Peningkatan Kemampuan Membuat Perangkat Pembelajaran Inovatif Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori I Angkatan III, Dengan Penguatan Mata Kuliah Pendalaman Materi, dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran IKIP Saraswati Tahun Akademik 2023/2024

Authors

  • Ni Wayan Dian Permana Dewi IKIP Saraswati
  • Ni Made Serma Wati IKIP Saraswati Tabanan
  • I Made Sudiana IKIP Saraswati Tabanan

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v13i1.3595

Keywords:

Perangkat Pembelajaran Inovatif,, Pendalaman Materi, PPG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penyusunan perangkat pembelajaran inovatif dengan penguatan mata kuliah pendalaman materi dan pengembangan perangkat pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplorasi. Subyek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori I Angkatan III IKIP  Saraswati Tahun Akademik 2023/2024 sebanyak 9 orang. Data penelitian berupa kemampuan pembuatan perangkat pembelajaran diperoleh dengan instrumen penilaian yang berupa lembar observasi. Tehnik analisis data dengan analisa kualitatif. Dari pembelajaran penguatan mata kuliah pendalaman materi dan pengembangan perangkat pembelajaran diperoleh hasil terjadi peningkatan nilai rata-rata untuk kemampuan penyusunan Perangkat Pembelajaran 75, 42 menjadi 85.64 sehingga mengalami peningkatan sebesar 10,22 atau sebesar 13,5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penguatan mata kuliah pendalaman materi dan pengembangan perangkat pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penyusunan perangkat pembelajaran inovatif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsini. (2023). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. (2021). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Jakarta : Yrama Widya

Depdiknas, P. K. B. (2013). Penilaian Proses Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Haryanto. (2020). Merancang Pembelajaran Yang Kreatif dan Inovatif. https://smpn2jenawi.sch.id/read/16/merancang-pembelajaran-yang-kreatif-dan-inovatif

Kemdikbud. 2023. Buku Pintar PPG Dalam Jabatan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kemdikbud. 2023. PPG Dalam Jabatan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Mudlofir, Ali. (2019). Pendidik Profesional. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Mulyatiningsih, Endang. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Jakarta: Alfabeta

Prisuna, Bayu Fitriana. 2019. Persepsi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan terhadap Efektifitas Pembelajaran Daring Menggunakan Learning Management System (LMS). Diakses pada tanggal 2 Maret 2024. https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/view/47887

Undang-undang No.20 tahun 2003. (2003). Sistem Pendidikan Nasional.

Yusuf, Syamsu. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Zulfitri, Hanifa. 2019. Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. Diakses pada tanggal 1 Maret 2024. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/lingua/article/view/11095

Published

2024-03-31

Issue

Section

Articles