Implementasi Model Problem Based Learning Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 8 Denpasar

Authors

  • I Wayan Widana Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Indah Ayu Prajna Santi Kusuma Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v12i2.2829

Keywords:

Problem Based Learning, Berdiferensiasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model problem-based learning berdiferensiasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini ialah siswa kelas VIII B SMP Negeri 8 Denpasar sebanyak 39 siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Data hasil belajar matematika siswa dikumpulkan menggunakan tes uraian. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar matematika siswa meningkat dari refleksi awal ke siklus I dan siklus II. Dengan Kriteria Ketuntasan Minimum sebesar 75, pada refleksi awal hasil belajar siswa masih berada pada kategori tidak tuntas, yaitu sebesar 34,23. Kemudian pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 76,69 yang berada pada kriteria tuntas. Pada siklus II diperoleh rata-rata nilai sebesar 84,23 yang sudah berada pada kategori tuntas. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari siklus I sebanyak 30 siswa (76,92%) menjadi 36 siswa (92,31%) pada siklus II. Peningkatan yang terjadi menunjukkan bahwa model problem-based learning berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfian, E., Kaso, N., Raupu, S., & Arifanti, D. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Brainstorming Dalam Effectiveness of Brainstorming Learning Model in Improving Students ’ Mathematics Learning Outcomes. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 54–64.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Junaedi, I. (2019). PENDALAMAN MATERI MATEMATIKA MODUL 1 GEOMETRI. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayan.

Kamal, S. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 8 BARABAI. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan, 1(1), 1–12.

Lubis, M. A., & Azizan, N. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 07 MEDAN PERJUANGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Pai, 5(2), 87–92.

Muslimin, Hirza, B., Septra Nery, R., Elfira Yuliani, R., Supriadi, A., Desvitasari, T., & Khairani, N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(2), 22–32.

Paloloang, M. F. B. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran Di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 69–82.

Purna, I. K., Andriyani, & Nugroho, B. A. (2022). An Analysis of Problem-solving Skills and Self-efficacy of Grade 8th Students in Statistics Learning. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 44–52. https://doi.org/https://doi.org/10.35747/t.v4i1.319

Rahayu, R. M., & Bernard, M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Melalui Pendekatan Problem-Based Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 567–578. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10235

Ramlawati, Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 6(1), 1–14. http://ojs.unm.ac.id/sainsmat/article/download/6451/3684

Rompis, F. F. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. Jurnal Dikdaktika Pendidikan Dasar, 7(1), 219–236. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i1.1054

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal Of Mathematics Education And Science), 2(1), 58–67. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/117%0Ahttps://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/download/117/94

Sriwati, G. A. P. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 302–313. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i1.4787

Supardi, S. U. S. (2015). Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Interaksi Tes Formatif Uraian dan Kecerdasan Emosional. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 78–96. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.115

Syarifuddin, S., & Nurmi, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 35–44. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.184

Yanti, A. H. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 118–129.

Published

2023-09-25