Peningkatan Kemampuan Membuat Perangkat Pembelajaran Inovatif Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori I Angkatan III, Dengan Penguatan Mata Kuliah Pendalaman Materi, dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran IKIP Saraswati Tahun Akademik 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.59672/emasains.v13i1.3595Keywords:
Perangkat Pembelajaran Inovatif,, Pendalaman Materi, PPGAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penyusunan perangkat pembelajaran inovatif dengan penguatan mata kuliah pendalaman materi dan pengembangan perangkat pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplorasi. Subyek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori I Angkatan III IKIP Saraswati Tahun Akademik 2023/2024 sebanyak 9 orang. Data penelitian berupa kemampuan pembuatan perangkat pembelajaran diperoleh dengan instrumen penilaian yang berupa lembar observasi. Tehnik analisis data dengan analisa kualitatif. Dari pembelajaran penguatan mata kuliah pendalaman materi dan pengembangan perangkat pembelajaran diperoleh hasil terjadi peningkatan nilai rata-rata untuk kemampuan penyusunan Perangkat Pembelajaran 75, 42 menjadi 85.64 sehingga mengalami peningkatan sebesar 10,22 atau sebesar 13,5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penguatan mata kuliah pendalaman materi dan pengembangan perangkat pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penyusunan perangkat pembelajaran inovatif
Downloads
References
Arikunto, Suharsini. (2023). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Aqib, Zainal. (2021). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Jakarta : Yrama Widya
Depdiknas, P. K. B. (2013). Penilaian Proses Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
Haryanto. (2020). Merancang Pembelajaran Yang Kreatif dan Inovatif. https://smpn2jenawi.sch.id/read/16/merancang-pembelajaran-yang-kreatif-dan-inovatif
Kemdikbud. 2023. Buku Pintar PPG Dalam Jabatan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kemdikbud. 2023. PPG Dalam Jabatan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Mudlofir, Ali. (2019). Pendidik Profesional. Jakarta : Rajagrafindo Persada.
Mulyatiningsih, Endang. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Jakarta: Alfabeta
Prisuna, Bayu Fitriana. 2019. Persepsi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan terhadap Efektifitas Pembelajaran Daring Menggunakan Learning Management System (LMS). Diakses pada tanggal 2 Maret 2024. https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/view/47887
Undang-undang No.20 tahun 2003. (2003). Sistem Pendidikan Nasional.
Yusuf, Syamsu. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Zulfitri, Hanifa. 2019. Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. Diakses pada tanggal 1 Maret 2024. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/lingua/article/view/11095
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.