Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Biologi Materi Sistem Eksresi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kuta Utara

Authors

  • I Putu Astawa Wiraguna Wiraguna a:1:{s:5:"en_US";s:35:"Universitas PGRI Mahadewa Indonesia";}
  • Sudiarsa I Wayan Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v12i2.2777

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Biologi materi sistem Ekskresi melalui model Discovery Learning. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kuta Utara di kelas XI Mipa 4 semester genap tahun ajaran 2022/2023 subjek berjumlah 45 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan,pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data aktivitas siswa dan analisis hasil belajar. Data aktivitas siswa dikumpulkan dengan metode observasi data aktivitas belajar siswa yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistsik deskriptif. Data aktivitas siswa secara individu dianalisis berdasarkan kemunculan tiap item aktivitas belajar yang dilakukan siswa selama proses pembelajaran. Sedangkan untuk mengukur data hasil belajar siswa menggunakan metode tes berupa butir-butir soal sesuai dengan pokok bahasan yang telah diberikan. Tes di berikan pada setiap akhir pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah,(1) Aktivitas siswa dalam penerapan model Discovery Learning di SMA Negeri 1 Kuta Utara mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 61 siklus II sebesar  77 dengan kategori baik. Sehingga model Discovery Learning cocok diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas yang akan membuat siswa lebih aktif. (2) Hasil belajar dalam penerapan model Discovery Learning di SMA Negeri 1 Kuta Utara mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 70 siklus II sebesar 87 dengan kategori sangat baik.Sehingga penerapan Discovery learning cocok di terapkan pada pembalajaran Biologi materi Sistem Eksresi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

 

 

Kata-Kata Kunci: Discovery Learning,Aktivitas Belajar,Hasil Belajar.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta

Fitri, M. (2015). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 3(2).

Isnaeni, W., & Christijanti, W. (2014). Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Discovery Learning. Journal of Biology Education, 3(3).

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23-29.

Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh model pembelajaran discovery learning.

Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 173-180.

Rudyanto, H. E. (2016). Model discovery learning dengan pendekatan saintifik bermuatan karakter untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 4(01).

Suprayanti, I., Ayub, S., & Rahayu, S. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 5 Jonggat Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(1), 30-35.

Susanti, E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Tentang Ipa Smp Advent Palu. JSTT, 5(3).

Widhiyani, P., & Sugiarti, T. (2013). Pembelajaran Matematika Melalui Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Sumbersari 02 Jember Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat Tahun Pelajaran 2012-2013

Published

2023-09-29