Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament pada Mata Pelajaran Biologi Kelas 11 Dapat Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa

Authors

  • Putu Diah Kirana Purnama Dewi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Juwana I Dewa Putu Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v12i2.2790

Keywords:

Teams Games Tournament, Keterampilan Kolaborasi Siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Kuta Utara tahun ajaran 2022/2023 dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi keterampilan kolaborasi siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa terjadi peningkatan keterampilan kolaborasi siswa dari siklus 1 ke siklus 2 dari aspek kerjasama (50% menjadi 77%), tanggung jawab (59% menjadi 74%), kompromi (57% menjadi 73%), komunikasi (56% menjadi 77%), dan fleksibilitas (57% menjadi 76%). Hasil sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan, yaitu persentase tiap aspek mencapai >60% sehingga membuktikan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament pada mata pelajaran biologi kelas 11 dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, A. N. (2019). Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IVB SDN Rejowinangun 1 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Chen, Y. S., Chou, C. H., & Chiu, H. Y. (2020). The Effect of TGT Cooperative Learning Strategy on Promoting Compromise Ability Among Elementary School Students in Taiwan. Eurasia Journal of Mathematics, Science, and Technology Education, 16(3).

Darmadi. (2018). Guru Abad 21 “Perilaku dan Pesona Pribadi” (Guepedia, Ed.). Guepedia.

Erviani, I., Hambali, H., & Thahir, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Berbantuan Media Kokami Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 2(3), 30–38. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/jrip.v2i3.680

Husamah, Arina Restian, & Rohmad Widodo. (2019). Pengantar Pendidikan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Ilmiyatni, F., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Lampung: Universitas Lampung.

Indriayu, M., Harini, Sudarno, Nugroho, J. A., & Octoria, D. (2022). Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Keterampilan Non Kognitif dapat Membentuk Generasi yang Job Creator. Yogyakarta: Deepublish.

Kurnia, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamentuntuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Surakarta. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JPMF), 2(8), 1–8.

Mahrun, Awaluddin, R., & Ardiansyah. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pedagogos : Jurnal Pendidikan STKIP Bima, 5(2), 61–72. https://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/gg/.

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish.

Pitriani, N., Noviati, P. R., & Juanda, R. Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Di Sekolah Dasar (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas II SD Negeri Sukasari Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2020/2021). PI-Math: Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, I(1). https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/pi-math.

Qisthi, N., & Diella, D. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Google Docs Terhadap Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Edu Sains, 10(2), 186–198. https://doi.org/https://doi.org/10.23971/eds.v10i2.3208

Rahmawati, A., Fadiawati, N., Diawati, C., Soemantri Brojonegoro No, J., & Lampung, B. (2019). Analisis Keterampilan Berkolaborasi Siswa SMA pada Pembelajarn Berbasis Proyek Daur Ulang Minyak Jelantah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 8(2). https://jurnal.fkip.unila.ac.id/

Saparuddin. (2022). Inovasi Pembelajaran (M. GH, Ed.). CV Jejak.

Sari, N., Ananda, R., Fauziddin, M., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Pendidikan, I., Pahlawan, U., & Tambusai, T. (2023). Meningkatan Keterampilan Kerjasama Siswa Melalui Model Pemebelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1548–1557. https://doi.org/10.35931/am.v6i1.1444

Simeru, A., Natusion, T., Takdir, Muh., Siswati, S., Susanti, W., Karsiwan, W., Suyani, K., Mulya, R., Friadi, J., & Nelmira, W. (2023). Model-Model Pembelajaran. Klaten: Lakeisha.

Toifur, A., & Kurniawan, W. D. (2022). Efektivitas Metode Pembelajaran Teams Games Tournament Efektivitas Metode Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa. JPTM, 11(2), 147–153.

Published

2023-09-29