IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI SISTEM EKSRESI DI SMA NEGERI 1 KUTA UTARA

Authors

  • Sudiarsa I Wayan Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Satya Pratiwi Ni Made Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v12i2.2733

Keywords:

Aktivitas Belajar, Small Group Discussion, Sistem Eksresi

Abstract

Penlitian ini dilaksanakan dalam rangka mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan menerapkan metode pembelajaran Small Group Discussion terhadap aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas XI pada materi Sistem Eksresi di SMA Negeri 1 Kuta Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksankan selama 2 siklus, satu siklusnya menghabiskan 2 pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Observasi dan Catatan Lapangan. Teknik Analisis Data dalam penelitian ini adalah analisis data Kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa Implementasi Metode Pembelajaran Small Group Discussion dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas XI pada materi Sistem Eksresi di SMA Negeri 1 Kuta Utara. Peningkatan dapat dilihat dari skor persnetase observasi Aktivitas Belajar pada Materi Sistem Eksresi yaitu siklus I dengan persentase skor rata-rata seluruh indikator sebesar 44.32% yang masuk dalam kategori cukup, dan siklus II dengan persentase skor rata-rata seluruh indikator sebesar 77.50% yang masuk dalam kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. 2009. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Ariaten, K. R., Feladi, V., Dedy, R., & Budiman, A. (2019). Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 1(1), 33–38.

Chidubem Precious, E., & Adewunmi Feyisetan, A.-V. (2020). Influence of Teacher-Centered and Student-Centered Teaching Methods on the Academic Achievement of Post-Basic Students in Biology in Delta State, Nigeria. Teacher Education and Curriculum Studies, 5(3), 120.

Christiani, A., & Mintohari. (2014). Penerapan Metode Small Group Discussion dengan Model Cooperative Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penilitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 1–11.

Maisarotullaili, L. (2022). PEMBELAJARAN PENYAMPAIAN CERITA MELALUI SMALL GROUP. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 7(1), 130–136.

Munandar, N. (2019). the Effect of Cooperative Learning Models on Increasing Learning Results and Student Activities in Mathematic Lessons. Journal of Mathematics Education, 4(1), 21–26.

Oishi, I. R. V. (2020). Pentingnya Belajar Mandiri Bagi Peserta Didik di Perguruan Tinggi. IKRA-ITH Humaniora, 4(2), 50–55.

Putriawati, W. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Small Group Discussion untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Mahasiswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 80.

Saraswati, N. F., & Djazari, M. (2018). Implementasi Metode Pembelajaran Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi Smk Muhammadiyah Kretek Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(2).

Serin, H. (2018). A Comparison of Teacher-Centered and Student-Centered Approaches in Educational Settings. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 5(1), 164–167.

Published

2023-09-29