PERBEDAAN HASIL BELAJAR LITERASI MATEMATIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DI SMPN 4 DENPASAR

Authors

  • Suarniti Noviantari Putu Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Suwija I.K Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Wirya K.A.S.S. Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v13i2.4055

Keywords:

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kolaboratif, Group Investigation, Team Games Tournament, Literasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kolaboratif tipe Group Investigation dan Team Games Tournament dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional dalam soal literasi matematis pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini menggunakan metode Quasi-Experiment dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian terdiri dari 9 kelas dan dipilih 2 kelas untuk menjadi sampel pada kelompok kelas kontrol dan eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata untuk kelas yang diajar dengan model pembelajaran kolaboratif tipe Group Investigation dan Team Games Tournament ialah 79, sedangkan kelas yang diajar dengan model pembelajaran konvensional ialah 57,25. Dengan taraf siginifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada soal literasi matematis untuk materi bentuk aljabar dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif tipe Group Investigation dan Team Games Tournament.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adib & Hasanah. (2023). Elvalulasi Program Pelmbellajaran Selbagai Ulpaya Pelningkatan Nilai Rapor Pelndidikan Tahuln 2022 Di SMPN 4 Kelbulmeln. Julrnal Psikologi, 57-62.

Anggraelni, S. T. (2022). Analisis Faktor Pelnyelbab Kelsullitan Bellajar Matelmatika di Selkolah Dasar. Julrnal Culrelrel, l(1), 25-37.

Hafid, M. (2023). Pelnelrapan Modell Pelmbellajaran Kolaboratif Dalam Melningkatkan Kelmampulan Pelmahaman Mahasiswa Prodi Elkonomi Syariah Pada Mata Kulliah Akhlak Tasawulf. SIBATIK JOUlRNAL.

Lulbis, R. B. (2023). Melngullik Hasil PISA 2022 Indonelsia: Pelringkat Nail, tapi Treln Pelnulrulnan Skor Belrlanjult.

Suljana, I. W. (2019). Fulngsi dan Tuljulan Pelndidikan Indonelsia. Adi Widya: Julrnal Pelndidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Published

2024-09-25