Pengenmbangan PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS KONSTEKTUAL DENGAN MEDIA Liveworksheets PADA MATERI LINGKARAN DIKELAS VIII SMP 05 LUBUKLINGGAU
PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS KONSTEKTUAL DENGAN MEDIA Liveworksheets PADA MATERI LINGKARAN DIKELAS VIII SMP 05 LUBUKLINGGAU
DOI:
https://doi.org/10.59672/emasains.v13i2.4017Keywords:
Kontekstual, Lingkaran, Liveworksheets, Pengembanggan E-LKPDAbstract
Penelitan ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis Kontekstual dengan media Liveworkhseets dengan materi lingkaran yang valid, praktis, serta memiliki efekpotensial terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yaitu pengembangan dengan model 4D terdiri dari 4 tahap yaitu, Define (pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) dan Dessemination (Penyebaran). Subjek penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 05 Kota Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis data lembar validasi, analisis data lembar kepraktisan, serta analisis tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kualitas media pembelajaran dilihat dari aspek kevalidan bahasa termasuk dalam kategori sangat valid dengan skor 0,87, aspek kevalidan media termasuk dalam kategori sangat valid dengan skor 0, 82, dan aspek kevalidan matri termasuk dalam kategori sangat valid dengan skor 0,81; (2) Kualitas bahan ajar E-LKPD dilihat dari aspek kepraktisan (small group) dikategorikan praktis dengan skor 78,33 dan aspek kepraktisan guru dikategorikan praktis dengan skor 70% dari seluruh aspek kepraktisan tergolong dalam kategori praktis dengan skor 77,17%. (3) Bahan ajar E-LKPD memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa dimana sebanyak 24 siswa (77,4%) termasuk dalam kategori tuntas. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah sebesar 70.
Downloads
References
Syamsu, F. D. (2017). Pengembangan LKS Biologi berbasis kontekstual dilengkapi dengan Mind Map pada materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk siswa SMA. Biolonatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi,4(1).Syamsu, F. D. (2017). Pengembangan LKS Biologi berbasis kontekstual dilengkapi dengan Mind Map pada materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk siswa SMA. Biolonatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi,4(1).
Zayyadi, Moh; Durroh, H. (2020). Etnomatematika Budaya Madura (Budaya Madura dan Matematika). Duta Media
Suraji. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan.
Alperi, M. (2019). Peran bahan ajar digital sigil dalam mempersiapkan kemandirian belajar peserta didik. Jurnal Teknodik, 23 (2), 99-110. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.479.
Bahrilin, V., Luthfiana, M., & Efuansyah, E. (2020). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 5 LUBUKLINGGAU. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 94-103.
Friansyah, D., & Luthfiana, M. (2018). Desain lembar kerja siswa materi sistem persamaan dua variabel berorientasi etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(2), 83-92.
Gitriani, R., Aisah, S., Hendriana, H., & Herdiman, I. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis pendekatan kontekstual pada materi lingkaran untuk siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 40–48. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.40-48
Hidayati, V. R., Subanji, S., & Sisworo, S. (2020). Students’ mathematical connection error in solving PISA circle problem. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(2), 76. https://doi.org/10.25273/jipm.v8i2.5588
Rikanah. (2016). Penguasaan konsep lingkaran terhadap kemampuan spasial matematika siswa pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 15–26.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 88, 90-92.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.