Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 14 Denpasar

Authors

  • Ni Made Novi Ayu Asrini Asrini a:1:{s:5:"en_US";s:35:"Universitas PGRI Mahadewa Indonesia";}
  • I Dewa Putu Juwana
  • I Made Sudiarta

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v13i2.3437

Keywords:

Make A Match, Aktivitas Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi teorema Pythagoras melalui penerapan model pembelajaran Make A Match. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah 42 orang siswa kelas VIII-F SMPN 14 Denpasar, yang terdiri dari 20 orang laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar. Data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui klasifikasi aktivitas belajar pada tiap siklus. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah diperolehnya persentase hasil analisis data aktivitas belajar siswa dalam kategori minimal baik. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terjadi peningkatan pada aktivitas siswa dari siklus I yaitu 58,8% yang berada pada kategori cukup baik menjadi 76,2% pada siklus II yang berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII-F SMPN 14 Denpasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Indrastuti, W., Utaya, S., & Irawan, E. B. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 1037-1042.

Muhammedi. (2016). Perubahan Kurikulum di Indonesia: Studi Kritis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam yang Ideal. Jurnal Raudhah, 4(1), 49-70.

Muntoha, H. D. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA N 14 Semarang. Economic Education Analysis Journal, 2(2), 39-45.

Paneo, F. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Taluditi Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 25-30.

Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 102-111.

Rosidha, A. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Make A Match Berbasis Media Kartu Pintar. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 393-401.

Sari, A. (2019). Penerapan Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Ekonomi SMAS Mujahidin Pontianak.

Sitorus, F. R., Waruwu, K. K., & Febry, A. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan West Science, 1(6), 328-334.

Tarigan, D. (2014). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. Jurnal Kreano, 5(1), 56-62.

Widayanti, A., & Sukirno. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Teknik Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 57-66.

Published

2024-09-25