Analisis Kesalahan Mahasiswa Menyelesaikan Soal dalam Mata Kuliah Geometri Transformasi Prodi Pendidikan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7914198

Keywords:

Kesalahan, Soal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesalahan mahasiswa menyelesaikan soal dalam Mata Kuliah Geometri Transformasi prodi pendidikan matematika Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Berdasarkan   rumusan   masalah   penelitian maka jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Karena dalam penelitian ini mengelola data data yang diperoleh dari responden berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti. Subjek penelitian adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika yang telah mengampuh mata kuliah Geometri Transformasi, dalam hal ini adalah mahasiswa angkatan 2020 yang berjumalah 8 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dengan membandingkan data hasil metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh persentase kesalahan konsep 70%, kesalahan prosedur 65% dan kesalahan perhitungan 57,5%. Berdasarkan  hasil dan pembahasan menunjukkan secara keseluruhan mahasiswa  lebih banyak melakukan kesalahan konsep, faktor yang mempengaruhi adalah mahasiswa yang kurang memahami materi yang terdapat dalam soal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. (2012). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. Jurnal Wacana Akademika, Vol 1 No. 2.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2014. Metode Peneliian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutisna. 2010. Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Yapia Parung-Bogor. Skripsi, dipublikasikan. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Widodo, S. A & Sujadi, A.A . 2015. “Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam

Memecahkan Masalah Trigonometri”. Jurnal Sosiohumaniora. (Online)

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles