Analisis Penerapan Tri Hita Karana Di SD Negeri 5 Pejarakan
DOI:
https://doi.org/10.59672/emasains.v13i2.4293Keywords:
Sikap Siswa, Tri Hita KaranaAbstract
Penelitian yang dilakukan peneliti ini berlatar belakang dari sikap keseharian siswa di SD Negeri 5 Pejarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sikap siswa sehari-hari di sekolah terkait dengan ajaran Tri Hita Karana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersumber dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka yang dilaksanakan peneliti di SD Negeri 5 Pejarakan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan pemaparan data dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan. Hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti di SD Negeri 5 Pejarakan adalah masih kurangnya penerapan ajaran Tri Hita Karana dalam sikap sehari-hari siswa baik itu dalam ajaran parahyangan, pawongan, dan palemahan, hal ini dibuktikan dari pengamatan dan wawancara yang dilakukan. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang ditemukan, diharapkan penelitian ini bisa dijadikan referensi untuk meningkatkan penerapan ajaran Tri Hita Karana di SD Negeri 5 Pejarakan.
Downloads
References
Astuti, Widi., Ni Made Yuliani., I Nyoman Sueca. 2023. STRATEGI KOMUNIKASI PARISADA HINDU DHARMA INDONESIA ( PHDI) DALAM PEMBINAAN UMAT HINDU DI KOTA KENDARI TAHUN 2020-2021. ANUBHAVA: Jurnal Ilmu Komunikasi Hindu Vol. 03 No. 02. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/anubhava
Bhattacarya, Wasudewa. (2019). PURNAMA-TILEM: KONSEP RWA BHINNEDA PADA WARIGA DI BALI. YOGA DAN KESEHATAN Volume 2, No.1. https://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JYK/article/download/341/174
Darmika, I. P., Suweta, M., Parmajaya, P. G., Tinggi, S., Hindu, A., Mpu, N., & Singaraja, K. (2022). IMPLEMENTASI POLA PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TRI HITA KARANA PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS V KECAMATAN GEROKGAK KABUPATEN BULELENG. In JURDIKSCA: Jurnal Pendidikan Agama Hindu Mahasiswa Pascasarjana (Vol. 1, Issue 1). http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/jurdiksca
Diatmika, Dewa Ngurah., Ni Nyoman Mastiningsih, Ni Wayan Seriasih. 2021. TUMPEK SEBAGAI PUNCAK PERADABAN UMAT HINDU. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu Volume 12 Nomor 3 (2021) hal 188-199
Duwita, C., Pradana, E., Pengertian, ), Bullying, T., Solusi, D., & Tindakan Bullying, P. (n.d.). How to cite.
Hasanah, M. (2023). DAMPAK KEBUDAYAAN ASING TERHADAP KEBUDAYAAN LOKAL DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT. Jurnal Sosiologi Pendidikan Dan Pendidikan IPS (SOSPENDIS), 1(Januari), 1–8.
Isa, Khairul Anuar Bin Mat. (2010). TRI SANDHYA DALAM AGAMA HINDU
Kawasan Taman Nasional Bali Barat dan Taman Wisata Pulau Menjangan, di, & Magister Manajemen Sumberdaya Pantai, P. (2011). PENGARUH PARIWISATA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA PESISIR (Vol. 6, Issue 1)
Rahayu, Ni Kadek Intan. 2020. MAKNA SIMBOLIK UMAT HINDU DALAM PERSEMBAHYANGAN BULAN PURNAMA DI KECAMATAN BASIDONDO KABUPATEN TOLITOLI. Jurnal Bahasa dan Sastra Volume 5 No 1 (2020) ISSN 2302-2043
Suhardita, K., Putu, I., Made, K., Dartiningsih, W., & Mentari, R. M. (n.d.). TRI HITA KARANA (Layanan Bimbingan Klasikal untuk Membentuk Karakter Siswa).
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.