Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Siswa Materi Sistem Respirasi Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 11 Denpasar Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Ni Kadek Yuni Pradnyani UNIVERSITAS PGRI MAHADEWA INDONESIA
  • Juwana I Dewa Putu Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v12i2.2716

Keywords:

Kata-Kata Kunci: model pembelajaran, discovery learning, sistem respirasi, motivasi belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi belajar biologi siswa materi sstem respirasi sekolah menengah atas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Desember 2022 sampai Februari 2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 11 Denpasar tahun pelajaran 2022/2023. Objek dalam penelitian ini adalah motivasi belajar biologiĀ  siswa, dengan materi sistem respirasi dengan model pembelajaran discovery learning. Pelaksanaan penelitian dilakukan dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi danĀ  refleksi. Konversi rata-rata motivasi belajar menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dapat dijelaskan dalam setiap indikator data sebelum dan setelah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan antara motivasi belajar siswa antara siklus I ke Siklus II dengan kategori motivasi baik yaitu nilai diatas 70. Dari kategori yang ditetapkan maka penelitian ini sudah mencapai kategori keberhasilan. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi belajar biologi siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 11 Denpasar tahun pelajaran 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhari. (2015). Penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI-IPA1 pada materi sistem pernapasan di SMA Negeri Unggul Sigli. Jurnal Biologi Edukasi Edisi 14, Volume 7 Nomor 1.Universitas Syiah Kuala.

Abdjul, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Buntulia. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Volume 08.No.1. Universitas Negeri Gorontalo.

Agusriyalni.Z.(2021). Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Sistem Koordinasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi.Vol.5,No.1. Universitas Bengkulu.

Astuti, T. I., Idrus, I., Yennita, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Biologi Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi.Vol.2.No.1.Universitas Bengkulu.

Abdullah, Sani Ridwan. (2014). Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad.W.(2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas Xi Sma Negeri 2 Soppeng.Skripsi.Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ali.J.(2021). Implementasi Metode Discovery Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII IIPA 1 SMAN 1 Batanghari. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA Vol. 1 No. 1.Universitas Hamzanwadi.

Darmadi. 2017. Pengembangan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Jaarta: Rineka Cipta.

Erlidawati.(2020). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education). Volume 8, Nomor 1, halaman 92-104. Universitas Syiah Kuala.

Firdianti, A. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Yogyakarta: CV. Gre Publishing.

Fahlevi.R.(2022).Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMAN 1 Teunom Aceh Jaya.Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh

Hadiono. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-D SMPN 2 Kamal Materi Cahaya. Jurnal Pena Sains. Vol. 3, No. 2. Universitas Trunojoyo Madura Bangkalan.

Kemendikbud.(2016).Permendikbud No 020 tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta:kemendikbud.

Larasati.D.A.(2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Higher Order Thinking Skill Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis.Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Volume 11 Nomor 1. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Rahma.A.(2022).Penerapan Model Discovery Learning Dalam Materi Mengidentifikasi Informasi Penting Proposal Di Kelas XI SMA Negeri 11 Kota Jambi.Skripsi. Universitas Jambi.

Rosyid, M. Z.dkk. 2019. Prestasi Belajar. Malang : Literasi Nusantara.

Surya,R.(2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Multimedia Terhadap Keterampilan Proses Sains, Berpikir Tingkat Tinggi Dan Keterampilan Bertanya Pada Materi Sistem Pernapasan Di Sma Negeri 5 Langsa. Jurnal Biolokus. Volume 3, No.1.Universitas Sains Cut Nyak Dhien Langsa.

Susetyo.(2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Kelas Xi Di Sma Negeri 4 Malang.Skripsi.Universitas Islam Malang.

Tarjuriah.2021. Kualitas Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Panai Tengah Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Terhadap Materi Sistem Respirasi Manusia. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus.Vol.7.No.2. Universitas Labuhanbatu.

Wahab, N., & Sundari, S. (2019). Model Discovery LearningDalam Pembelajaran Biologi Metabolisme Untuk Meningkatkan Aktivitas Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII-IPASI Di SMANegeri 4 Kota Ternate. Seminar Nasional Biologi Vol. 1. Universitas Khairun Ternate

Rahmi, L.S.(2019). Penerapan Model Discovery Learning Dengan Praktik Anggit Angglang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di Sman 2 Kota Tasikmalaya.Jurnal Pendidikan Biologi.Universitas Siliwangi.

Published

2023-08-20