Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.59672/emasains.v13i2.3606Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, stad, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Bakat Numerik, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA1 di SMAN 3 Denpasar pada mata pelajaran Matematika dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes dan analisis hasil dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Peningkatan yang pertama terjadi pada Siklus I yakni persentasi siswa yang tuntas sebanyak 38,89% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 77,78%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa pada Siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan klasikal yang mencapai target yang ditetapkan. Penerapan Model STAD membuktikan efektivitasnya dalam merangsang kolaborasi antar siswa, memperdalam pemahaman konsep matematika, dan menciptakan atmosfer belajar yang aktif dan positif. Implikasi penelitan ini memberikan kontribusi pada pemahaman lebih lanjut mengenai potensi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar Matematika di tingkat Sekolah Menengah Atas.
Downloads
References
Artiasih, Ni Made. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa kelas VI SD Negeri 1 Padangbulia semester II tahun Pelajaran 2016/2017.PTK.Padangbulia: SD Negeri 1 Pa-dangbulia.
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62.
Darna, Made. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 3 Gitgit semester II tahun pelajaran 2016/2017. PTK. Gitgit: SD Negeri 3 Gitgit
Jayantika, dkk. (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kecemasan dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, IX (2), 277.
Jayantika, dkk. (2022). Media Pembelajaran berbasis Edpuzzle Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, XI (2). 85.
Lastia, I. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa. Mimbar Pendidikan In-donesia, 1(3), Desember.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6). https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9498/7322
Rasmini, Ni Luh. (2010). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement Division (STAD). Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas.
Setiawati, S. M. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar?. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 35(1), 32. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/helper/article/view/1458/1278
Sudana, Putu Ari & Wesnawa, I Gede Astra. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1-8.
Sudjana, Nana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suladri, Ketut. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas VI SD No. 1 Panji Anom Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. PTK. Panji Anom: SD no. 1 Panji Anom.
Surat, dkk. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Ak-tivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik kelas VII SMP Nasional Denpasar. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, X (1).229.
Wijaya, H., & Arismunandar. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 176. https://www.neliti.com/publications/265649/pengembangan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad-berbasis-media-sosial
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.