Pengaruh the Power of Two terhadap Prestasi Perkuliahan Pengantar Statistika dengan Mengontrol Pengetahuan Awal

Authors

  • Imam Suseno Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v6i2.512

Keywords:

pengetahuan awal, hasil belajar pengantar statistika, the power of two.

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran the power of two dengan mengontrol pengetahuan awal terhadap hasil belajar pengantar statistika di Prodi Bahasa Inggris Uninversitas Indraprasta PGRI Jakarta. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh the power of two terhadap hasil belajar pengantar statistika, dengan mengontrol pengetahuan awal mahasiswa. Penelitian dilakukan di prodi bahasa Inggris Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain faktorial 2 X 2, sampel seluruhnya berjumlah 60 diambil secara random dari populasi yang terbagi dalam empat kelompok, setiap kelompok terdiri atas 15 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ada dua yaitu: (1) tes pengetahuan awal statistika, (2) tes hasil belajar pengantar statistika. Data penelitian dianalisis dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur dan dilakukan uji lanjut karena terdapat interaksi antar faktor. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) Mahasiswa yang berpengetahuan awal tinggi dan diajar dengan metode the power of two hasil belajarnya lebih tinggi daripada mahasiswa mempunyai pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan konvensional, (2) Mahasiswa yang berpengetahuan awal rendah dan diajar dengan the power of twohasil belajarnya lebih tinggi daripada mahasiswa yang berpengetahuan awal rendah yang diajar dengan konvensional.Implikasi hasil penelitian ini adalahpembelajaran pengantar statistika dengan menggunakan metode the power of two dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa prodi bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bonwell, C.C. 1995. Active Learning:
Creating excitement in the classroom.
Center for Teaching and Learning, St.
Louis College of Pharmacy.
Hamalik, Oemar. 2002. Proses Belajar
Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ismail SM. 2009. Strategi Pembelajaran
Agama Islam Berbasis PAIKEM,
Semarang: RaSAIL Media Group.
Kadir. 2010. Statistika Untuk Penelitian
Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Rosemata
Sampurna.
Mafatih, Ahmad Bisyri Hadi. 2007.
Makalah Strategi Belajar Dengan Cara
Kooperatif (Bidang Studi
IPS).http://media.diknas.go-id. (Diakses
pada tanggal 28 Mei 2008).
Muqowin. 2007. Strategi
Pembelajaran.http://muqowin.com.
(Diakses tanggal 25 April 2008).
Nurgiyantoro, Gunawan dan Marzuki.2009.
Statistik Terapan Untuk penelitian Ilmuilmu Sosial.Yogyakarta: Gajah Mada
University Prees.
Sanaky, Hujair H. 2006. Metode dan
Strategi Pembelajaran Berorientasi
pada Pemberdayaan Peserta Didik.
http://sanaky.com. (Diakses pada tanggal
2 Maret 2008).
Silberman, Melvin. 2006. Active Learning:
101 Strategi Pembelajaran Aktif,
(terjemahan Raisul Muttaqien)Bandung
: Nusamedia.
Slameto. 1998. Belajar dan Faktor-faktor
yang Mempengaruhinya Pembelajaran.
Jakarta: Rineka.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung:
Tarsito.

Published

2017-10-09