Implementasi Pembelajaran Mathpreneur Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif
DOI:
https://doi.org/10.59672/emasains.v14i2.4833Keywords:
STEM, mathpreneur, berpikir kreatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran mathpreneur berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini didasari atas permasalahan rendahnya kemampuan peserta didik dalam menemukan variasi solusi atas suatu permasalahan matematis. Penyelesaian permasalahan matematis peserta didik cenderung bersifat prosedural. Dalam pembelajaran STEM, Peserta didik didorong untuk memecahkan masalah kompleks, mencari solusi yang kreatif, dan mengembangkan inovasi dengan menggabungkan sains, teknologi, teknik, dan matematika. Proses ini tidak hanya memperkuat pemahaman konseptual, tetapi juga merangsang imajinasi dan memberi ruang bagi peserta didik untuk berpikir di luar kebiasaan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental. Subjek penelitian adalah mahasiswa Universitas Primakara yang mengikuti mata kuliah Statistika dan Probabilitas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal berbasis proyek dengan penilaian berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif. Dari hasi penelitian diperoleh rata-rata skor kemampuan berpikir kreatif peserta didik yaitu 3,67. Hal ini mengindikasikan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik secara umum dalam kategori sangat baik.
Downloads
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800
Appulembang, Y. A. (2017). Norma Kreativitas Menggunakan Torrance Test of Creativity Thinking Untuk Anak Usia 6-12 Tahun. Jurnal Psikologi Pendidikan, Vol 9(1), 41–57.
Damayanti, M., Ramdhan, B., & Setiono, S. (2024). Implementasi Model Pembelajaran STEM Terhadap Kreativitas Melalui Projek Ecoprint. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3), 706–713. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/6150
Fatmawati. (2022). Kreativitas dan Intelegensi Fatmawati. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 189. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6562
Hikmah, M. S., Sugiman, & Munahefi, D. N. (2024). Penerapan STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Pemecahan Masalah. PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 944–950. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/3051
Indarwati, I. I., Syamsurijal, S. S., & Firdaus, F. F. (2021). Implementasi Pendekatan Stem Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Untuk Meningktakan Hasil Belajar Siswa Smk Negeri 2 Baras Mamuju Utara. Jurnal MediaTIK, 4(1), 23. https://doi.org/10.26858/jmtik.v4i1.19725
Jumanto, J., & Adi, Y. K. (2023). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas Vi Ditinjau Dari Prestasi Akademik. Jurnal Sinektik, 5(1), 82–87. https://doi.org/10.33061/js.v5i1.7533
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Kemendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 34 Tahun 2018 Tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Jdih.Kemdikbud.Go.Id, 1–1369.
Rarastika, N., Nasution, K., Nainggolan, M. C., & Tarisya, D. (2025). Efektivitas Pendekatan Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam Pembelajaran Matematika Abad ke-21. 3.
Storina, R. (2022). Implementasi Model PJBL-STEM terhadap Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 5 Batam. Biodidak, 2(2), 87–93. https://journal.unrika.ac.id
Suardi, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Kemampuan Dalam Berpikir Kritis, Kreatif Dan Bekerjasama Peserta Didik Kelas VIIa SMP Negeri 4 Sibulue. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 16(2), 135. https://doi.org/10.35580/jspf.v16i2.12557
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.