MEMICU HASIL BELAJAR SAINS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
DOI:
https://doi.org/10.59672/emasains.v14i1.4548Keywords:
hasil belajar sains, pembelajaran, kontekstual, konvensionalAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukawati, Gianyar melaui pembelajaran kontekstual. Dengan melibatkan sampel sebanyak 69 orang yang diambil secara simple random sampling, tetapi yang dirandom adalah kelas karena tidak bisa merubah kelas-kelas yang telah terbentuk sebelumnya. Dengan demikian penelitian ini tergolong eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Instrument yang digunakan untuk menjaring data adalah tes hasil belajar sains berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan koefisien reliabilitasnya. Data yang terkumpul telah diuji prasyaranya dan dalam sebaran normal dan memiliki varians yang homogen sehingga uji hopotesis dengan uji-t bisa dilakukan. Dari hasil uji hipotesis diperoleh hasil bahwa hasil belajar sains siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual lebih baik daripada hasil belajar sains siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Utuk itu, agar diperoleh hasil belajar sains yang lebih optimal disarankan untuk menggunakan pembelajaran kontekstual.
Downloads
References
Andriani, S., et al. (2021). "Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 17(2), 56-63.
Arifianto, A., & Hidayat, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual pada Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA, 7(2), 52-61.
Astuti, D. (2020). "Efektivitas Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa." Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1), 72-80.
Boudah, D. J. (2012). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Important. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 9(8), 1–9.
Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. (2000). How People Learn: Brain, Mind, Experience, and School. National Academy Press.
Dewey, J. (1938). Experience and Education. Macmillan.
Haryanto, A. (2019). "Pembelajaran Kontekstual dan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa." Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(3), 139-146.
.................. (2019). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 113-120.
Irwansyah, M. (2023). "Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa." Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 8(2), 34-41.
Johnson, D. W. (2002). Contextual Learning in Science Education. Journal of Educational Research, 35(1), 15-20.
.......................... (2002). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Important. The ASCD Yearbook.
Kurniawan, D., & Fitriani, D. (2019). Analisis Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(1), 43-51.
Lestari, P. & Rachmadi, I. (2020). "Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(1), 81-90.
Mardiana, I., et al. (2023). "Konsep Pembelajaran Kontekstual dan Implikasinya terhadap Hasil Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 102-111.
Maulidia, S., & Nuraeni, I. (2020). "Peningkatan Hasil Belajar Sains melalui Pembelajaran Kontekstual." Jurnal Pendidikan IPA, 6(2), 125-131.
Nugroho, A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 14(3), 102-109.
Puspitasari, E. (2021). "Dampak Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar dan Partisipasi Siswa." Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 20(1), 22-29.
Sari, D., et al. (2022). "Efek Pembelajaran Kontekstual terhadap Prestasi Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 11(1), 98-106.
Sari, R. M. (2020). Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Menengah Pertama: Sebuah Kajian
Sugiyanto, S., & Rosyidah, N. (2020). Meningkatkan Keterampilan Sosial Melalui Pembelajaran Kontekstual di SMP. Jurnal Pendidikan Sosial, 17(4), 99-105.
Suryani, E. (2020). Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(1), 67-74.
Sutrisno, T., & Wijayanti, R. (2023). "Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMP." Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(1), 45-53.
Syamsuddin, A., & Yuliana, D. (2022). "Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa." Jurnal Pendidikan Sains, 15(2), 97-103.
........................ (2022). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Mata Pelajaran IPA di SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 5(1), 33-42.
Ulfah, R., et al. (2023). "Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 17(1), 77-84.
Widodo, M. (2021). "Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19(2), 212-221.
Wulandari, R., & Maftuchah, S. (2020). "Pembelajaran Kontekstual dan Peningkatan Hasil Belajar Sains." Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 48-55.
Wulandari, S., & Haryanto, S. (2022). Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Keterampilan, 13(2), 88-96.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.