Etnopedagogi Sebagai Media Pelestarian Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Biologi
DOI:
https://doi.org/10.59672/emasains.v13i2.3687Keywords:
Ethnopedagogy, Conservation, Local Wisdom, Biology Learning., Etnopedagogi, Pelestarian, Kearifan Lokal, Pembelajaran Biologi.Abstract
The culture of a nation goes hand in hand with civilization in people's lives. Culture, customs and natural resources of a nation as local wisdom have the potential to be developed and preserved through ethnopedagogy. Ethnopedagogy is the inculcation of the local wisdom’s value of a nation or region that needs to be introduced by revitalizing it for the advancement of civilization. Ethnopedogogy research, as a medium for preserving local wisdom in biology learning, aimed to re-introducing the culture of the region where the learners come from as local wisdom to foster a sense of love and foster self-confidence in existing cultures. The implementation of local wisdom in biology learning is expected to be able to instil character education in order to create Pancasila students.
Budaya suatu bangsa berjalan seiring dengan peradaban dalam kehidupam masyarakat. Budaya, adat istiadat dan kekayaan alam suatu bangsa sebagai kearifan lokal yang berpotensi dikembangkan dan dijaga kelestariannya melalui etnopedagogi. Etnopedagogi merupakan penanaman nilai kearifan lokal suatu bangsa atau daerah perlu diperkenalkan dengan melakukan revitalisasi untuk kemajuan peradaban. Penelitian etnopedogogi sebagai media pelestarian kearifan lokal dalam pembelajaran biologi, memiliki tujuan mengenalkan kembali budaya daerah tempat peserta didik itu sebagai kearifan lokal untuk menumbuhkan rasa cinta dan menumbuhkan rasa percaya diri pada budaya yang telah ada. Implementasi kearifan lokal dalam pembelajaran biologi diharapkan mampu menanamkan pendidikan karakter agar tercipta pelajar Pancasila.
Downloads
References
Abdurrahman; Ariyani, F; Nurulsari, N; Maulina, H dan Sukamto, I. (2020). The prospective ethnopedagogy-integrated STEM learning approach: Science teacher perceptions and experiences. Journal of Physics: Conference Seris.
doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/ 012082
Alimah, S. (2019). Kearifan Lokal Dalam Inovasi Pembelajaran Biologi: Strategi Membangun Anak Indonesia yang Literate dan Berkarakter untuk Konservasi Alam", Jurnal Pendidikan Hayati; 5(1).
Al-Tabany, T.I.B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran yang Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.
Burns, H.L. (2015). Transformative sustainability pedagogy: Learning from ecological systems and indigenous wisdom. Journal of Transformative Education, 13(3), 259–276. doi.org/10.1177/ 1541344615584683
Davies, D; Jindal-Snape, D; Collier, C; Digby, R; Hay, P and Howe, A. (2013). Creative learning environments in education-A systematic literature review. Thinking Skills and Creativity; 8(1): 80–91. doi.org/10.1016/j.tsc.2012.07.004
Firmansyah, H. (2021). Pembelajaran Berbasis Etnopedagogi. Penerbit Lakeisha: 1-2
Fahrutdinova, G.Z. (2016). Ethno-pedagogical factor of polycultural training. International Journal of Environmental and Science Education, 11(6), 1185–1193.
doi.org/10.12973/ijese.2016.388a
Furqon. (2015). Etnopedagogi: Pendekatan Pendidikan Berbudaya Dan Membudayakan, dalam The Proceeding of International Seminar on Ethnopedagogy.
http://eprints.ulm.ac.id/1891/1/6. Ethnopedagogy %28Belum Edit%29.pdf.
Farisi, M.I. (2012). Pengembangan Asesmen Diri Siswa (Student Self-Assessment) sebagai Model Penilaian dan Pengembangan Karakter. Kongres Ilmiah Nasional, hal. 447.
Haerudin, D dan Koswara, D. (2017). Transformasi dan kajian etnopedagogi naskah wawacan Sulanjana. Jurnal Lektur Keagamaan; 15(1): 1-20.
doi.org/10.31291/jlk.v15i1.513
Ismail, S; Suhana dan Zakiah, Q.Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah", Jurnal Manajemen Pendidikan; 2(1).
Kurniawan, I.S dan Survani, R. (2018). Integrasi Etnopedagogi Dalam Mengembangkan Model Pembelajaran Biologi. Jurnal Konseling dan Pendidikan; 6(1) https://doi.org/10.29210/119200.
