setiani, A. R. (2021). Pengembangan Video Biologi Sebagai Bahan Ajar Pada Materi Sel. Journal Education and Technology, 2(2), 42–54.

Miftah, M., & Rokhman, N. (2022). Kriteria Pemilihan dan Prinsip Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK Sesuai Kebutuhan Peserta Didik. jurnal ilmiah pendidikan.

Milala, D., Walujan, M., & Pangalila, T. (2024). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Tumoutou Social Science Journal, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.61476/eydc9b25

Mukarromah, T. T., & Harapan, E. (2023). Literasi Digital: Pentingnya Keterampilan Abad Ke-21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(12), 109–116.

Mustika, M., Asra, R., & Anggereini, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing dan Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah siswa SMP Negeri 6 Kerinci. Biodik, 7(4), 77–83. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14206

N.P.Y. Lestari, I.B.P. Arnyana, & I.M. Candiasa. (2024). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Organ Manusia. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(1), 54–68. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v8i1.3127

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. 659–663.

Ndruru, S., & Harefa, Y. (2023). Analisis Metode Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(4), 686–702. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18058

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. 03, 171–187.

Nuziani, M., & Widayanti. (2019). Pengembangan Buku Panduan Praktikum Fisika Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Untuk Peserta Didik Kelas X Semester Gasal Di SMAN 1 Banguntapan. Prosiding Seminar Nasional Fisika Festival, November 2019, 119–130.

Pokhrel, S. (2024). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.

Prasetyo, A. R., & Hamami, T. (2020). Prinsip-prinsip dalam Pengembangan Kurikulum. Palapa, 8(1), 42–55. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.692

Prasetyo, U., Astuti, I. A. D., Dasmo, D., & Noor, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Blog Pada Konsep Momentum Dan Impuls. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(2), 155–161. https://doi.org/10.30998/sch.v1i2.3150

Prastica, Y., Hidayat, M. T., Ghufron, S., & Akhwani, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. jurnal basicedu.

Profesi, P., Dalam, G., Biologi, P. S., & Surabaya, U. N. (2022). M odul ajar biologi “ ekosistem .”

Puspitasari, H., & Informasi, P. T. (2024). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis. 11, 487–497.

Putri, N. R. (2023). Penerapan Literasi Sains dalam Pembelajaran Biologi bagi Peserta. Prosiding SEMNAS BIO 2023, 1139–1151.

Rachma, F. A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2023). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Simulasi Mengajar Keterampilan Memberikan Reinforcement. jurnal pendidikan, 01.

Rachman, A., Yochanan, E., Samanlangi, A. I., & Purnomo, H. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. CV. Saba Jaya Publisher.

Rahayu, F., Wulandari, N., & Permadi, D. R. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 3(2), 407–417.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rahmawati, D. W. I. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline pada Pembelajaran Tematik Tema 8 Materi Lambang Negara Kelas 3.

Rosyid Mahmudi, M., & Alena, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantu Video Animasi Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 53/VI Pasar Masurai II Kabupaten Merangin. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 14632–14646.

Rumimpunu, F. F. N., Londa, T. K., Polii, J., & Lolowang, J. (2024). Efektivitas Penggunaan Simulasi Phet Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asas Kontinuitas Di Sma Negeri 1 Likupang the Likupang. 7(1). http://phet.colorado.edu

Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). ADDIE, sebuah model untuk pengembangan multimedia learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50–58.

Salamah, U., & Fauziah, A. N. M. (2025). Implementasi Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Pada Materi IPA. jurnal edu sains, 14.

Salim, F., Usman, H., Aviarizki, H. W., & Robbyzess, D. J. J. (2023). Development of Sparkol Videoscribe-Based Learning Media in Fourth-Grade of Elementary School Science Lessons. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 83–94. https://doi.org/10.17509/ebj.v5i1.53411

Sarifah, F., & Nurita, T. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kolaborasi Siswa. pendidikan sains, 11.

Sedarmayanti, S., & Hidayat, S. (2011). Metodologi Penelitian. CV. Mandar Maju.

Seto, S. B., Mei, M. F., & Taga, G. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Dengan Metode Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Assesment Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2561. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4315

Sinaga, M., Rasdana, O., Fendrik, M., Septyanti, E., Studi, P., Bahasa, P., Riau, U., & Binawidya, J. (2024). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menyusun Materi Pembelajaran Berbasis PPT Bermuatan Kearifan Lokal. 13(3), 1650–1661.

Supriyatna, U. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi dengan Metode Pembelajaran Penemuan (Discovery) pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Mempawah Hulu Kabupaten Landak Kalimantan Barat Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(2), 317–336. https://doi.org/10.54082/jupin.78

Winaryati, E., Munsarif, M., Mardiana, M., & Suwahono, S. (2021). Cercular Model of RD&D (Model RD&D Pendidikan dan Sosial). Penerbit Kbm Indonesia.

Downloads

Published

2025-09-30