Inovasi Pembelajaran Matematika: Implementasi PBL dan Quizizz untuk Hasil Belajar Lebih Baik

Authors

  • Lisma Zurianti Noviyanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Ledyari Noviyanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v14i2.4790

Keywords:

PBL, Quizizz, hasil belajar

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas VII-G SMPN 14 Denpasar tahun ajaran 2024/2025 mengalami masalah dalam belajar yaitu kurangnya keterlibatan siswa dalam belajar yang berakibat pada   hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses belajar dengan menggunakan model PBL dengan bantuan Quizizz dan menganalisis hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua tahap. Pengumpulan data dilaksanakan melalui tes.  Target penelitian ialah siswa kelas VII-G SMPN 14 Denpasar sebanyak 41 siswa.  Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penggunaan model PBL dan Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ini dapat dilihat dari peningkatan nilai siswa, tahap pra siklus sebanyak 8 (19,51%) dari 41 siswa dinyatakan sudah melebihi KKM. Selanjutnya pada tahap siklus 1, sebanyak 25 siswa (60,98%) dianggap telah memenuhi KKM. Pada tahap siklus , menunjukkan peningkatan pada hasil belajar siswa, dengan 35 siswa (80,49%) dinyatakan telah memenuhi KKM. Rata-rata nilai siswa di tahap pra siklus adalah 57,80, pada siklus 1 meningkat menjadi 85,12, dan siklus 2 mencapai 90,55. Penelitian ini membuktikan bahwa impelementasi model PBL berbantuan Quizizz efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa SMA pada dimensi Tiga melalui model pembelajaran PBL berbantuan alat peraga. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 94-104.

Dian Ayu Afiani, K., & Nanda Faradita, M. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahaiswa PGSD pada Masa Pandemi Covid-19. Proceedings Pendidikan Era Supersmart Society 5.0, 209–218.

Mardani, N.K. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem-based learning (pbl) terhadap motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 112-118.

Marlina, Leni. 2021 “Analisis Kebijakan Pendidik Dalam Masa Darurat Penebaran Covid-19”

Mirayani, P., Widana, I. W., Purwati, N. K. R. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem solving dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Widyadari, 22(2), 429 - 438. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550368.

Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education Vol. 2, No. 1.

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645

OECD. (2022). PISA PISA 2022 Results.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran di Tengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163–172

Wihartanti, L. V., Prasetya Wibawa, R., Astuti, R. I., & Pangestu, B. A. (2019). Penggunaan Aplikasi Quizizz Berbasis Smartphone dalam Membangun Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019, 362–368.

Wulandari, S. S. 2021. Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Downloads

Published

2025-09-29