pengembangan Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Scracth Pada Materi Luas Permukaan Balok Kelas VII SMP Negeri Semangus

Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Scracth Pada Materi Luas Permukaan Balok Kelas VII SMP Negeri Semangus

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v13i2.4038

Keywords:

pengembangan aplikasi scracth, luas permukaan balok

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan media pembelajaran menggunakan aplikasi scracth pada materi luas permukaan balok yang valid, praktis dan efek potensia. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, development, implementasi, dan evaluasi. Media pembelajaran menggunakan aplikasi scracth telah dikembangkan dan divalidasi oleh tiga ahli. Uji coba Aplikasi Scracth dilakukan di SMP Negeri Semangus pada kelas VIIC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas media pembelajaran Aplikasi Scracth dilihat dari aspek kevalidan bahasa termasuk kategori sangat valid dengan skor 0,83, aspek kevalidan media termasuk dalam kategori sangat valid dengan skor 0,90, dan aspek kevalidan materi termasuk dalam kategori sangat valid dengan skor 0,88 (2) kualitas Aplikasi Scracth dilihat dari aspek kepraktisan small group dikategorikan sangat praktis dengan skor 4,55% (3) aplikasi scracth memiliki efek potensial terhadap hasil siswa dimana sebanyak 27 siswa (89.9%) termasuk dalam kategori tuntas, sedangkan sebanyak 3 (10%) belum tuntas dengan ketuntasan 67. Kesimpulan, media pembelajaran menggunakan aplikasi scracth yang dikembangkan untuk menarik minat siswa belajar, dengan menggunakan teknologi sebagai media bantuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dayanti, R., Yanto, Y., & Luthfiana, M. (2024). Systematic Literature Review: Desain Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Lingkaran. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 6-15.

Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan minat belajar akidah akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176-188.

Amir, A. (2014). Pembelajaran matematika SD dengan menggunakan media manipulatif. In Forum Paedagogik (Vol. 6, No. 01). IAIN Padang sidimpuan.

Luthfiana, M., & Purwasi, L. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(2), 126-134.

Nuraeni L, E., Muharram, M. R. W. M., & Fajrin, B. S. (2021). Desain Game Edukasi Sifat-Sifat Bangun Datar Segiempat Menggunakan

Dayanti, R., Yanto, Y., & Luthfiana, M. (2024). Systematic Literature Review: Desain Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Lingkaran. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 6-15.

Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan minat belajar akidah akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176-188.

Amir, A. (2014). Pembelajaran matematika SD dengan menggunakan media manipulatif. In Forum Paedagogik (Vol. 6, No. 01). IAIN Padang sidimpuan.

Luthfiana, M., & Purwasi, L. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(2), 126-134.

Nuraeni L, E., Muharram, M. R. W. M., & Fajrin, B. S. (2021). Desain Game Edukasi Sifat-Sifat Bangun Datar Segiempat Menggunakan

Published

2024-09-25