PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA

Authors

  • Ni Kadek Rini Purwati Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Kadek Gita Sitiari Putri Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v13i2.3737

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran Kolaboratif, Tutor Teman Sebaya

Abstract

Hasil belajar matematika siswa yang terlihat masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran kolaboratif. Tujuan dari pembelajaran kolaboratif ini yaitu agar siswa dapat membangun pengetahuan dari tutor teman sebaya, mendapatkan pengetahuan dari interaksi dialog, membagi informasi dengan teman maupun guru sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuan secara mental. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan diawali oleh pras-siklus. Pada setiap siklus yang dilakukan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Mengwi dengan kelas terpilih yaitu kelas XI I, dimana jumlah siswanya sebanyak 35 orang sebagai subjek. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa lembar observasi wawancara dan hasil tes belajar. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu peningkatan yang terjadi pada siklus II sebesar 86% jika dibandingkan dengan siklus I sebesar 48%, hal ini dikarenakan sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yang ditetapkan maka penelitian ini berhenti pada siklus II. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran kolaboratif yang dilakukan di kelas XI I SMA Negeri 2 Mengwi dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa pada materi statistika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansori, A., & Sari, A. F. (2020). Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 133-148. Retrieved from https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/jlpn/article/view/3735

Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter. Gema Budiarto. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, 13(1), 50-56. DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6912

Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Praktik). Ganding Pustaka

Febriyanti, N. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/115

Febriyanti, N. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/115

Husain, R. (2020). Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri

Machali, I. . (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru?. Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Pauziah, N., Alfaqih, B., Hoirunnisa, F., Sadiyah, M. S., & Khoerunnisa, N. I. (2023). Kendala-Kendala dalam Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(1), 39-47.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6). DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Purwati, N. K. R. (2016). Penggunaan Lembar Kerja Mahasiswa Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Metode Numerik. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5(2), 8-13.

Purwati, N. K. R., & Erawati, N. K. (2021). Pengembangan Buku Ajar Metode Numerik Berbasis Pembelajaran Kolaboratif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 37-48.

Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut Ramdhani, 8(1), 28-37. Diakses dari: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5122

Published

2024-09-25