PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7875471Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap minat dan hasil belajar biologi pada peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sukawati tahun pelajaran 2019/2020.Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelompok eksperimen dengan 36 peserta didik dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelompok kontrol dengan 36 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner dan tes, dan analisis data menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan hasil belajar biologi peserta didik antara yang mengikuti model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan yang mengikuti model pembelajaran Konvensional pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sukawati tahun pelajaran 2019/2020. Dan pada hipotesis ketiga diperoleh nilai signifikan 0,00 < 0,050 maka, ada perbedaan secara simultan pada minat belajar dan hasil belajar biologi peserta didik antara yang mengikuti model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan yang mengikuti model pembelajaran Konvensional pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sukawati tahun pelajaran 2019/2020. Sehingga dapat dinyatakan bahwa, ada pengaruh penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap minat dan hasil belajar biologi pada peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sukawati tahun pelajaran 2019/2020.
Downloads
References
Aedi, Nur. 2010. Bahan Belajar Mandiri Metode Penelitian Pendidikan Instrumen Penelitian Dan Pengumpulan Data. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia
Afandi, Muhamad. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. UNISSULA Press. http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/211313015/9230susun_ISI_DAN_DAFTAR_PUSTAKA_BUKU_MODEL_edit_.pdf. Diakses tanggal 21 April 2019.
Anderson., dkk. 2001. A Taxonomy For Learning, Teaching And Assesing A Revision Of Bloom’s Taxonomy Of Educational Objective. New York : Longman
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta : Bumi Aksara
Candiasa, I Made. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat disertai Aplikasi SPSS. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha
Fitriyah, Nikmatul., dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPA Biologi. Jurnal Edukasi 2015 (II) 44-50
Ismiyanto, P. C. S., Syafii, dan Syakir. Implementasi Creative Problem Solving Dalam Pembelajaran Menggambar: Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Imajinasi Jurnal Seni, 6(2), 103-113.
Kemendikbud. 2014. Paparan Wakil Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan R.I Bidang Pendidikan, Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan : Jakarta.
Nurdyansyah, dan Eni Fariyatul Fahyuni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo : Nizamia Learning Center
Pomalato, S. (2006). Mengembangkan Kreativitas Matematik Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Model Treffi Nger. Mimbar Pendidikan No. 1/XXV/2006, 22-26.
Rusmana. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Afabeta.
Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanajaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Suwarmayanti, Ni Wayan Eli. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dengan Modifikasi Picture and Picture Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI MIA SAM PGRI 4 Denpasar Tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi (tidak diterbitkan). Denpasar : IKIP PGRI Bali.
Triyono., dkk. 2017. Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Creatve Problem Solving Terhadap Kreativitas Siswa SMP. Jurnal Kependidikan No 2/VII November 2017 214-226
Wasti, Sriana. 2013. Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang (UNP).
Wibowo, Suji. 2013. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model kooperatif Pendekatan Struktural Tipe “Think-Pair-Share” Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Ditinjau Dari Minat Belajar matematika Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Masaran Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Semarang: UNS.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.