PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKARAN DI SMPN 8 DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.59672/emasains.v12i2.2781Keywords:
Motivasi Belajar, Mind Map, LingkaranAbstract
Abstrak. Motivasi siswa dalam belajar matematika dan guru cukup kurang membimbing serta memotivasi siswa dalam belajar matematika. Tujuannya untuk mengetahui penerapan model pembelajaran mind map dapat meningkatkan motivasi belajar untuk mata pelajaran matematika materi pokok lingkaran kelas VIII A di SMP Negeri 8 Denpasar. Penelitian tindakan kelas dengan Subjek siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Denpasar Tahun pelajaran 2022-2023 sebanyak 40 siswa terdiri dari 20 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. . Pada siklus I nilai rata- rata pada pertemuan 1 (32,5%) dan pertemuan 2 (55%) secara klasikal dinyatakan belum termotivasi karena persentase masih kurang dari 80%. Pada siklus II nilai rata-rata pada pertemuan 1 (82,2) dan pertemuan 2 (85) persentase yang dinyatakan termotivasi belajar sudah lebih dari 80%. Kata-Kata Kunci: Motivasi Belajar, Mind Map, LingkaranDownloads
References
August, F. M., & Ramlah, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Prosedur Polya. JIPMat, 6(1), 43–59. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8080
Cahirati, P. E. P., Makur, A. P., & Fedi, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika yang Menggunakan Pendekatan PMRI Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika adalah Realistic Matematic Education Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 227–238.
Depdiknas, P. K. B. (2007). Naskah akademik kajian kebijakan kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
Dewimarni, S. (2017). Kemampuan Komunikasi nan Pemahaman Konsep Aljabar Linear Mahasiswa Universitas Indonesia 'YPTK' Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 53-62.
Misel, ES. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Metoda Didaktik, 10(2), 27-36.
Moru, E K. (2014). Teacher Knowledge of Error Analysis in Differential Calculus. Journal Pythagoras, 35(2), 263-273. http://dx.doi.org/10.4102/pythagoras.v3512.263
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 6(2): 149-160.
Polya, G. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (Second ed). New Jersey: Princeton University Press.
Rahmawati I. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Jurnal MATHEdunesa, 2012;1(1).
Rambe, A. Y. F., & Afri, D. L. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 09(2), 175–187.
San Francisco Unified School District Mathematics Department. (2015). SFUSD Signature Strategy # 2: Three Read Protocol What is this strategy? Why would I use this strategy? When do I use this strategy? How do I use this strategy? Key Question: What is this situation about? Key Question: What are the quantities in the situation? Key Question: What mathematical questions can we ask about the situation? In summary: What the teacher does What the students do. June, 16–18.
Siahaan, Y. S. & Surya, E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP IT Nurul Fadhila Percut Sei Tuan. Artikel, Universitas Negeri Medan. https://www.researchgate.net/profile/Yulia-Siska/publication/325396489
Simon, M. A. (1995). Reconstructing Mathematics Pedagogy from a Constructivist Perspective. Journal for Research in Mathematics Education, 26(2), 114–145. https://doi.org/10.2307/749205
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Zulkardi. (2002). Developing Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Enschede: University of Twente.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.