Hubungan Kewirausahaan Dan Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.59672/emasains.v14i2.5097Keywords:
Systematic Literature Review, Entrepreneurship, Mathematics learningAbstract
Tingginya angka pengangguran di Indonesia menunjukkan pentingnya pendidikan yang menumbuhkan karakter kewirausahaan sejak dini. Matematika sebagai mata pelajaran penting memiliki potensi besar untuk diintegrasikan dengan nilai-nilai kewirausahaan melalui pendekatan kontekstual dan strategi pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kewirausahaan dan pembelajaran matematika. Metode Systematic Literature Review (SLR) digunakan dengan menganalisis 15 artikel yang diterbitkan antara tahun 2016 dan 2024, yang diperoleh dari berbagai basis data seperti Google Scholar, Research Gate, SINTA, DOAJ, Scopus, dan Web of Science . Artikel-artikel yang dipilih dianalisis secara kualitatif untuk mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai kewirausahaan diintegrasikan ke dalam pendidikan matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai kewirausahaan dapat ditanamkan melalui topik-topik kontekstual seperti aritmatika sosial dan geometri, serta melalui penggunaan media pembelajaran yang inovatif. Selain itu, strategi pembelajaran berbasis tantangan mendukung pengembangan disposisi matematika dan karakter kewirausahaan siswa. Namun, implementasinya masih menghadapi tantangan, termasuk keterbatasan waktu, kurangnya pelatihan guru, dan kesiapan instruksional yang tidak merata. Oleh karena itu, dukungan sistematis diperlukan untuk mengoptimalkan integrasi kewirausahaan dalam pembelajaran matematika.
Downloads
References
Amalia, P. R., Wuryanto, & Sukestiyarno, Y. L. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Multi Level Pada Materi Aritmatika Sosial Sekolah Untuk Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan. UNNES Journal of Mathematics Education, 5(2), 139–145.
Amalia, R., Fadilah, F., Komarudin, M., & Kusuma, J. W. (2021). Development of Mathematics E-Books in Improving Mathematical Literacy and Entrepreneurial Spirit. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2425–2434. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.987
Ayuni, R., Romadon, R., & Kusuma, A. I. (2022). Pengembangan video animasi pembelajaran matematika berbasis nilai-nilai kewirausahaan di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 8(2), 139–155. https://doi.org/10.22219/jinop.v8i2.19462
Dewi, P. A. C. (2024). Analisis Karakter Entrepreneur Berbasis Matematika Melalui Model Project Based Learning. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 10(2), 144–150. https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.5970
Dhyanasaridewi, I. G. A. D. (2020). Analisis Digitalisasi Industri, Penciptaan Kesempatan Kerja Dan Tingkat Pengangguran Terbuka Di Indonesia. Jurnal Kompleksitas, 9(1), 21–29.
Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65
Endramawati, T. A., Mastur, Z., Mariani, S., Monginsidi No, J. R., & Yogyakarta, K. (2019). Unnes Journal of Mathematics Education Research Mathematical Literacy Based On Entrepreneurial Character Students on Problem Based Learning Nuance of Mathematics In Context Article Info. UJMER, 8(2), 203–212. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Ghufron, M. A. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Hakim, L., Rahma Ariestiningtyas, D., Mahalli, F. N., & Rizaldi, M. (2024). Indeks Pembangunan Manusia Di Jawa Timur: Analisis Dampak Belanja Pemerintah Daerah Pada Pendidikan, Kesehatan, Dan Ekonomi Serta Tingkat Kemiskinan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha, 15(02).
Kartikasari, N. M. S. R., & Santi, N. W. A. (2024). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Self Efficacy Terhadap Minat Siswa Dalam Berwirausaha (Pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Singaraja). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 16(3). https://doi.org/10.23887/jjpe.v16
Lesmana, I. M. I., Herawati, N. T., & Kurniawan, P. S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Self Efficacy Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha (Studi Empiris pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Undiksha). In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha (Vol. 9, Issue 2).
Lidiana, V., & Sukestiyarno, Y. L. (2023). Development of Entrepreneurship-Based Mathematical E-Module and Its’ Learning with PBL to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability. Unnes Journal of Mathematics Education, 12(1), 93–102. https://doi.org/10.15294/ujme.v12i1.62911
Mahmud, M. S., Maat, S. M., Rosli, R., Sulaiman, N. A., & Mohamed, S. B. (2022). The Application of Entrepreneurial Elements in Mathematics Teaching: Challenges for Primary School Mathematics Teachers. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.753561
Margahana, H. (2020). Urgensi Pendidikan Entrepreneurship Dalam Membentuk Karakter Entrepreneur Mahasisiwa. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisinis, 17(2).
Masduki, L. R., & Kurniasih, E. (2019). Penerapan Pembelajaran Entrepreneur Berbasis Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 28–37.
Mayasari, N. M. D. A., Heryanda, K. K., & Irwansyah, R. (2020). Peran Pengetahuan Dan Motivasi Terhadap Peningkatan Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 4, 13–24.
