Penerapan Strategi Think-Talk-Write (TTW) Pada Materi Sistem Imun Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 11 Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7853164Keywords:
Aktivitas belajar, think-talk-writeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar biologi pada penerapan strategi think-talk-write pada siswa XI SMA Negeri 11 Denpasar tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Denpasar sebanyak 31 orang siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan lembar observasi selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran biologi pada materi sistem imun menggunakan strategi think-talk-write (TTW) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Denpasar. Pada siklus 1 Rata-rata aktivitas belajar pada materi sistem imun siswa sebesar 56,63% pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II sebesar 85,13% pada kategori sangat baik. Dengan demikian penerapan strategi think-talk-write pada mata pelajaran biologi materi sistem imun dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Negeri 11 Denpasar.
Kata kunci : Aktivitas belajar, think-talk-write
Downloads
References
Agung, A.A Gede. (2010). Metedologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.
Anwar, M., Angreany, F., Syaputra, A. F., & Hasmawati, H. (2020). Project Based Learning Model in Teaching Deutsch Fűr Tourismus for Foreign Language Students. Journal of Educational Science and Technology, 6(2), 217-223
Brazendale, K., Beets, M. W., Weaver, R. G., Pate, R. R., Turner-McGrievy, G. M., Kaczynski, A. T., Chandler, J. L, Bohnert, A., von Hippel, P. T. (2017). Understanding diference between summer vs. school obesogenic behaviors of children: the structured days hypothesis. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 14(1)
Candiasa, I. M. (2010). Statistik Univariat an Brivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Fatmawati, D. N., Santosa, S., & Ariyanto, J. (2013). Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi Siswa Kelas X-1 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Jurnal Bio-Pedagogi, 2 (1), 1-15
Kurniaman, O., Yuliani, T., & Mansur, M. (2018). Investigating Think Talk Write (TTW) learning model to enhance primary students’ writing skill. Journal of Teaching and Learning in elementary Education (JTLEE), 1(1), 52-59.
Kunandar. (2011). Guru Profesional (implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan {KTSP}). Jakarta: PT Rajawali PersKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ). Jakarta: Bumi Aksara
Kunandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada
Purwanto, N. (2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Depok, PT Rajagrafindo Persada
Suminar, R. P., & Putri, G. (2018). The effectiveness of TTW (Think-Talk-Write) strategy in teaching writing descriptive text. Academic Journal Perspective: Education, Language, and Literature, 2(2), 300-305
Supandi, S., Waluya, S. B., Rochmad, R., Suyitno, H., & Dewi, K. (2018). Think-Talk-Write Model for Improving Students' Abilities in Mathematical Representation. International Journal of Instruction, 11(3), 77-90
Supriadie, D. & Deni, D. (2012). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
UUD No. 20 Tahun (2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional
Suparya, I.K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Widyacara 2 (2)
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.