pengembangan Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Scracth Pada Materi Luas Permukaan Balok Kelas VII SMP Negeri Semangus
Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Scracth Pada Materi Luas Permukaan Balok Kelas VII SMP Negeri Semangus
DOI:
https://doi.org/10.59672/emasains.v13i2.4038Keywords:
pengembangan aplikasi scracth, luas permukaan balokAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan media pembelajaran menggunakan aplikasi scracth pada materi luas permukaan balok yang valid, praktis dan efek potensia. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, development, implementasi, dan evaluasi. Media pembelajaran menggunakan aplikasi scracth telah dikembangkan dan divalidasi oleh tiga ahli. Uji coba Aplikasi Scracth dilakukan di SMP Negeri Semangus pada kelas VIIC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas media pembelajaran Aplikasi Scracth dilihat dari aspek kevalidan bahasa termasuk kategori sangat valid dengan skor 0,83, aspek kevalidan media termasuk dalam kategori sangat valid dengan skor 0,90, dan aspek kevalidan materi termasuk dalam kategori sangat valid dengan skor 0,88 (2) kualitas Aplikasi Scracth dilihat dari aspek kepraktisan small group dikategorikan sangat praktis dengan skor 4,55% (3) aplikasi scracth memiliki efek potensial terhadap hasil siswa dimana sebanyak 27 siswa (89.9%) termasuk dalam kategori tuntas, sedangkan sebanyak 3 (10%) belum tuntas dengan ketuntasan 67. Kesimpulan, media pembelajaran menggunakan aplikasi scracth yang dikembangkan untuk menarik minat siswa belajar, dengan menggunakan teknologi sebagai media bantuan.
Downloads
References
Dayanti, R., Yanto, Y., & Luthfiana, M. (2024). Systematic Literature Review: Desain Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Lingkaran. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 6-15.
Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan minat belajar akidah akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176-188.
Amir, A. (2014). Pembelajaran matematika SD dengan menggunakan media manipulatif. In Forum Paedagogik (Vol. 6, No. 01). IAIN Padang sidimpuan.
Luthfiana, M., & Purwasi, L. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(2), 126-134.
Nuraeni L, E., Muharram, M. R. W. M., & Fajrin, B. S. (2021). Desain Game Edukasi Sifat-Sifat Bangun Datar Segiempat Menggunakan
Dayanti, R., Yanto, Y., & Luthfiana, M. (2024). Systematic Literature Review: Desain Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Lingkaran. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 6-15.
Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan minat belajar akidah akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176-188.
Amir, A. (2014). Pembelajaran matematika SD dengan menggunakan media manipulatif. In Forum Paedagogik (Vol. 6, No. 01). IAIN Padang sidimpuan.
Luthfiana, M., & Purwasi, L. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(2), 126-134.
Nuraeni L, E., Muharram, M. R. W. M., & Fajrin, B. S. (2021). Desain Game Edukasi Sifat-Sifat Bangun Datar Segiempat Menggunakan
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.