Penerapan Problem-Based Learning Berbantuan LKPD dan Video Pembelajaran Interaktif Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.D SMA Negeri 2 Mengwi
DOI:
https://doi.org/10.59672/emasains.v13i1.3622Keywords:
Problem-Based Learning, Lembar Kerja Peserta Didik, Video Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 2 Mengwi melalui Problem-Based Learning (PBL) berbasis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan video pembelajaran interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dua siklus dengan subjek 35 siswa Kelas X.D SMA Negeri 2 Mengwi tahun akademik 2023/2024. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan tes dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif menggunakan model matematika dengan fokus pada manajemen data, sementara analisis kuantitatif mengukur hasil belajar siswa dalam bentuk skor dan persentase. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model PBL dengan LKPD dan video pembelajaran. Pada siklus pertama, ketuntasan belajar mencapai 71,43% dengan rata-rata skor 75,06, meningkat menjadi 94,29% dengan rata-rata skor 80,06 pada siklus kedua. Penerapan model ini diterima dengan baik oleh siswa.
Downloads
References
Andyny, M. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Berbasis Ict Berbantuan Software Construct 2 Untuk Peserta Didik Mts. JIMEDU, 2, 1–15.
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 56, 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Ardianti, R., Siliwangi, U., Siliwangi, J., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics 3(1). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction
Astuti, D. P., & Yuniarto, B. (2019). Penggunaan Media Animasi Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia dalam Membentuk Karakter Siswa di SMP. Jurnal Edueksos, 3(1).
Astuti. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1011–1024.
Cottrell,S. (2005). Critical Thinking Skills Developing Effective Analysis and Argument. Palcrave Macmillan. New York.
Dian Oktaviani, A., Shoffa, S., & Kristanti, F. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Journal of Education and Teaching (JET), 4(2), 276–282. https://doi.org/10.51454/jet.v4i2.234
Faturrohman, M. & Sulistyorini. (2012). Belajar dan pembelajaran meningkatkan mutu pembelajaran sesuai standart nasional. Yogjakarta: Teras.
Hendrayana, A. (2008). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP dalam Matematika. Tesis Pada PPs UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan.
Irmawati, R., Rahayu, A., & Ratnasari, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 2021.
Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pres.
Lase, K. N., Zai, N., F., Gunungsitoli, I., & Utara, S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 3 Idanogawo. Jurnal Pendidikan MINDA, 3(2).
Lestari, E. A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Eksperimen IPA Kelas V Sd/Mi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Mosharafa, (7)1.
Munawaroh, N., & Sholikhah, N. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Melalui Video Interaktif Berbantuan Google Site Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ecogen, 5(2), 167. https://doi.org/10.24036/jmpe.v5i2.12860
Nurlaila, M., Agus, R. N., Lestari, I., Pendidikan, P., Universitas, M., & Raya, S. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Mmenggunakan Live Worksheets Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Journal Abacus, 3(1). 18-30. https://doi.org/10.59605/abacus.v3i1.300
Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1).
OECD. (2022). Revenue Statistics in Asia and the Pacific 2022 - Indonesia. OECD.
Ridwan. (2005). Metode dan Teknik Penyusunan Tesis. Bandung: CV Alfa Beta.
Risandy, L. A., Sholikhah, S., Ferryka, P. Z., & Putri, A. F. (2023). Penerapan Model Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Kajian dan Penelitian Umum, 1(4), 95–105. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i4
Risalah, D., Cahyanita, S., & PGRI Pontianak, I. (2023). Penggunaan Video Pembelajaran Bermuatan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Mathema Journal, (5)2.
Setyaningtyas, E. W., Janah, F. N. M., Sulasmono, B. S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Sebelas Maret, vol. 7, no. 1, 2019, doi:10.20961/jpd.v7i1.29002
Sudjana, Nana. 2009. Penelitian Hasil Proses Belajar-Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suseno, P., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59-74. doi:https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272
Vieira, R. M., Tenreiro, C., Martins, I. P. (2011). Critical Thinking: Conceptual Clarification and Its Importance in Science Education. Science Education International. 22, (1), 43-54a.
Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584–3593. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2650
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.