Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Articulate Storyline Untuk Siswa SMP

Authors

  • I Made Juniartha Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Kadek Rini Purwati Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Wayan Widana Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v14i1.4045

Keywords:

Articulate Storyline, E-Modul, Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep dasar peserta didik dalam materi Ukuran Pemusatan Data. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Akibatnya, peserta didik cenderung merasa bosan dan proses pembelajaran menjadi kurang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul matematika, dengan fokus mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan e-modul yang dikembangkan. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan, dengan model ADDIE yang mencakup analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan beupa lembar angket. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VIII SMP PGRI 3 Denpasar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian diperoleh hasil kevalidan 93,3% untuk aspek materi dan 94,4% untuk aspek media dengan masing-masing aspek dikategorikan sangat layak. Sementara itu, uji coba e-modul melalui uji coba terbatas, uji coba lapangan I, dan uji coba lapangan II mendapatkan persentase kepraktisan dari angket respon peserta didik masing-masing sebesar 72,8%, 70,91%, dan 71,1%, yang semuanya termasuk dalam kategori praktis. Angket respon pendidik menunjukkan persentase sebesar 91,67%, dengan kategori sangat praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, R., Irhasyuarna, Y., & Sauqina. (2022). Pengembangan media Articulate Storyline topik mekanisme pendengaran manusia dan hewan untuk peserta didik SMP. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 81–89.

Bintiningtiyas, N., & Lutfi, A. (2016). Pengembangan permainan Varmintz chemistry sebagai nedia pembelajaran pada materi sistem periodik unsur. Unesa Journal of Chemical Education, 5(2), 302–308.

Gunawan, Y. I. P., & Amaludin, A. (2021). Pemanfaatan teknologi pembelajaran dalam jaringan di masa pandemi covid-19. Jurnal Madaniyah, 11(1), 686–697.

Hotimah. (2024). Inovasi Pembelajaran: Mengupas Kebutuhan E-Modul Flipbook Untik Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas IV SD. Nubin Smart Journal, 3(1), 10–20.

Ikhsan, M. (2019). Pengaruh kecemasan matematis terhadap hasil belajar matematika siswa. 2(1), 1–6.

Indriani, N. (2020). Desain dan uji coba LKPD interaktif dengan pendekatan Scaffolding pada materi hidrolisis garam. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 87–105.

Irkhamni, I., Izza, A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan Canva sebagai E-Modul Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2021, 13, 127–134. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip

Leztiyani, I. (2021). Optimalisasi penggunaan Articulate Storyline 3 dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 24–35.

Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 327–338.

Rianto. (2020). Pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3. Indonesian Language Education and Literature, 6(1), 84–92. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i1.7225

Sari, W.P., Risqa, I. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip PDF Profesional. Tsaqifa Nusantara, 2(1), 42-54.

Santoso, H. B., Schrepp, M., Isal, R. Y. K., Utomo, A. Y., & Priyogi, B. (2016). Measuring user experience of the student-centered e-learning environment. The Journal of Educators Online, 13(1), 58–79.

Seruni, R., Munawaroh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pada materi metabolisme lipid menggunakan Flip PDF Professional. JTK: Jurnal Tadris Kimiya, 1(Juni), 48–56.

Sholikin, N. W., & Sujarwo, I. (2022). Penerapan Teori Belajar Bermakna untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 386–396.

Sofyan, D., Rostikawati, T., & Suryanti, Y. (2023). Pelatihan penerapan e-modul berbasis anyflip dalam meningkatkan kompetensi literasi digital guru sekolah dasar di Kota Bogor. Community Development Journal, 4(1), 882–887.

Sudarmono, S., Hasibuan, L., & Us, K. A. (2021). Pembiayaan pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 266–280.

Supriyatun, S. E. (2019). Implementasi Pembelajaran Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika (STEM) Pada Materi Fungsi Kuadrat. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(1), 80–87.

Tjandra, D. S. (2020). Impelementasi pembelajaran pendidikan Agama Kristen di abad 21. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1–10.

Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Putra, Z., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur kualitas pendidikan di Indonesia. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 1(1), 18–22.

Wulandari, S., Octaria, D., & Mulbasari, A. S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbantuan Aplikasi Flip Pdf Builder Berbasis Contextual Teaching and Learning. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 5(2), 389–402. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles