Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Geogebra Terhadap Hasil Belajar Kelas VIII SMP N 1 Kuta Utara
DOI:
https://doi.org/10.59672/emasains.v12i2.3015Keywords:
Hasil Belajar, PBL , Geogebra.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis geogebra terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Kuta Utara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental dengan desain Posttest Only Control Grup. Populasi penelitian ini seluruh kelas VIII sebanyak 13 kelas yang totalnya 442 orang. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Setelah dilakukan dengan teknik Random Sampling didapat dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Analisis datanya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas varians dan uji hipotesis. Hasil uji normalitas menunjukkan yaitu 2,974 < 11,07 pada kelompok eksperimen dan yaitu 3,42 < 11,07 pada kelompok kontrol. Selanjutnya uji homogenitas varians menunjukkan < yaitu 1,25 < 1,77 dan uji hipotesis menunjukkan > yakni 2,153 > , ditolak dan diterima. Dari perhitungan penelitian tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis geogebra lebih tinggi dibanding pembelajaran konvensional. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis geogebra lebih baik terhadap hasil belajar siswa SMP N 1 Kuta Utara
Downloads
References
Br SITINJAK, N. A. T. A. L. I. A. (2018). Perbedaan Kemampuan Spasial Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pembelajaran Penemuan Terbimbing Di Kelas IX SMP SWASTA RK DELI MURNI BANDAR BARU (Doctoral dissertation, UNIMED).
Damarjati, A. U., Wanabuliandari, S., & Rahayu, R. (2022). Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Tingkat Metakognitif. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT) (pp. 149-160).
Harususilo, Yohanes Enggar. (2019).“Skor PISA Terbaru Indonesia”.https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/04/13002801/skor-pisa-terbaru-indonesia-ini-5-pr-besar-pendidikan-pada-era-nadiem-makarim?page=all (Pada tanggal 09 Oktober 2020).
Khasanah, U., & Nugraheni, E. A. (2022). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Vll Pada Materi Segiempat Berbantuan Aplikasi Geogebra di SMP Negeri 239 Jakarta. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 181-190.
Khoiri, W., Rochmad, R., & Cahyono, A. N. (2013). Problem based learning berbantuan multimedia dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1).
Rais, A. A., & Suswanto, H. (2017). Perbandingan Implementasi Model Problem Based Learning Dan Direct Instruction Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(8), 1043-1049.
Rusman. (2012) .Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Santyasa. I W. 2011. Pembelajaran inovatif. Buku ajar Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Sanjaya, Wina. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.. 2010. Penelitian Kelas. Kencana: Jakarta.
Simbolon, A. K. (2020). Penggunaan Software Geogebra Dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Pada Pembelajaran Geometri di SMPN2 Tanjung Morawa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1106-1114.
Sugianto, L., Ilyas, M., & Ma’rufi, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Terintegrasi Kecerdasan Emosional dan Karakter. Al-Khawarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 61-76.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV ALFABETA
Suputra, K. Y., Sujana, I. W., & Darmawati, I. G. A. P. S. (2021). Penerapan model problem based learning berbantuan geogebra meningkatkan hasil belajar matematika. Journal of Education Action Research, 5(3), 423-431.
Widayanti, R., & Dwi Nur’aini, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1), 12.
Zendrato, N., Zebua, Y., & Harefa, E. B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Prinsip-Prinsip Teknik Pengukuran Tanah. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 544-551.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.