Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep MAtematika Siswa Dengan Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan PowerPoint SMP YPAK PTPN III SEI KARANG

Authors

  • Arsyad Tri Sunur UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
  • Edy Surya UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v14i2.5020

Keywords:

Pemahaman Konsep, Pendekatan Matematika Realistik (PMR), Powerpoint

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistic berbantuan powerpoint dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII di SMP YPAK PTPN III Sei Karang pada materi aljabar. Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas yang dilangsungkan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VII-C SMP YPAK PTPN III Sei Karang yang berjumlah 35 siswa. Objek penelitian ini ialah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui pendekatan pembelajaran matematika realistic berbantuan powerpoint pada materi aljabar di SMP YPAK PTPN III Sei Karang Tahun ajaran 2024/2025. Berlandaskan hasil analisis data diperoleh rata-rata tes awal sebesar 48,25 dengan jumlah siswa yang menggapai ketuntasan sebanyak 2 (5,71%) siswa dan yang belum menggapai ketuntasan sebanyak 34 (94,29%) siswa. Maka dilangsungkan pembelajaran dengan pendekatan matematika realistic berbantuan powerpoint  pada siklus I dan rata-rata nilai tes kemampuan pemahaman konsep meningkat menjadi 68,65 dengan jumlah siswa yang menggapai ketuntasan sebanyak 18 (51,42%) siswa. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan, dimana rata-rata nilai tes kemampuan pemahaman konsep sebesar 83,65 dengan jumlah siswa yang menggapai ketuntasan sebanyak 31 (88,57%) siswa. Tingkat ketuntasan siswa dari tes kemampuan pemahaman konsep yang diberikan pada siklus II menggapai kategori baik, oleh karena itu dapat dikatakan pembelajaran telah tergapai. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kelas tersebut telah terdapat lebih dari 85% siswa yang telah tuntas untuk memecahkan masalah. Sehingga dapat dirangkumkan bahwa dengan memakai pendekatan matematika realistic berbantuan powerpoint dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran di Sekolah. UNISSULA Press.

Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197.

Amalia Agustin, I. (2014). Power Point Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Masa Kini. Edueksos, 3(2), 127–144.

Andriani, N., Balkist, P. S., & Lukman, H. S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Aritmatika Sosial Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 154–159.

Astuti. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 49–61.

Diah Kurniawati, I., & Nita, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68–75.

Faizah, S. N. (2017). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 176–185.

Fathurrohman, M., & Sulistyorini. (2012). Belajar & Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Teras.

Harahap, N. A., Masruro, Z., Saragih, S. Z., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Widina. www.penerbitwidina.com

Herliani, Boleng, D. T., & Maasawet, E. (2021). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Lakeisha.

Hidayat, E. I. F., Yandhari Indhira Asih Vivi, & Alamsyah Trian Pamungkas. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106–113.

Holisin, I. (2007). Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Didaktis, 5(3), 1–68.

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32.

Kemdikbud. (2017). Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs).

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika Dan Pendidikan Matematika , 229–235.

Mardiah, Fauzan, A., Fitria, Y., Syarifuddin, H., & Desyandri. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education Terhadap Pemahaman Konsep Dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 513–521. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Napitupulu, S., & Tanti, J. S. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep Dengan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Pada Materi Matematika Dasar Satu Tahun Ajar 2017/2018. Prosiding Seminar Nasional & Exspo, 786–791.

NCTM. (2000). Principles and Standards and for School Mathematics.

Novita, L., & Leonard. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 758.

Nugraha, D. G. A. P., Astawa, I. W. P., & Ardana, I. M. (2019). Pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap pemahaman konsep dan kelancaran prosedur matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 75–86. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.20074

OECD. (2015). Program For Internasioanal Student Assessment (PISA).

Permadi, A. S., & Oktariana. (2022). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Powerpoint Learning Effectiveness Using Powerpoint Assisted Problem Based Learning Model. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(2), 19–23.

Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia , 1(1), 34–38.