Kurniawan, I.S dan Toharudin, U. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Biologi Berorientasi Etnopedagogi Pada Mahasiswa Calon Guru. Scientiae Educatia; 6(1) https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v6i1.1287
Klara, K; Baktiyar, O; Sandygul, K; Raikhan, U and Gulzhiyan, J. (2015). Ethnic pedagogy as an integrative, developing branch of pedagogy. Mediterranean Journal of Social Sciences; 6(1S1): 612-619.
doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n1s1p612
Lestari, E.T dan Bahri, S. (2021). Development of social studies learning outcomes with Tajhin peddhis-based etnopedagogy approach. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan; 13(3): 2309-2318. doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.977
Marpaung, C; Syarifah dan Hidayat. (2023). Pengaruh Pendekatan Etnopedagogi dan Karakter integritas terhadap Kemampuan Literasi budaya Siswa Sekolah Dasar. Universitas negeri Medan. Medan. Elementary School Education Journal; 7(2): 219-228.
Neustroev, N; Neustroeva, A and Shergina, T. (2018). Individualization and ethnopedagogy at small elementary schools components of vocational training for University Tutors. Sibirica; 17(3): 92–115. doi.org/10.3167/sib.2018.170309
Putra, P; Setianto, A.Y; Hafiz, A; Mutmainnah, Aslan. (2021). Etnopedagogic studies in character education in the millinneal era: Case study MIN 1 Sambas. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam; 12(2): 237–252.
doi.org/10.14421/al-bidayah.v12i2.547
Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi Literatur tentang Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran The Power of Two di SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA; 6(2): 605-610.
Sani, R.A. (2021). Pembelajaran Berorientasi AKM Asesmen Kompetensi Minimum. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmawati, Y; Ridwan, A; Cahyana, U and Wuryaningsih, T. (2020). The integration of ethnopedagogy in science learning to improve student engagement and cultural awareness. Universal Journal of Educational Research, 8(2), 662–671. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080239
Ramadan, Z.H. (2019). Etnopedagogi di SD Negeri 111 Kota Pekanbaru. ESJ (Elementary School Journal PGSD FIP Unimed); 9(3): 190–200.
Sitti, R.R. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal “Bebentengan” Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Sistem Gerak. Disertasi. Bandung: UNPAS.
Suanda, I.W. (2024). Interaksi Hewan dan Tumbuhan dalam Buku Zoologi Integratif. Penerbit: Get Press Indonesia. Padang, Sumatra Barat. hal 69-82.
https://drive.google.com/file/d/1wY4L3YnMJepubDOfizjHukM0D04CahaT/view?usp=sharing
Suanda, I.W. (2023a). Pendidikan Karakter dan Karir Profesional dalam Buku Model Implementasi Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Penerbit Get Press. Padang, Sumatra Barat. Hal. 179-194.
https://drive.google.com/file/d/137PDr5FTQAYq7Cl7uEiKxg2D4m4ShGS/view?usp=sharing
Suanda, I.W. (2023b). Pengaruh Faktor Biotik pada Tumbuhan dalam Buku Ekologi Tumbuhan. Penerbit Get Press. Padang, Sumatra Barat. Hal. 29-46. https://drive.google.com/file/d/1ssyO6cOzMCqYogRyHuLr0ZHLHzO7ozcr/view?usp=sharing
Saihu, (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal (Studi Di Jembrana Bali), Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam; 8(1).
https://doi.org/10.30868/ei.v8i01.364.
Supriyadi; Waremra, R.S and Betaubun, P. (2019). Papua contextual science curriculum contains with indigenous science (Ethnopedagogy study at Malind Tribe Merauke). International Journal of Civil Engineering and Technology; 10(2): 1994-2000.
Selasih, N.N dan Sudarsana, I.K. (2018). Education based on ethnopedagogy in maintaining and conserving the local wisdom: A literature study. Jurnal Ilmiah Peuradeun; 6(2): 293. doi.org/ 10.26811/peuradeun.v6i2.219
Suarmika, P.E dan Utama, E.G. (2017). Pendidikan mitigasi bencana di sekolah dasar (sebuah kajian analisis Etnopedagogi). JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia); 2(2): 18-24. doi.org/ 10.26737/jpdi.v2i2.327
Oktavianti, I dan Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi dalam pembelajaran di sekolah dasar melalui media berbasis kearifan lokal. Refleksi Edukatika/ : Jurnal Ilmiah Kependidikan; 8(2). doi.org/ 10.24176/re.v8i2.2353
Toleubekova, R.K; Zhumataeva, E and Sarzhanova, G.B. (2022). The role of ethnopedagogy in shaping positive attitudes towards traditional values of kazakh people among future teachers in Kazakhstan. Koers-Bulletin for Christian Scholarship; 87(1): 1-12.
Yanthi, N; Marhaeni, A dan Dantes, N. (2020). Analisis tentang Cerita Anak yang Bermuatan Sikap dan Muatan Pembelajaran terkait dengan Tema Kayanya Negeriku Kurikulum 2013 Kelas IV Sekolah Dasar Berbasis Etnopedagogik. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia; 10(2): 112-122
doi.org/10.19108/ koers.87.1.2430
Zakaria, I dan Priyatni, E.T. (2021). Dimensi berpikir kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan; 6(10):1630–1649.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.