Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ubud Pasca Pembejaran Daring Pada Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7869454Keywords:
komunikasi matematis, pembelajaran daring, pandemi covid 19Abstract
Penelitian dilakukan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa pasca pandemi COVID 19 melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Ubud yang terdiri dari 36 siswa digunakan sebagai subjek penelitian. Data diperoleh dengan mewawancarai guru dan observasi pada pembelajaran serta dengan memberikan tes kemampuan komunikasi pada siswa. Dari hasil observasi kemampuan komunikasi matematis diperoleh 52,8% siswa berada pada kategori cukup dan kurang. Sedangkan pada hasil tes kemampuan komunikasi matematis terdapat 61,1% berada pada kategori cukup dan kurang. Hasil ini menunjukkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Ubud cenderung rendah ke tinggi. Penyebab rendahnya komunikasi matematis siswa karena pada saat pembelajaran jarak jauh siswa tidak dapat secara langsung menyampaikan ide matematikanya maupun berdiskusi secara langung dengan teman maupun guru. Selain itu siswa kurang berkesempatan untuk berdiskusi dalam kelompok atau melakukan presentasi, yang dapat membantu meningkatkan kemampuan komunikasi mereka. Sehingga diperlukan perbaikan pada proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa
Downloads
References
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Materi Eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.438
Handayani, S., Masfuah, S., & Kironoratri, L. (2021). Analisis kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran daring siswa sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2240–2246. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/770
Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian pembelajaran matematika. Bandung: Refika Aditama.
Kemdikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Fase A - Fase F. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.
Marni, M., & Pasaribu, L. H. (2021). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1902–1910. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/621
Massie, A. Y., & Nababan, K. R. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Satya Widya, 37(1), 54–61. https://doi.org/10.24246/j.sw.2021.v37.i1.p54-61
Pratiwi, D. D. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai Dengan Gaya Kognitif Dan Gender. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 131–142. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.28
Rachmayani, D. (2013). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Kominikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(Vol 3 No 1), 13–23. https://doi.org/10.23969/pjme.v3i1.2486
Ramadhan, I., Nugraha, T. J., Firmansyah, E., Alkahfy, R., & Rian. (2021). Perubahan proses pembelajaran tatap muka pasca pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 Di MAN 2 Pontianak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 86–93. https://doi.org/10.5281/zenodo.5746197
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.