PENGARUH MODEL FUN LEARNING TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 3 SUKAWATI
DOI:
https://doi.org/10.59672/emasains.v13i1.3609Keywords:
Fun Learning, Hasil Belajar, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Fun Learning terhadap hasil dan minat belajar matematika kelas X. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 3 Sukawati pada semester genap 2022/2023 yang memiliki sepuluh kelas dan dipilih 2 kelas secara random sampling sebagai sampel penelitian, satu kelas sebagai kelas eksperimen yang menerima perlakuan model Fun Learning dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang menerima perlakuan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Post Test Only Control Group Design. Analisis yang digunakan untuk hipotesis satu dan hipotesis dua ialah uji t-test dan analisis untuk hipotesis tiga ialah uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil antara kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 71,32 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 63,84. Pada minat belajar siswa juga memiliki perbedaan, kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 68,28 dan kelas kontrol dengan nilai 62,4. Dengan adanya perbedaan nilai hasil dan minat belajar antara model Fun Learning dan model pembelajaran konvensional, dapat disimpulkan jika model Fun Learning memiliki pengaruh terhadap hasil dan minat belajar matematika siswa di SMK Negeri 3 Sukawati.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka.
Cipta Darmasyah. 2011. Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.
De Porter, Bobi Mark Reordon dan Sarah Singernoure, 2003. Quantum Learning: Mempraktikan Quantum Learning Diruang-ruang kelas. Bandung: Kaifa Press.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Djamarah Syaiful Bahri. 1996. Strategi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fraenkel, Jack. R., and Norman E. Wallen. 2006. How to Design and Evaluate Research in Education 8th Edition. Boston: McGraw-Hill Higher.
Hapsari, Sri. 2007. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Grasindo.
Hardwinoto dan Setiabudhi. 2006. Anak Unggul Berotak Prima. Jakarta: Gramedia.
Syahrul. 2013. Penerapan Metode Fun Learning untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VII. Jurnal Pendidikan.
Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
Indrahayu Sri, 2010. Peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan metode Fun learning. Malang: UM Press.
Kritiyono, H. (2008). Penelitian Mahir Perkalian dan Pembagian Bilangan Dasar Mahir Perkalian dan Pembagian Bilangan Dasar Melalui Metode Permainan Kartu. Jurnal Pendidikan, (10), 115.
Leni Layyinah. 2004. Menciptakan Pembelajaran Fun Learning Based On Scientifitic Approach. Jurnal Pendidikan.
Mikarsa, HL. dkk. 2007. Pendidikan Anak SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nana Sudjana. 2017. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Algesindo.
Nasution. 1994. Metode Research. Jakarta. Bumi Aksara
Purwanto, 1990. Pisikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rasdakarya.
Risnawati. 2010. Meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia melalui pendekatan CTL. Malang: UM Press.
Reigeluth, M. C. 1999. Instructional-Design Theories and Models. Volume II Paradigm of Instructional Theory. London: Lawrence Erlbaum Associates.
Samsudin, M. A., Tarbiyah, F., & Situbondo, I. S. (2018). Peranan motivasi dalam Kerajinan belajar siswa. Bandung: Edupedia Press.
Sanjaya. 2009. Kajian Kurikulum Dan Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Slameto, 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2022. Pengembangan Minat dan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sobel, M. A., & Maletsky, E. M. (2004). Mengajar Matematika. Jakarta: Erlangga Press.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Press.
Surya, Hendra. 2007. Percaya diri Itu Penting. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.