Pengembangan LKPD Berbasis UbD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peluang

Authors

  • Made Irma Suryani Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Wayan Sumandya Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v14i2.3972

Keywords:

LKPD, UbD, Peluang

Abstract

Salah satu bahan ajar yang bisa diterapkan dalam proses pembelajaran adalah LKPD berbasis UbD. Tujuan penelitian  ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk LKPD berbasis UbD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peluang. Pengembangan produk pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji kevalidan pada aspek materi memperoleh persentase sebesar  82% dengan kategori sangat  valid.  Dari  aspek  media,  hasil uji kevalidan memperoleh persentase sebesar 86% dengan kategori sangat valid. Kemudian untuk hasil uji kepraktisan penggunaan LKPD berbasis UbD ini  termasuk  pada kategori sangat praktis dengan skor rata-rata persentase sebesar 91,34%. Uji keefektifan diperoleh persentase sebesar 86,71% dengan kategor sangat efektif. Rata-rata skor hasil belajar pada data awal sebesar 72,34 kemudian rata-rata skor data akhir hasil belajar sebesar 86,71. Berdasarkan hasil rata-rata skor tersebut disimpulkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis UbD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada  materi peluang layak digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Branch, R. M. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. New York: Springer Science + Bussines Media.

Eka, V., Natala, D., Vanalita, M., Pratama, A. O. S., & Astuti, M. D. (2023). Implementasi Understanding By Design Dalam Kegiatan Pembelajaran : Literatur Review.

Fitriyani, D., Hutapea, N. M., & Syofni. (2023). PENGEMBANGAN LKPD MATERI PERBANDINGAN BERBASIS RME UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 994–1005.

Lase, N. K., & Zai, N. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 3 Idanogawo, 3(2), 99–113.

Mulyani, A. A., Setiadi, E. M., & Nurbayani, S. (2023). Backward Design : Strategi Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa. Jurnal Paedagogy, 10(3), 798–808.

Nasikhah, A. D., & Karimah, S. (2022). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF TRANSFORMASI GEOMETRI. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 3(2020), 43–56.

Ndraha, H., & Harefa, A. R. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara, 6(1), 5328–5339.

Nurazizah, S. (2024). Pentingnya Media dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, 3, 5666–5670.

Oktaviana, D., Prihatin, I., & Fahrizar. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 5.

Panjaitan, S. N., Mansyur, A., & Syahputra, H. (2023). Pengembangan LKPD Elektronik ( E-LKPD ) Berbasis Problem- Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP IT Indah Medan. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(June), 1890–1901.

Pertiwi, S., Sudjito, D. N., & Rondonuwu, F. S. (2019). Perancangan Pembelajaran Fisika tentang Rangkaian Seri dan Paralel untuk Resistor Menggunakan Understanding by Design ( UbD ), 2(1), 1–7.

Putra, Z. R. A., Pratama, C. E., Pramudito, S. M., & Fauziyah, N. (2023). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berdiferensiasi Berbasis Understanding by Design ( UbD ). Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4, 128–139.

Setiyawati, N., & Septiani, U. R. (2023). Analisis Pengembangan Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan Ubd, 4(3), 170–174. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i3.16126

Sumandya, I. W., Widana, I. W., Suryawan, I. P. P., & Handayani, I. G. A. (2023). Analysis of understanding by design concept of teachers â€TM independence and creativity in developing evaluations of mathematics learning in inclusion schools, 7(2), 124–135. https://doi.org/10.55214/25768484.v7i2.382

Downloads

Published

2025-09-29