PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBANTUAN LKPD ONLINE (LIVEWORKSHEET) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Juwana I Dewa Putu Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Fitriana Aida Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v12i2.2765

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Liveworksheet, Motivasi, Matematika, Gaya Belajar

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 6 Denpasar melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan liveworksheet. Instrumen penelitian yang digunakan lembar observasi dan angket. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan tahapannya yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum penelitian dilaksanakan tingkat motivasi belajar Matematika siswa kurang, bahkan hanya terdapat 3 orang siswa yang menyukai Matematika. Pada siklus 1, motivasi belajar Matematika siswa berada pada kategori tinggi yaitu 76%, namun belum memenuhi indikator keberhasilan. Adapun pada siklus 2 tingkat motivasi belajar Matematika siswa meningkat yaitu mencapai 83%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan liveworsheet dapat meningkatkan motivasi belajar Matematikas siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraena, Y., Felicia, N., Ginanto, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. In Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (1st ed.). Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://repositori.kemdikbud.go.id/24972/1/Kajian_Pemulihan.pdf

Ayu, E. S. E. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIB SDN 007 Sagulung Implementation of Differentiated Learning to Increase the Learning Motivation of Class VIB Students at SDN 007 Sagulung. Biodidak, 2(2), 119–129.

B, V. S. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Bina Jaya Palembang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 11–20.

Daryanto, J., Rukayah, Sularmi, Budiharto, T., Atmojo, I. R. W., Ardiansyah, R., & Saputri, D. Y. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Media LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet Pada Masa Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 319–326. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5516

Fitriana, A. (2021). Model Pengaruh Fasilitas, Motivasi, dan Kedisiplinan terhadap Keberhasilan Belajar Siswa SMK dalam Belajar Matematika. https://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7467

Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817–5826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116

Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Barabai. Julak: Jurnal Pembelajaran Dan Pendidik, 1(2807–5536), 89–100. https://www.julak.online/index.php/Jurnal/article/view/46

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan (N. N. M (ed.); 1st ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Lestari, N., & Suryani, D. R. (2019). Penggunaan Variasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Merauke. MUSAMUS Journal of Mathematics Education, 1(2), 74–79. http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/mathematics%0APENGGUNAAN

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Universitas Negeri Padang. http://repository.unp.ac.id/23547/

Nasution, W. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). In A. Daulay & Sumaiyah (Eds.), Gastronomía ecuatoriana y turismo local. (Vol. 1, Issue 69). PERDANA PUBLISHING.

Siswanto, R. D., & Ratiningsih, R. P. (2020). Korelasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Bangun Ruang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 96–103.

Suharsono, S., & Handayani, S. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheets dalam Pembelajaran Online. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 121–126. https://doi.org/10.33366/ilg.v4i2.2995

Sukendra, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Aplikasi Zoom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika. Widyadari: Jurnal Pendidikan. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/1109%0Ahttps://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/download/1109/894

Syarifuddin, S., & Nurmi, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 35–44. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.184

Published

2023-09-29