Analisis Kesalahan Mahasiswa Menyelesaikan Soal dalam Mata Kuliah Geometri Transformasi Prodi Pendidikan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7914198Keywords:
Kesalahan, SoalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesalahan mahasiswa menyelesaikan soal dalam Mata Kuliah Geometri Transformasi prodi pendidikan matematika Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Berdasarkan rumusan masalah penelitian maka jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Karena dalam penelitian ini mengelola data data yang diperoleh dari responden berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti. Subjek penelitian adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika yang telah mengampuh mata kuliah Geometri Transformasi, dalam hal ini adalah mahasiswa angkatan 2020 yang berjumalah 8 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dengan membandingkan data hasil metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh persentase kesalahan konsep 70%, kesalahan prosedur 65% dan kesalahan perhitungan 57,5%. Berdasarkan hasil dan pembahasan menunjukkan secara keseluruhan mahasiswa lebih banyak melakukan kesalahan konsep, faktor yang mempengaruhi adalah mahasiswa yang kurang memahami materi yang terdapat dalam soal.
Downloads
References
Abdurrahman, M. (2012). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. Jurnal Wacana Akademika, Vol 1 No. 2.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2014. Metode Peneliian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutisna. 2010. Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Yapia Parung-Bogor. Skripsi, dipublikasikan. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Widodo, S. A & Sujadi, A.A . 2015. “Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam
Memecahkan Masalah Trigonometri”. Jurnal Sosiohumaniora. (Online)
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.