Efek Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Keanekaragaman Hayati Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • subrata I Made Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Rai I Gusti Ayu Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ngongo Dorkas Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7861114

Abstract

Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek model pembelajaran Prolem Based Learning terhadap minat dan hasil belajar keanekaragaman hayati peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Denpasar tahun 2021/2022. Jenis penelitian ini tergolong eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Denpasar yang terdiri dari 8 kelas, dengan total keseluruhan 358 peserta didik. Sampel yang di ambil dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu satu kelas sebagai kelompok eksperimen sebanyak 46 peserta didik dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Sampel diambil secara random. Data yang diperoleh berupa skor minat belajar yang dikumpulkan menggunkan metode angket dan hasil belajar keanekaragaman hayati peserta didik yang dikumpulkan menggunakan metode tes. Analisis data menggunakan uji t-test dan uji MANOVA. Berdasarkan analisis data diperoleh : 1) Ada efek model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Denpasar tahun pelajaran 2021/2022. 2) Ada efek model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar keanekaragaman hayati peserta didik   kelas X SMA Negeri 2 Denpasar tahun pelajaran 2021/2022. 3) Ada efek secara simultan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat dan hasil belajar keanekaragaman hayati peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Denpasar tahun pelajaran 2021/2022.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asegaff A. dan U. T. Sontani, 2016. Upaya meningkatkan kemampuan berfikir analitis melalui model problem based learning (PLB) (Improved ability to analytical thinking with a problem based learning model) . Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1 No. 1, Agustus 2016, Hal. 38-48 Availabel online at: http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000

Candiasa. 2010. Statistik Multivariat disertai petunjuk analisis dengan SPSS. Bali:

Undiksha.

Ginanjar, L.A. 2015. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Di Kelas Xi SMK Negeri 3 Surabaya . Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, https://media.neliti.com/media/publications/249473-penerapan-model-problem-based-learning-u-7d25342b.pdf

Kunandar. 2011. Guru Profesional . Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Qomariyah W., M.H.I.Al Muhdhar dan E. Suarsini, 2018. Implementasi Modul Berbasis Problem Based Learning Dengan Metode Sq3r Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Vol 3 No 8. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12134

Risdayanti R., 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas X Mia SMA Negeri 19 Gowa, Digital Library Unismuh Makasar https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/18745-Full_Text.pdf

Sadirman. 2011. Interaksi dan motivasi belajar mengajar . Jakarta: Rajawali Pres.

Subrata, I M. dan N. M. A. W. S. Wijayanti, 2018. Pemanfaatan Lapangan Rumput sebagai Sumber Belajar pada Materi Plantae Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 1 Abiansemal Tahun Pelajaran 2015/2016. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/78/68

Subrata, I M. dan I G.A. Rai, 2019. Aktivitas Fungisida Ekstrak Daun Sirih (Piper Betle L.) Kultivar Beleng terhadap Jamur Fusarium Oxysporum f.sp. Vanillae Penyebab Penyakit Busuk Batang pada Vanili. Jurnal EMASAINS P-ISSN 2302-2124 Volume VIII Nomor 1 Maret Tahun 2019 E-ISSN 2622 8688. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/269/217

Subrata, I M. dan I G.A. Rai, 2022. Peranan Literasi Sains Dalam Pembelajaran Fisiologi Tumbuhan . Jurnal Widyadari Vol. 23 No 2 (Oktober 2022), e-ISSN: 2613-9308, p ISSN : 1907-3232 hal 329-339. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/2263/1668

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Taufikin Taufikin, 2017 Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Problem Based Learning, ThufuLA Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 5(1):204. https://www.researchgate.net/publication/342744974_Pembentukan_Karakter_Melalui_Pembelajaran_Problem_Based_Learning/link/5f0474c6a6fdcc4ca4530aa4/download

Trianto.2010. Mendesain model pembelajaran, inovatif, progresif dan kontekstual.

Jakarta.Prenadamedia.

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles