Penerapan Metode Tanya Jawab Berbantuan Sketchfab Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA 3 Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.59672/emasains.v12i2.2825Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk penerapan metode tanya jawab berbantuan Sketchfab meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 3 tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini yaitu penelitian metode penelitian yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tahapan (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan menggunakan metode tanya jawab berbantuan Sketchfab bertempat di SMA Negeri 11 Denpasar terdiri dari 2 Siklus yang terdiri dari asinkronus dan sinkronus dengan subjek peserta didik kelas XI MIPA 3. Analisis dilakukan secara kuantitatif dan deskriptif. Hasil belajar dikatakan terjadi peningkatakan jika hasil belajar dikatakan berhasil bila rata-rata hasil belajar biologi peserta didik ≥ 75. Pada data awal didapati bahwa hasil nilai rata-rata yaitu 55 didapati 11 orang peserta didik tuntas (34%) dikategorikan kurang dan sebanyak 21 orang peserta tidak tuntas (65%). Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 81 dengan 26 orang peserta didik tuntas (81%) dikategorikan baik sekali dan sebanyak 6 orang peserta tidak tuntas (18%). Siklus II nilai rata-rata sebesar 75 dengan 25 orang peserta didik tuntas (78%) dikategorikan baik sekali dan sebanyak 7 orang peserta tidak tuntas (21%). Saran dari penelitian ini adalah soal yang dibuat harus menyesuaikan dengan topik pembahasan saat pembelajaran dan level kognitif harus disesuaikan dengan waktu pembelajaran dan di kontestualkan berdasarkan permasalahan yang ada. Berdasarkan hasil tersebut penerapan metode tanya jawab berbantuan Sketchfab dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 3 Tahun Ajaran 2022/2023
Kata-Kata Kunci: Metode Tanya Jawab, Hasil Belajar, Sketchfab
Downloads
References
Abdika, Y., Arham, M.A., & Sudirman. 2019. Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal. 1(2). 44-50
Ahmad, S. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Cahyani, I. R. 2020. Pemanfaatan Media Animasi 3D di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan. 5(1): 57-65
Effendi, E., & Darmawan, D. 2020. Efektivitas Metode Tanya Jawab Berbasis Google Classroom dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 4(1): 39-48.
Ghufron, A. 2020. Penerapan Metode Tanya Jawab dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 6(1):28-32.
Handayani, D. 2022. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Tanya Jawab Kritis pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan. 2(1): 98-104
Hidayat, A. R., & Siti, A. 2019. Pengaruh Penerapan Metode Tanya Jawab terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 8(2):68-74.
Priyatmojo .2010. Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Student Centered Learning Berbasis Handout Pada Kompotensi Dasar Mendiskripsikan Permasalahan Lingkungan Hidup dan Upaya Penanggulangannya Dalam Pembangunan Berkelanjutan Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ungaran. Skripsi. Universitas Negeri Semarang
Ramli, M., & Amin, M. 2020. The Use of Questioning Technique in English Classrooms. Arab World English Journal. 11(3):400-408.
Riduwan. 2009. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Risdianto, T. 2019. Dasar Animasi 3D (1st ed.). Bintang Litera.
Simbolon, H. 2014. Pemanfaatan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Recount Bagi Kelas IX E Di SMP 5 Kota Sorong Tahun 2012. Journal Surya. 4(1): 44-52
Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukriyatun, G. 2016. Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS (Sejarah) Di Kelas 9.1 Tentang Perang Dunia II, Di SMPN 16 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Jurnal Pendidikan dan Sejarah. 11(2): 58-64
Susanti, R. 2022. Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Online Pai Melalui Metode Tanya Jawab Pada Siswa KelaS VIII3 DI SMP Negeri I Ujung Padang Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal ANSIRU PAI 5(2):208-215
Susanto. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 13(2):23-34.
Suwela, I.G.M. 2018. Efektivitas Penerapan Metode Tanya Jawab dengan Variasi Media Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PKN Khusus dalam Materi Ideologi Pancasila. Journal of Education Action Research. 2(4):409-414
Wulandari, Z. F. 2018. Pemanfaatan Media Animasi 3 Dimensi (3D) pada Materi Sistem Reproduksi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMAN 2 Tapaktuan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.