Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII E di SMPN 14 Denpasar

Authors

  • I Dewa Putu Juwana
  • Rafli Aditya Rahman Muhammad Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Sudiarta I Made Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v13i1.3432

Keywords:

Model Teams Games Tournamen (TGT), Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar.

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII E di SMPN 14 Denpasar. Melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada Pembelajaran Matematika. Tempat pelaksanaan penelitian di SMPN 14 Denpasar dengan melibatkan subyek penelitian siswa kelas VIII E sebanyak 42 orang. Metode  penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar. Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian tindakan kelas didapatkan hasil bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada Pembelajaran Matematika kelas VIII E di SMPN 14 Denpasar dapat meningkatkan  hasil  belajar  peserta didik. Hal ini  terbukti dari adanya peningkatan hasil data penelitian dimana peningkatan yang pertama terjadi pada Siklus I yakni persentase siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 62% dari yang sebelumnya ketika prasiklus hanya sebesar 21%. Kemudian ketuntasan siswa meningkat kembali pada siklus II menjadi 86%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprida Pane (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. Vol. 03 No. 2 Desember 2017e-ISSN : 2460-2345, p-ISSN: 2442-6997.

As’idah., N. (2021). Penggunaan Model Team Game Tournament (TGT) Berbantuan Media LKS Dan Kartu Soal Untuk Meningkatkan Keaktivan Dan Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Trigonometri Mata Pelajaran Matematika Bagi Peserta Didik Klas X TBSM 1 SMK Negeri 1 Tonjong Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019. ORBITH, 17 (1). 46-55

Aunurrahman (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Dimyati (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Hadi, S. (2005). Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin Tulip Banjarmasin.

Hamalik Oemar (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara, 30.

Imdriyani (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Kemampuan Kerjasama. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN IPA, Volume 5 No 1

Jihad, Asep Drs & Haris, Abdul Dr. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Jihad, Asep & Haris, Abdul (2013). Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Multi pressindo.

Nasution, S (1990). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: Bina Aksara, 21.

Pristiwanti (2022). Pengertian Pendidikan, Jurnal Pendidikan dan Konseling.

Purnamasari (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Kemandirian Belajar Dan Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Vol. 1 No. 1, 2014, artikel 2

Rusman (2014). Model-model Pembelajaran, Jakarta: PT. Rajagrafindo.

Sanjaya, Wina (2014). Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Slavin, R.E. (2009). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Slavin E. Robert.(2015). Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung. Nusa Media.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 7.

Sudrajat. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sumantri Moh. Syarifi (2015). Strategi Pembelajaran. Kota Depok: PT Rajagrafindo,

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Winkel,W.S. (1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia, 17.

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran. Jakarta: Ipa Abong.

Published

2024-03-24

Issue

Section

Articles