Primasari, I. F. N. D., Zulela, & Fahrurrozi. (2021). Model Mathematics Realistic Education (Rme) Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1888–1899. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1115

Rahman, A. A. (2017). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) PADA Materi Statistika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Genta Mulia, VIII(2), 1–12.

Rahmawati, I., Dara, Y. P., & Rahma, U. (2019). Pemahaman Konsep Belajar Untuk Mengasah Kecerdasan Majemuk : Pendekatan Penelitian Tindakan. PSYCHO IDEA, 17(1), 42–51.

Rahmawati, N. K., & Kusuma, A. P. (2019). HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP ARITMATIKA SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PPH. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1).

Salamah, E., & Kelana, J. B. (2020). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Matematika Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas I SD Menggunakan Model Realistic Mathematic Education (RME). Journal of Elementary Education, 3(6), 319–326.

Santrock, J. (2011). Educational Psychology 5th Edition.

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proes Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.

Saragih, S. (2017). Menumbuhkembangkan Berpikir Logis dan Sikap Positif terhadapMatematika melalui Pendekatan Matematika Realistik. https://www.researchgate.net/publication/255671760

Saragih, T. A. M., & Tamba, K. P. (2022). Penerapan Realiastic Mathematics Education (RME) Dalam Online Learning Untuk Membantu Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII [The Implementation Of Realistic Mathematics Education (RME) In Online Learning To Help Grade 8 Students Understand Mathematical Concepts]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 6(1), 57. https://doi.org/10.19166/johme.v6i1.2818

Sari, P. M. (2019). Optimalisasi Pemahaman Konsep Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Gallery Walk (Sebuah Studi Literatur). JOURNAL OF EDUCATIONAL REVIEW AND RESEARCH, 2(1), 69–76.

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran (Fungky, Ed.). Uwais Inspirasi Indonesia.

Sinambela, P. N. J. M., Husain, D. L., Meisarah, F., Wolo, H. B., Hikmah, N., Tirta, G. A. R., Muhammadiah, M., Hasan, M., Lailisna, N. N., Utami, G. A. O., & Sari, F. (2022). Teori Belajar dan Aliran-aliran Pendidikan (F. N. Kartikasari, Ed.). Sada Kurnia Pustaka.

Sinurat, J. A. M. T., & Fauzi, M. A. (2022). Analisis Kesalahan Kemampuan Spasial Siswa SMP Ditinjau Dari Gaya Kognitif Menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik. Journal of Comprehensive Science, 1(5), 1410–1417.

Soraya, F., Yurniwati, & Cahyana, U. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Matematics Education (RME) UNTUK Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas IV SDN RAWAJATI 06 PAGI. JURNAL JPSD, 4(2), 2614–0136. https://doi.org/10.26555/jpsd

Sugriani, A. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Pecahan Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMR). Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 21–28.

Surur, M., & Oktavia, T. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 11–18. http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Susanto, I., & Rabbani, S. (2022). Pembelajaran Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Penjumlahan Pecahan Siswa SD Kelas IV Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Matematic Education (RME). Journal of Elementary Education, 5(6), 1206–1210.

Susilowati, E. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Melalui ModelRealisticMathematic Education(RME) Pada Siswa Kelas IV Semester I Di SD Negeri 4 KradenanKecamatan KradenanKabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal PINUS, 4(1), 44–53. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus

Syafudin. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Aplikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Arab). Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–17.

Syam, S., Subakti, H., Kristianto, S., Chamida, D., Suhartati, T., Haruna, N. H., Harianja, J. K., Sitopu, J. W., Yurfiah, Purba, S., & Arhesa, S. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. https://www.researchgate.net/publication/359061125

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU, 6(1), 2579–4647.

Tarmoko Heni, A., Sutrisno, A., & Purnomo, J. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Ms Powerpoint Dan Multimedia Untuk Pembelajaran Matematika. PPPPTK Matematika Yogyakarta.

Wulandari, R., Dantes, N., & Antara, P. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open EndedTerhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131–142.

Downloads

Published

2025-09-29