Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMAN 1 Mengwi

Authors

  • I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Uchi Yushi Ari Sudina Ni Wayan Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ayu Oktapani Komang Ayu Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v13i1.3428

Keywords:

Numbered Head Together, NHT, Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik di kelas XI B4 SMAN 1 Mengwi dengan menerapkan model Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI B4 SMAN 1 Mengwi sebanyak 38 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan pada persentase ketuntasan klasikal dari 13,16% pada tes kemampuan awal menjadi 52,63% pada akhir Siklus I. Setelah melakukan refleksi pada proses pembelajaran Siklus I dan dilakukan perbaikan pada proses pembelajaran Siklus II, maka terjadi peningkatan hasil belajar menjadi 81,58% pada akhir Siklus II. Peningkatan hasil belajar yang terjadi pada setiap siklusnya berhubungan erat dengan pembentukan kelompok heterogen yang mendukung terjadinya proses tutor sebaya, pembagian tugas dan tanggung jawab yang merata dalam kelompok, serta alokasi waktu yang cukup untuk melakukan drilling soal. Selain itu, sistem presentasi tunjuk acak oleh guru juga memotivasi siswa untuk berusaha semaksimal mungkin untuk dapat mengerti hasil diskusi kelompok. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas XI B4 SMAN 1 Mengwi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Sultan Agung Press.

Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Haerullah, A., & Hasan, S. (2017). Model dan Pendekatan Pembelajaran Inovatif (Teori dan Aplikasi). Bantul: Lintas Nalar.

Jayantika, I. G. A. N. T., & Andini, N. M. P. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Edpuzzle pada Pembelajaran Matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 11(2), 85-96.

Jayantika, I. G. A. N. T., Parmithi, N., & Purwaningsih, D. N. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kecemasan dan Hasil Belajar Matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 276-287.

Mahendra, I. W. E, Jayantika, I. G. A. N. T., & Sulistyani, N. W. R. (2019). HOTS-Speed Test untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Analisis Peserta Didik. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 93-101.

Marhadi, H. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vd SDN 184 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 73-81.

OECD. (2022, Desember 4). Indonesia Student Performance (PISA 2022). Diambil kembali dari OECD Better Policies for Better Lives: https://gpseducation.oecd.org/CountryProfile?primaryCountry=IDN&treshold=10&topic=PI

Surat, I. M., Jayantika, I. G. A. N. T., & Basar, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Nasional Denpasar. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 10(1), 228-236.

Yenni, R. F. (2016). Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) dalam Pembelajaran Matematika. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33-42.

Zainuri, A., Aquami, & AnNur, S. (2021). Evaluasi Pendidikan (Kajian Teoritik). Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Published

2024-03-24

Issue

Section

Articles