Pengembangan LKPD Berbasis UbD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peluang
DOI:
https://doi.org/10.59672/emasains.v14i2.3972Keywords:
LKPD, UbD, PeluangAbstract
Salah satu bahan ajar yang bisa diterapkan dalam proses pembelajaran adalah LKPD berbasis UbD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk LKPD berbasis UbD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peluang. Pengembangan produk pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji kevalidan pada aspek materi memperoleh persentase sebesar 82% dengan kategori sangat valid. Dari aspek media, hasil uji kevalidan memperoleh persentase sebesar 86% dengan kategori sangat valid. Kemudian untuk hasil uji kepraktisan penggunaan LKPD berbasis UbD ini termasuk pada kategori sangat praktis dengan skor rata-rata persentase sebesar 91,34%. Uji keefektifan diperoleh persentase sebesar 86,71% dengan kategor sangat efektif. Rata-rata skor hasil belajar pada data awal sebesar 72,34 kemudian rata-rata skor data akhir hasil belajar sebesar 86,71. Berdasarkan hasil rata-rata skor tersebut disimpulkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis UbD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peluang layak digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika.
Downloads
References
Branch, R. M. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. New York: Springer Science + Bussines Media.
Eka, V., Natala, D., Vanalita, M., Pratama, A. O. S., & Astuti, M. D. (2023). Implementasi Understanding By Design Dalam Kegiatan Pembelajaran : Literatur Review.
Fitriyani, D., Hutapea, N. M., & Syofni. (2023). PENGEMBANGAN LKPD MATERI PERBANDINGAN BERBASIS RME UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 994–1005.
Lase, N. K., & Zai, N. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 3 Idanogawo, 3(2), 99–113.
Mulyani, A. A., Setiadi, E. M., & Nurbayani, S. (2023). Backward Design : Strategi Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa. Jurnal Paedagogy, 10(3), 798–808.
Nasikhah, A. D., & Karimah, S. (2022). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF TRANSFORMASI GEOMETRI. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 3(2020), 43–56.
Ndraha, H., & Harefa, A. R. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara, 6(1), 5328–5339.
Nurazizah, S. (2024). Pentingnya Media dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, 3, 5666–5670.
Oktaviana, D., Prihatin, I., & Fahrizar. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 5.
Panjaitan, S. N., Mansyur, A., & Syahputra, H. (2023). Pengembangan LKPD Elektronik ( E-LKPD ) Berbasis Problem- Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP IT Indah Medan. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(June), 1890–1901.
Pertiwi, S., Sudjito, D. N., & Rondonuwu, F. S. (2019). Perancangan Pembelajaran Fisika tentang Rangkaian Seri dan Paralel untuk Resistor Menggunakan Understanding by Design ( UbD ), 2(1), 1–7.
Putra, Z. R. A., Pratama, C. E., Pramudito, S. M., & Fauziyah, N. (2023). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berdiferensiasi Berbasis Understanding by Design ( UbD ). Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4, 128–139.
Setiyawati, N., & Septiani, U. R. (2023). Analisis Pengembangan Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan Ubd, 4(3), 170–174. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i3.16126
Sumandya, I. W., Widana, I. W., Suryawan, I. P. P., & Handayani, I. G. A. (2023). Analysis of understanding by design concept of teachers â€TM independence and creativity in developing evaluations of mathematics learning in inclusion schools, 7(2), 124–135. https://doi.org/10.55214/25768484.v7i2.382
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.











