Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP Negeri 3 Mengwi

Authors

  • Ni Putu Shevita Prawani IKIP PGRI BALI
  • I Made Surat Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Wayan Sunita Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v14i2.5137

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), LKPD, minat, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap minat dan hasil belajar matematika peserta didik SMP Negeri 3 Mengwi pada semester 2024/2025. Sekolah tersebut memiliki 11 kelas, dan dua kelas dipilih sebagai sampel menggunakan teknik multistage sampling dan simple random sampling. Satu kelas ditetapkan sebagai kelas eksperimen yang menerima perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD, sedangkan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol yang menerima pembelajaran konvensional dengan bantuan LKS. Desain penelitian yang digunakan yaitu Non-Equivalen Post Test Only Control Group Design. Analisis yang digunakan untuk hipotesis satu dan hipotesis dua adalah t-test dan analisis untuk hipotesis tiga adalah uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan minat belajar antara kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 75,48 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 65,23. Pada hasil belajar siswa juga memiliki perbedaan, kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 12,03 dan kelas kontrol dengan nilai 9,48. Dengan adanya perbedaan nilai minat dan hasil belajar antara model Problem Based Learning (PBL) dan model konvensional, dapat disimpulkan jika model Problem Based Learning (PBL) memiliki pengaruh terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 3 Mengwi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dhiyaul, L., Kusdiono & Parmin. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IXG SMPN 22 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 933-938.

Irawati, D., Janah, I., Karlina, S., Seindah Hafidho, N., Fisika, P., & Sains dan Teknologi, F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA. ANTHOR: Education and Learning Journal, 3(5), 9-15.

Ni Kadek Putri Dwiani, I Made Surat, Ni Wayan Sunita, N. Putri Sumaryani, & Nyoman Parmithi. (2024). Pengaruh Model Fun Learning Terhadap Hasil Dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas X Di Smk Negeri 3 Sukawati. Emasains : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 13(1), 68–78. https://doi.org/10.59672/emasains.v13i1.3609

Rifa H, M, et al. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan. 12(1). 29-40.

Solissa, W., Patra Ritiauw, S., & Johannes, N. Y. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar. 4(1). 1-7. https://ojs.unm.ac.id/jppsd/index

Trisna Jayantika, G., & Basar, M. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Nasional Denpasar. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. 10(1). 228-237. https://doi.org/10.5281/zenodo.5472430

Wayan Widana, I., & Putu Lia Muliani, Mp. (2020). UJI PERSYARATAN ANALISIS (Teddy Fiktorius, Ed.). Klik Media.

Wikanta, I. M. I. A., & Sumandya, I. W. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Di Kelas X14 SMA N 1 Kuta Utara. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 14(2), 67–72. https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i2.59527

Downloads

Published

2025-09-29