Etnomatematika Kain Tenun Ikat Warisan Bali Aga dan Integrasinya Dalam Pembelajaran Matematika Bermakna

Authors

  • Gavrila Tamariska Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Novi Kristiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Sherlita Indraliani Kubayan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Hilda Aulia Universitas Pendidikan Ganesha
  • Hilman Cahyadin Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Pasek Suryawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v13i2.3876

Abstract

Etnomatematika merupakan kajian yang mengaitkan matematika dengan kebudayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur matematika yang terdapat dalam kain tenun ikat gringsing, bagaimana penenun mengetahui dan mendapatkan pengetahuan mengenai etnomatematika serta mengintegrasikannya ke pembelajaran matematika yang bermakna. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan metode studi etnografi dan eksplorasi. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa penenun di Desa Tenganan menerapkan konsep matematika. Matematika yang ditemukan dalam kain tenun ikat gringsing mencakup transformasi geometri, yaitu translasi, dilatasi, refleksi, dan rotasi. Sehingga, peneliti membuat bahan ajar berbasis etnomatematika yang valid, efektif, dan efisien. Hal ini terlihat pada saat pengintegrasian bahan ajar ke sekolah, siswa juga menjadi lebih termotivasi untuk belajar karena materi yang dipelajari berhubungan langsung dengan benda-benda yang ada di sekitar mereka. Integrasi muatan matematika dengan budaya dalam pembelajaran menunjukkan bahwa pendekatan ini tidak hanya membantu melestarikan budaya, tetapi juga menghasilkan pembelajaran matematika yang bermakna. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa etnomatematika dapat menjadi jembatan antara budaya dan pendidikan, memberikan manfaat dalam pelestarian budaya dan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.

 

Kata Kunci: Etnomatematika, Kain Tenun Ikat, Pembelajaran Matematika Bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmana, 2022. Mekare-Kare” Wujud Ritualitas Keagamaan Desa Adat Tenganan Pegringsingan Sebagai Obyek Wisata dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat, Karangasem, Bali. Journal of Anthropology. 1(1).

Dion & Saputra, H.K., 2022. Pengembangan Aplikasi Modul Elektronik (E-Modul)Pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan. Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika. 10(4), 70–78.

Hasani, S., Khasani, Sarimanah, Utari, T. & Haryati, T., 2023. Eksplorasi Etnomatematika dalam Kebudayaan Baduy di Kabupaten Lebak Banten. ABACUS. 4, 66–77.

Ketut, N. & Sukawati, S.A., 2020. TENUN GRINGSING TEKNIK PRODUKSI, MOTIF DAN MAKNA SIMBOLIK. 3(1).

Kristiono, N., 2017. Pola Kehidupan Masyarakat Adat Desa Tenganan Pegringsingan Bali. INTEGRALISTIK. 28, 158–175.

Leacock, T.L. & Nesbit, J.C., 2007. A framework for evaluating the quality of multimedia learning resources. Journal of Educational Technology & Society 10(2), 44–59.

Ledi, F.U.R., Kusmanto, B. & Agustito, D., 2020. Identifikasi Etnomatematika pada Motif Kain Tenun Sumba Barat. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika. 8(1), 87–95.

Loviana, S., Merliza, P., Damayanti, A., Mahfud, M.K. & Islamuddin, A.M., 2020, Etnomatematika pada Kain Tapis dan Rumah Adat Lampung. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah. 4(1), 94.

Mardia, A. & Sundara, V.Y., 2020. Pengembangan Modul Program Linier Berbasis Pembelajaran Mandiri. Jurnal Pendidikan Matematika. 10(1), 9–18.

Matondang, A., 2019. Dampak Modernisasi Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UISU 8, 189–194.

Munir, S., Pratikto, H. & Rahayu, W.P., 2024. Merdeka Belajar, Merdeka Berkarya: E-Modul Android Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. Reseacrh and Development Journal Of Education, 10(1), 617–627.

Nazira, I.F., Mayuni, P.A. & Sudirtha, I.G., 2023, Pengembangan Busana Modest Fashion Menggunakan Kain Tenun Endek Motif Singa Ambara Raja. Jurnal Bosaparis: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 14(3), 45–55.

Nur, A. & Utami, F.Y., 2022, Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial dan Budaya3(1), 2022| 1Proses dan Langkah Penelitian Antropologi: Sebuah Literature Review. Jurnal Dialektika, Sosial dan Budaya, 3(1), 44–68.

Nurmaya, R., Herawati, R. & Ratnaningsih, N., 2021. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 123–129.

Pramesti, S.N., Maharani, K.K., Dewi, N.K.S., Sari, N.M.A.K., Maharani, P.E.A. & Suryawan, P.P., 2024, Kajian Etnomatematika Bangunan Adat di Desa Penglipuran dan Upaya Memperoleh Pengetahuan Sebagai Sumber Belajar Matematika Bermakna. MAHASENDIKA, 446–456.

Rahayu, A.P., Snae, M. & Bani, S., 2020. Etnomatematika Pada Kain Tenun Lipa Kaet, Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 16–24.

Rochayati, S.D., 2024. Analisis Pengelolaan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Siswa Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 6(3), 541–549.

Rofiyadi, Y.A. & Handayani, S.L., 2021. Pengembangan Aplikasi E-Modul Interaktif Berbasis Android Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 54–60.

Rosady, D., Sholihin, Agustini, K. & Sudatha, I.G.W., 2024. Eksplorasi Etnomatematika pada Kain Tradisional. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(2), 1328–1332.

Sarwoedi, Marinka, D.O., Febriani, P. & Wirne, I.N., 2018. Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan PemahamanMatematika Siswa. Jurnal PendidikanMatematika Raflesia, 3, 171–176.

Schrepp, M., Hinderks, A. & Thomaschewski, J., 2017. Design and evaluation of a short version of the user experience questionnaire (UEQ-S). International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, 4 (6), 103-108.

Setiana, D.S., 2021. Etnomatematika Berorientasi Learning Trajectory.

Sudarmanto, I.G., 2022. Eksistensi Tenun Gringsing Bali Dalam Era New Normal Pandemi Covid-19. Journal Of Comprehensive Science, 1(3), 216–227.

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Pendidikan, ALFABETA, Bandung.

Suryani, L., Nurdin, M.K. & Wiratman, A., 2024. Pengembangan Peta 3D Berorientasi Kearifan Lokal Sulawesi Selatan Untuk Siswa Sekolah Dasar. JRIP:JurnalRisetdanInovasiPembelajaran, 4(1), 84–95.

Suryawan, I.P.P. & Maharani, L.D.W., 2021. Etnomatematika Kain Tenun Ikat Gringsing Desa Tenganan: Kajian Konsep Geometri Pada Motif Lubeng. Emasains, XI, 303–312.

Turmuzi, M., Sudiarta, I.G.P. & Suharta, I.G.P., 2022. Systematic Literature Review: Etnomatematika Kearifan Lokal Budaya Sasak. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 397–414.

Utami, S., 2014. Tenun Gringsing Korelasi Motif, Fungsi, dan Arti Simbolik. Imaji, 12.

Wahab, A., Junaedi & Azhar, Muh., 2021. Efektivitas Pembelajaran StatistikaPendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gaindi PGMI. JURNALBASICEDU, 5(2), 1039–1045.

Wulansari, V. & Maisy, S., 2023. Kelestarian Budaya dan Adat di Desa Tengan Pegringsingan Karangasem Bali. Jurnal Desain Mode, 1(2), 1–7.

Published

2024-09-25