Analisis Penerapan Tri Hita Karana Di SD Negeri 5 Pejarakan

Authors

  • Ni Made Putri Dwi Apriliani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Suja Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Putu Arnyana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v13i2.4293

Keywords:

Sikap Siswa, Tri Hita Karana

Abstract

Penelitian yang dilakukan peneliti ini berlatar belakang dari sikap keseharian siswa di SD Negeri 5 Pejarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  penerapan sikap siswa sehari-hari  di sekolah terkait dengan ajaran Tri Hita Karana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersumber dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka yang dilaksanakan peneliti di SD Negeri 5 Pejarakan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan pemaparan data dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan. Hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti di SD Negeri 5 Pejarakan adalah masih kurangnya penerapan ajaran Tri Hita Karana dalam sikap sehari-hari siswa baik itu dalam ajaran parahyangan, pawongan, dan palemahan, hal ini dibuktikan dari pengamatan dan wawancara yang dilakukan. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang ditemukan, diharapkan penelitian ini bisa dijadikan referensi untuk meningkatkan penerapan ajaran Tri Hita Karana di SD Negeri 5 Pejarakan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, Widi., Ni Made Yuliani., I Nyoman Sueca. 2023. STRATEGI KOMUNIKASI PARISADA HINDU DHARMA INDONESIA ( PHDI) DALAM PEMBINAAN UMAT HINDU DI KOTA KENDARI TAHUN 2020-2021. ANUBHAVA: Jurnal Ilmu Komunikasi Hindu Vol. 03 No. 02. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/anubhava

Bhattacarya, Wasudewa. (2019). PURNAMA-TILEM: KONSEP RWA BHINNEDA PADA WARIGA DI BALI. YOGA DAN KESEHATAN Volume 2, No.1. https://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JYK/article/download/341/174

Darmika, I. P., Suweta, M., Parmajaya, P. G., Tinggi, S., Hindu, A., Mpu, N., & Singaraja, K. (2022). IMPLEMENTASI POLA PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TRI HITA KARANA PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS V KECAMATAN GEROKGAK KABUPATEN BULELENG. In JURDIKSCA: Jurnal Pendidikan Agama Hindu Mahasiswa Pascasarjana (Vol. 1, Issue 1). http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/jurdiksca

Diatmika, Dewa Ngurah., Ni Nyoman Mastiningsih, Ni Wayan Seriasih. 2021. TUMPEK SEBAGAI PUNCAK PERADABAN UMAT HINDU. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu Volume 12 Nomor 3 (2021) hal 188-199

Duwita, C., Pradana, E., Pengertian, ), Bullying, T., Solusi, D., & Tindakan Bullying, P. (n.d.). How to cite.

Hasanah, M. (2023). DAMPAK KEBUDAYAAN ASING TERHADAP KEBUDAYAAN LOKAL DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT. Jurnal Sosiologi Pendidikan Dan Pendidikan IPS (SOSPENDIS), 1(Januari), 1–8.

Isa, Khairul Anuar Bin Mat. (2010). TRI SANDHYA DALAM AGAMA HINDU

Kawasan Taman Nasional Bali Barat dan Taman Wisata Pulau Menjangan, di, & Magister Manajemen Sumberdaya Pantai, P. (2011). PENGARUH PARIWISATA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA PESISIR (Vol. 6, Issue 1)

Rahayu, Ni Kadek Intan. 2020. MAKNA SIMBOLIK UMAT HINDU DALAM PERSEMBAHYANGAN BULAN PURNAMA DI KECAMATAN BASIDONDO KABUPATEN TOLITOLI. Jurnal Bahasa dan Sastra Volume 5 No 1 (2020) ISSN 2302-2043

Suhardita, K., Putu, I., Made, K., Dartiningsih, W., & Mentari, R. M. (n.d.). TRI HITA KARANA (Layanan Bimbingan Klasikal untuk Membentuk Karakter Siswa).

Published

2024-09-25