PENGARUH MODEL FUN LEARNING TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 3 SUKAWATI

Authors

  • Ni Kadek Putri Dwiani Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Made Surat Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Wayan Sunita Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • N. Putri Sumaryani Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Nyoman Parmithi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v13i1.3609

Keywords:

Fun Learning, Hasil Belajar, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Fun Learning terhadap hasil dan minat belajar matematika kelas X. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 3 Sukawati pada semester genap 2022/2023 yang memiliki sepuluh kelas dan dipilih 2 kelas secara random sampling sebagai sampel penelitian, satu kelas sebagai kelas eksperimen yang menerima perlakuan model Fun Learning dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang menerima perlakuan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Post Test Only Control Group Design. Analisis yang digunakan untuk hipotesis satu dan hipotesis dua ialah uji t-test dan analisis untuk hipotesis tiga ialah uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil antara kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 71,32 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 63,84. Pada minat belajar siswa juga memiliki perbedaan, kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 68,28 dan kelas kontrol dengan nilai 62,4. Dengan adanya perbedaan nilai hasil dan minat belajar antara model Fun Learning dan model pembelajaran konvensional, dapat disimpulkan jika model Fun Learning memiliki pengaruh terhadap hasil dan minat belajar matematika siswa di SMK Negeri 3 Sukawati.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka.

Cipta Darmasyah. 2011. Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.

De Porter, Bobi Mark Reordon dan Sarah Singernoure, 2003. Quantum Learning: Mempraktikan Quantum Learning Diruang-ruang kelas. Bandung: Kaifa Press.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Djamarah Syaiful Bahri. 1996. Strategi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fraenkel, Jack. R., and Norman E. Wallen. 2006. How to Design and Evaluate Research in Education 8th Edition. Boston: McGraw-Hill Higher.

Hapsari, Sri. 2007. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Grasindo.

Hardwinoto dan Setiabudhi. 2006. Anak Unggul Berotak Prima. Jakarta: Gramedia.

Syahrul. 2013. Penerapan Metode Fun Learning untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VII. Jurnal Pendidikan.

Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Indrahayu Sri, 2010. Peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan metode Fun learning. Malang: UM Press.

Kritiyono, H. (2008). Penelitian Mahir Perkalian dan Pembagian Bilangan Dasar Mahir Perkalian dan Pembagian Bilangan Dasar Melalui Metode Permainan Kartu. Jurnal Pendidikan, (10), 115.

Leni Layyinah. 2004. Menciptakan Pembelajaran Fun Learning Based On Scientifitic Approach. Jurnal Pendidikan.

Mikarsa, HL. dkk. 2007. Pendidikan Anak SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nana Sudjana. 2017. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Algesindo.

Nasution. 1994. Metode Research. Jakarta. Bumi Aksara

Purwanto, 1990. Pisikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rasdakarya.

Risnawati. 2010. Meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia melalui pendekatan CTL. Malang: UM Press.

Reigeluth, M. C. 1999. Instructional-Design Theories and Models. Volume II Paradigm of Instructional Theory. London: Lawrence Erlbaum Associates.

Samsudin, M. A., Tarbiyah, F., & Situbondo, I. S. (2018). Peranan motivasi dalam Kerajinan belajar siswa. Bandung: Edupedia Press.

Sanjaya. 2009. Kajian Kurikulum Dan Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Slameto, 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2022. Pengembangan Minat dan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sobel, M. A., & Maletsky, E. M. (2004). Mengajar Matematika. Jakarta: Erlangga Press.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Press.

Surya, Hendra. 2007. Percaya diri Itu Penting. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Published

2024-03-31

Issue

Section

Articles