Pengaruh Self-Efficacy dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN 2 Model Helvetia Medan

Authors

  • Wahyuni Fitri Suputri UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
  • Zul Amry UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v14i2.5021

Keywords:

Motivasi Belajar, Self-Efficacy Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model regresi berganda antara Self-efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik serta melihat seberapa besar kontribusi secara simultan antara self-efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Metode penelitian yang diaplikasikan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data memakai angket self-efficacy dan angket motivasi belajar serta rekapitulasi nilai ujian matematika semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan model regresi berganda   dengan perolehan koefisien determinasi (R2) senilai 0,513 atau 51,3%. Artinya besar pengaruh variabel self-efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika anak didik secara simultan senilai 51,3%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alperu., Murnaka, N.P., Bayu, I., & Wahyu, A. (2021). Pengaruh self-efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gantung. Dalam Ruchjana,B.N., Ratumanan, & Mataheru (Ed.), Prosiding Konferensi Nasional Matematika XX 2021 (h. 573-584). Ambon: Universitas Pattimura.

Arianti.(2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar.Didaktika jurnal kependidikan. 12(2):117-133.

Ariyanti, I. (2019). Uji validitas dan reliabilitas instrument angket kemandirian belajar matematik. Theta. 1(2):53-57.

Aspian.(2018). Menumbuhkan Motivasi Belajar dalam Rangka Perbaikan Hasil Belajar Peserta Didik.Shautut Tarbiyah: 1-18.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.

Budiwanto, S. (2017).Metode Statistika Untuk Mengolah Data Keolahragaan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Cahyani, A., Listiana, I.D., & Larasati, S.P. (2020). Motivasi belajar siswa sma pada pembelajaran daring di masa pandemic covid-19. Jurnal pendidikan islam.3(1):123-140

Danuri.& Maisaroh, S. (2019).Metode penelitian pendidikan. Yogyakarta: penerbit samudera biru

Ernest, P. (1991). The Philosophy of Mathematics Education. London: The Falmer Press.

Harahap, J.Y., Hayati, R. & Yarshal, D. (2021).Pengaruh Self-Efficacy dalam Belajar pada Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Diskusi Kelompok.Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(3):7828-7833

Herlina, V. (2019).Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Ibrahim, A., Alang, A.H., Baharuddin., Ahmad. & Darmawati.(2018). Metodologi penelitian. Makassar: gunadarma ilmu.

Iman,M., (2024). Diagnosis Kesulitan Belajar. Malang: Litnus.

Imelda, E., Syamsuri. & Novaliyosi.(2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Self-Efficacy dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.Tirtamath: jurnal penelitian dan pengajaran matematika 4(2): 190-202

Kamaluddin, M. (2017).Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Strategi untuk Meningkatkannya.Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2017 (h.455-460). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Marasabessy, R. (2020). Kajian Kemampuan self-efficacy Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis.Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan(JARTIKA).3(2):168-183

Novianti, C., Sadipun, B. & Balan, J.M. (2020).Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik.SPEJ (Science and Phsics Education Journal). 3(2):57-75.

Nurhijatina, H. & Rosikh.(2022). Pengaruh self-efficacy dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas v MI NW KAWO. El-midad: jurnal pgmi. 14(2): 197-213

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.Misykat. 3(1): 171-187

Pujihastuti, I. (2010). Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian. CEFARS:Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah. 2(1):43-56.

Rahman, S.(2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar.Prosiding seminar nasional pendidikan dasar. (h.291- 302). Gorontalo: Program Studi Pendidikan Dasar, Universtas Negeri Gorontalo

Rindasari, P., Hidayat, W. & Yuliani, W. (2021).Uji Validitas dan Reliabilitas Angket Kepercayaan Diri.Focus 4(5): 367-372

Ruseffendi, E.T. (1980). Pengajaran Matematika Modern.Bandung: Tarsito

Ruseffendi, E.T. (1991). Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru.Bandung: Tarsito

Salsabila, A & Puspitasari.(2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.Pandawa:Jurnal Pendidikan dan Dakwah. 2(2): 278-288.

Sardiman, A.M. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta:Rajawali Pers.

Sobirin.(2018). Kepala Sekolalh Guru dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Nuansa

Subekti, G.M. &Kurniawan, R.Y. (2022). Pengaruh self regulated learning, self efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik smanisda. Jurnal pendidikan ekonomi (jurkami) 7(2):108-121

Sulfemi, W.B. & Supriyadi, D. (2018). Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Edutecno.13(2): 1-19

Suttrisno.(2021). Analisis dampak pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya.JURMIA: Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah. 1(1):1-10

Suyono, (2015).Analisis Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Tanjung, Y.P. (2022). Hubungan minat belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas V di MIS Nurul Hikmah Ujung Padang.Pionir: jurnal pendidikan. 11(1):102-119

Uno. (2016). Teori motivasi & pengukurannya: analisis di bidang pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Wahyuningtyas, N. & Febrianingsih, L. (2018).Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M). 4(1): 38-46

Widiani,Y. & Ferolina, N. (2019). Matematika dan Lingkungan.Jurnal Equation Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika. 2(1): 39-45.

Downloads

Published

2025-09-29