Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP Negeri 3 Mengwi
DOI:
https://doi.org/10.59672/emasains.v14i2.5137Keywords:
Problem Based Learning (PBL), LKPD, minat, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap minat dan hasil belajar matematika peserta didik SMP Negeri 3 Mengwi pada semester 2024/2025. Sekolah tersebut memiliki 11 kelas, dan dua kelas dipilih sebagai sampel menggunakan teknik multistage sampling dan simple random sampling. Satu kelas ditetapkan sebagai kelas eksperimen yang menerima perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD, sedangkan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol yang menerima pembelajaran konvensional dengan bantuan LKS. Desain penelitian yang digunakan yaitu Non-Equivalen Post Test Only Control Group Design. Analisis yang digunakan untuk hipotesis satu dan hipotesis dua adalah t-test dan analisis untuk hipotesis tiga adalah uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan minat belajar antara kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 75,48 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 65,23. Pada hasil belajar siswa juga memiliki perbedaan, kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 12,03 dan kelas kontrol dengan nilai 9,48. Dengan adanya perbedaan nilai minat dan hasil belajar antara model Problem Based Learning (PBL) dan model konvensional, dapat disimpulkan jika model Problem Based Learning (PBL) memiliki pengaruh terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 3 Mengwi.
Downloads
References
Dhiyaul, L., Kusdiono & Parmin. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IXG SMPN 22 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 933-938.
Irawati, D., Janah, I., Karlina, S., Seindah Hafidho, N., Fisika, P., & Sains dan Teknologi, F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA. ANTHOR: Education and Learning Journal, 3(5), 9-15.
Ni Kadek Putri Dwiani, I Made Surat, Ni Wayan Sunita, N. Putri Sumaryani, & Nyoman Parmithi. (2024). Pengaruh Model Fun Learning Terhadap Hasil Dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas X Di Smk Negeri 3 Sukawati. Emasains : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 13(1), 68–78. https://doi.org/10.59672/emasains.v13i1.3609
Rifa H, M, et al. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan. 12(1). 29-40.
Solissa, W., Patra Ritiauw, S., & Johannes, N. Y. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar. 4(1). 1-7. https://ojs.unm.ac.id/jppsd/index
Trisna Jayantika, G., & Basar, M. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Nasional Denpasar. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. 10(1). 228-237. https://doi.org/10.5281/zenodo.5472430
Wayan Widana, I., & Putu Lia Muliani, Mp. (2020). UJI PERSYARATAN ANALISIS (Teddy Fiktorius, Ed.). Klik Media.
Wikanta, I. M. I. A., & Sumandya, I. W. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Di Kelas X14 SMA N 1 Kuta Utara. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 14(2), 67–72. https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i2.59527
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.