Meslita, R. (2023). Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Wirausaha Dalam Menumbuhkan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 12(1), 96. https://doi.org/10.25273/jipm.v12i1.15620
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109.
Nuraeni, Y. A. (2022). Peran Pendidikan Dalam Pembentukan Jiwa Wirausaha: Pendidikan Kewirausahaan. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 1, 38–53.
Octavia, D. R., Nurmitha, R., Veronika, R., & Nurbaiti. (2022). Peluang Dan Tantangan Bisnis Pada Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Generasi Milenial Di Indonesia. 4(1). https://jurnal.ikhafi.or.id/index.php/jusibi
Omokaro, B., & Peter, N. (2019). The Role OFf Mathematiscs Education In The Develotment Of Entrepreneurial Skills Among Secondary School Students In Ika South L.G.A Of Delta State. Abacus (Mathematics Education Series, 44(1), 560–567.
Pratiwi, S. A., Noorsyarifa, G. C., & Apsari, N. C. (2022). Upaya Penanggulangan Kemiskinan Ekonomi di Indonesia Melalui Perspektif Pekerja Sosial. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 5(1), 72. https://doi.org/10.24198/focus.v5i1.39965
Putra, K. H. N., Suparta, I. N., & Sudiarta, I. Gst. P. (2025). Developing Interactive E-Module to Enhancing Mathematical Problem-Solving Ability through Computational Thinking. International Journal of Education, Management, and Technology, 3(1), 375–384. https://doi.org/10.58578/ijemt.v3i1.5207
Randi, Junaidi, Mulyanto, Ridhah, & Taqwa. (2021). Potensi Calon Tenaga Kerja Pemuda Desa Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Masa Pandemi COVID’19. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial Dan Budaya, 23(1), 43–55. http://jurnalsosiologi.fisip.unila.ac.id/index.php/jurnal
Sandri, D., Isnaniah, I., & Tisnawati, T. (2023). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Matematika. 1, 2(1), 175–185.
Saputra, P. R. A., Sariyasa, & Suparta, I. N. (2020). Murder Cooperative Learning Model through Edmodo Toward Mathematics Problem Solving and Motivation of Students. International Journal on Emerging Mathematics Education, 4(1), 43–52. https://doi.org/10.12928/ijeme.v4i1.15845
Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Tinjauan Pustaka Systematik: Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 239–256. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.870
Setiawati, R., Nabilah, S., & Arifin, F. (2024). Peran Pembelajaran Matematika Materi Aritmetika Sosial Terhadap Keterampilan Kewirausahaan Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 282–292. http://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS
Sirait, F. E. T. (2022). Dampak Revolusi Industri 4.0 pada Industri Teknologi Komunikasi di Indonesia: Peluang dan Tantangan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 6(1), 132–139. https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i1.28153
Siregar, R. V., Kemala, P., Lubis, D., Azkiah, F., & Putri, A. (2024). Peran Penting Pendidikan dalam Pembentukan Sumber Daya Manusia Cerdas di Era Digitalisasi Menuju Smart Society 5.0. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(2), 1408–1417.
Suharta, I. G. P., & Parwati, N. N. (2022). Exploration of Tri Hita Karana Oriented Local Culture as A Learning Resource for Fractions. International Journal of Engineering Technologies and Management Research, 9(1), 1–6. https://doi.org/10.29121/ijetmr.v9.i1.2022
Supardi, N., Rakhmawati, R., & Rinaldi, A. (2018). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kegiatan Transaksi Kewirausahaan Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. 1(1), 49–55. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index
Supriatna, H., & Supartono. (2017). Kemampuan Literasi Matematika dan Jiwa Kewirausahaan pada Pembelajaran Matematika Problem Based Learning Berpendekatan Entrepreneurial Pedagogy Info. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 1–10. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Turmuzi, M., Sudiarta, G. P., & Sutajaya, I. M. (2022). Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Melalui Pembelajaran Matematika Materi Aritmatika Sosial Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS). 06(02), 1978–1994.
Vernia, D. M. (2019). Peran Pembelajaran Matematika Untuk Menumbuhkan Jiwa Berwirausaha Siswa SMK Kota Bekasi. Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(1), 47–64.
Wahid Tahir, H. A. (2017). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan. Inspiratif Pendidikan, 6(1), 1–14.
Winarni, E., Mujannah, S., Halik, A., & Pardosi, P. (2024). Reskilling and Upskilling: HR Adaptation Strategies to Digital Transformation in the Traditional Sector. EKOMA : Jurnal Ekonomi, 4(1), 2747–2756.
Yasa, I. D. M. K., Astawa, I. W. P., & Sudiarta, I. G. P. (2022). Development of Mathematics Learning Tools Based on STEM-PJBL: Validity and Practicality. International Journal of Science and Research (IJSR), 11(1), 839–845. https://doi.org/10.21275/SR22109190207
Zuhrinal, & Siagian, M. (2023). Pentingnya Kewirausahaan Bagi Perekonomian Bangsa. OPTIMAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(1), 184–190.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.











