Peningkatan Kemampuan Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi

Authors

  • I Dewa Putu Juwana
  • Ni Luh Sintya Puspita Adi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Made Ariyana Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v14i2.3882

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Problem Based Learning, Kemampuan Pemahaman Matematis

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu kemampuan pemahaman matematis peserta didik masih belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas VIII A di SMP Negeri 8 Denpasar melalui pembelajaran berdiferensiasi dengan model (Problem Based Learning) PBL. Metode penelitian mengikuti prinsip Penelitian Tindakan Kelas, dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Data tersebut diperoleh melalui proses pengamatan pembelajaran berdiferensiasi dan hasil evaluasi tes di setiap akhir siklus pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis kuantitatif deskriptif, dengan mengacu pada rubrik penskoran. Hasil dari penelitian ini yaitu terjadi peningkatan kemampuan matematis siswa, dengan persentase kelulusan meningkat dari 50% pada Siklus I menjadi 80% pada Siklus II. Peningkatan ini terkait dengan konten pembelajaran dan kelompok yang homogen dalam gaya belajar dan kemampuan kognitif, menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model PBL dapat meningkatkan kemampuan matematis siswa kelas VIII A SMP Negeri 8 Denpasar.

Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Problem Based Learning, Kemampuan Pemahaman Matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Juhari, A., & Muthahharah, I. (2020). Implementation of problem based learning model with problem posing-solving approach in mathematics learning during Covid-19 pandemic. https://scholar.google.com/scholar?cluster=902350128453815816&hl=en&oi=scholarr

Martin, W. G. (2000). Principles and standards for school mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.

Nafri, F. (2018). Pengaruh Penerapan Model Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XII MIPA SMAN 5 Padang. https://www.semanticscholar.org/paper/Pengaruh-Penerapan-Model-Creative-Problem-Solving-5-Nafri/1abde955d15d535337aede5299676b5b8f956fab

O’Brien, T. C., Wallach, C., & Mash-Duncan, C. (2011). Problem-Based Learning in Mathematics. The Mathematics Enthusiast, 8(1–2), 147–160. https://doi.org/10.54870/1551-3440.1209

Putri, N. I., & Mukhtar, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, 2(2), 338–346. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v2i2.2563

Tomlinson, C. A. (2014). The differentiated classroom: Responding to the needs of all learners. Ascd. https://www.google.com/books?hl=id&lr=&id=CLigAwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=tomlinson+differentiated+book&ots=AhknsRhdmx&sig=1XZDYS6mAeHMzDhNLYXosEygipw

Tzur, R., & Clark, M. (2006). Riding the Mathematical Merry-Go-Round to Foster Conceptual Understanding of Angle. Teaching Children Mathematics. https://www.semanticscholar.org/paper/Riding-the-Mathematical-Merry-Go-Round-to-Foster-of-Tzur-Clark/36f43d28fe8dcb84bda9550435548490b22f4b69

Wormeli, R. (2023). Fair isn’t always equal: Assessment & Grading in the Differentiated Classroom. Routledge. https://www.taylorfrancis.com/books/mono/10.4324/9781032681122/fair-isn-always-equal-rick-wormeli

Downloads

Published

2025-09-29