Penerapan Analisis Regresi Linier Berganda pada Kualitas Audit Aparat Pengawas Intern Pemerintah Kabupaten Gianyar

Authors

  • Ni Putu Lion Budanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Ayu Mirah Mariati Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v13i1.3607

Keywords:

Regresi Berganda, Kualitas Audit

Abstract

Analisis statistika yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Regresi linear berganda merupakan model regresi yang melibatkan lebih dari satu variabel independen. Analisis regresi linear berganda dilakukan untuk mengetahui arah dan seberapa besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu religiusitas (RE), kompetensi (KT), integritas (IT), dan lingkungan pengendalian (LP) sedangkan untuk variabel dependen yaitu kualitas audit (KA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh religiusitas, kompetensi, integritas dan lingkungan pengendalian terhadap kualitas audit Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kabupaten Gianyar. Populasi penelitian ini adalah seluruh APIP yang ditugaskan pada melaksanakan pengawasan pengambilan, pemeriksaan dan pemantauan di Inspektorat Kabupaten Gianyar. Teknik sampel yang digunakan adalah non-probability sampling yaitu pengambilan sampel jenuh atau sensus. Hasil penelitian menunjukkan Kompetensi berpengaruh terhadap kualitas audit. Hal tersebut berarti bahwa semakin rendah kompetensi Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) maka kualitas audit yang dihasilkan oleh APIP Kabupaten Gianyar akan semakin menurun. Integritas berpengaruh positif terhadap kualitas audit. Hal tersebut semakin tinggi integritas seorang Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) maka semakin meningkat kualitas audit yang dihasilkan oleh APIP Kabupaten Gianyar. Religiusitas tidak berpengaruh terhadap kualitas audit. Hal tersebut berarti bahwa baik atau buruk religiusitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) tidak beperngaruh terhadap kualitas audit yang dihasilkan oleh APIP Kabupaten Gianyar. Lingkungan pengendalian tidak berpengaruh terhadap kualitas audit. Hal tersebut berarti baik atau buruk lingkungan pengendalian Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) tidak bepengaruh terhadap kualitas audit yang dihasilkan oleh APIP Kabupaten Gianyar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bali Post.Com. 2017. Buntut Ott Kadis Pmpptsp Gianyar Jadi Tersangka. Http://Www.Balipost.Com/News/2017/06/17/11906/Buntut-Ott,Kadis- Pnpptsp-Gianyar.Html. Diakses 12 Maret 2023.

Fitrianingsih, D., Kusmiyatun. (2022). Pengaruh Tenure Audit, Fee Audit dan Spesialisasi Auditor terhadap Kualitas Audit, Jurnal Teori Akuntansi dan Keuangan, 1(1), 43-51.

Hairuddin, S.W. (2022). Pengaruh Moral Reasoning, Religiusitas dan Disfungsional terhadap Kualitas Audit pada Kantor Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(2), 590-596.

Nainggolan, B., Rachbini, W., Pancasila, U., Akuntansi, M., & Pancasila, U. (2019). Pengaruh Kompetensi , Independensi Dan Religiusitas Auditor Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Riset Akuntansi Dan Perpajakan, 6(1), 75–84.

Rustiarini, N. W., Dewi, N. P. S., & Nyoman, J. I. A. (2021). Pengaruh Kecermatan Profesional, Lingkungan Pengendalian, Religiusitas Dan Etika Terhadap Kualitas Audit Aparat Pengawas Intern Pemerintah Kabupaten Gianyar. Prosiding Webinar & Call Paper “Perencanaan Keuangan Pasca Pandemi Covid-19", May.

Suharti, & Yusrizal. (2019). Model Peningkatan Kualitas Audit Melalui Kecermatan Profesional, Kompetensi Dan Etika Auditor Internal Di Bpkp Propinsi Riau. Costing:Journal Of Economic, Business And Accounting, 3, 1–9. Https://Doi.Org/.1037//0033-2909.I26.1.78

Wicaksono, D. (2018). Pengaruh Kompetensi, Independensi, Etika Auditor, Dan Kecermatan Profesional Pada Kualitas Audit Aparat Inspektorat Jenderal Kementerian Sosial Ri. Jurnal Mitra Manajemen, 2(5), 425–437. Https://Doi.Org/10.52160/Ejmm.V2i5.133.

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles