Pengaruh Self-Efficacy dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN 2 Model Helvetia Medan
DOI:
https://doi.org/10.59672/emasains.v14i2.5021Keywords:
Motivasi Belajar, Self-Efficacy Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model regresi berganda antara Self-efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik serta melihat seberapa besar kontribusi secara simultan antara self-efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Metode penelitian yang diaplikasikan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data memakai angket self-efficacy dan angket motivasi belajar serta rekapitulasi nilai ujian matematika semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan model regresi berganda dengan perolehan koefisien determinasi (R2) senilai 0,513 atau 51,3%. Artinya besar pengaruh variabel self-efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika anak didik secara simultan senilai 51,3%.
Downloads
References
Alperu., Murnaka, N.P., Bayu, I., & Wahyu, A. (2021). Pengaruh self-efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Gantung. Dalam Ruchjana,B.N., Ratumanan, & Mataheru (Ed.), Prosiding Konferensi Nasional Matematika XX 2021 (h. 573-584). Ambon: Universitas Pattimura.
Arianti.(2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar.Didaktika jurnal kependidikan. 12(2):117-133.
Ariyanti, I. (2019). Uji validitas dan reliabilitas instrument angket kemandirian belajar matematik. Theta. 1(2):53-57.
Aspian.(2018). Menumbuhkan Motivasi Belajar dalam Rangka Perbaikan Hasil Belajar Peserta Didik.Shautut Tarbiyah: 1-18.
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.
Budiwanto, S. (2017).Metode Statistika Untuk Mengolah Data Keolahragaan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Cahyani, A., Listiana, I.D., & Larasati, S.P. (2020). Motivasi belajar siswa sma pada pembelajaran daring di masa pandemic covid-19. Jurnal pendidikan islam.3(1):123-140
Danuri.& Maisaroh, S. (2019).Metode penelitian pendidikan. Yogyakarta: penerbit samudera biru
Ernest, P. (1991). The Philosophy of Mathematics Education. London: The Falmer Press.
Harahap, J.Y., Hayati, R. & Yarshal, D. (2021).Pengaruh Self-Efficacy dalam Belajar pada Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Diskusi Kelompok.Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(3):7828-7833
Herlina, V. (2019).Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
Ibrahim, A., Alang, A.H., Baharuddin., Ahmad. & Darmawati.(2018). Metodologi penelitian. Makassar: gunadarma ilmu.
Iman,M., (2024). Diagnosis Kesulitan Belajar. Malang: Litnus.
Imelda, E., Syamsuri. & Novaliyosi.(2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Self-Efficacy dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.Tirtamath: jurnal penelitian dan pengajaran matematika 4(2): 190-202
Kamaluddin, M. (2017).Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Strategi untuk Meningkatkannya.Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2017 (h.455-460). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Marasabessy, R. (2020). Kajian Kemampuan self-efficacy Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis.Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan(JARTIKA).3(2):168-183
Novianti, C., Sadipun, B. & Balan, J.M. (2020).Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik.SPEJ (Science and Phsics Education Journal). 3(2):57-75.
Nurhijatina, H. & Rosikh.(2022). Pengaruh self-efficacy dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas v MI NW KAWO. El-midad: jurnal pgmi. 14(2): 197-213
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.Misykat. 3(1): 171-187
Pujihastuti, I. (2010). Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian. CEFARS:Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah. 2(1):43-56.
Rahman, S.(2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar.Prosiding seminar nasional pendidikan dasar. (h.291- 302). Gorontalo: Program Studi Pendidikan Dasar, Universtas Negeri Gorontalo
Rindasari, P., Hidayat, W. & Yuliani, W. (2021).Uji Validitas dan Reliabilitas Angket Kepercayaan Diri.Focus 4(5): 367-372
Ruseffendi, E.T. (1980). Pengajaran Matematika Modern.Bandung: Tarsito
Ruseffendi, E.T. (1991). Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru.Bandung: Tarsito
Salsabila, A & Puspitasari.(2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.Pandawa:Jurnal Pendidikan dan Dakwah. 2(2): 278-288.
Sardiman, A.M. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta:Rajawali Pers.
Sobirin.(2018). Kepala Sekolalh Guru dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Nuansa
Subekti, G.M. &Kurniawan, R.Y. (2022). Pengaruh self regulated learning, self efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik smanisda. Jurnal pendidikan ekonomi (jurkami) 7(2):108-121
Sulfemi, W.B. & Supriyadi, D. (2018). Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Edutecno.13(2): 1-19
Suttrisno.(2021). Analisis dampak pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya.JURMIA: Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah. 1(1):1-10
Suyono, (2015).Analisis Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.
Tanjung, Y.P. (2022). Hubungan minat belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas V di MIS Nurul Hikmah Ujung Padang.Pionir: jurnal pendidikan. 11(1):102-119
Uno. (2016). Teori motivasi & pengukurannya: analisis di bidang pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Wahyuningtyas, N. & Febrianingsih, L. (2018).Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M). 4(1): 38-46
Widiani,Y. & Ferolina, N. (2019). Matematika dan Lingkungan.Jurnal Equation Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika. 2(1): 39-45.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.











