PENERAPAN GAME BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEATIFAN SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 KUTA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7900617Keywords:
Game Based Learning, Keatifan Belajar Siswa, Pembelajaran BiologiAbstract
Tujuan dilaksanakanannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu untuk meningkatkan keatifan belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kuta Utara tahun pelajaran 2022/2023 dengan menerapkan model pembelajaran Game Based Learning. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam jangka waktu 2 bulan yang terhitung dari Januari sampai dengan Februari 2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 1 Kuta Utara tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumalh 46 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Game Based Learning dan keatifan belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Game Based Learning dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran biologi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa sebesar 21.74% dari pre siklus dengan pesentase 52.17% menjadi 73.91% pada siklus I. Kemudian terjadi peningkatan kekatifan siswa sebesar 10.87% dari persentase siklus I sebesar 73.91% menjadi 84.78% pada siklus II yang telah masuk ke kategori tinggi. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Game Based Learning pada pembelajaran biologi khsusunya materi sistem ekskresi dapat meningkatkan keaktifan siswa.
Downloads
References
Aini, F. N. 2018. Pengaruh Game Based Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS. JUPE. Vol. 6(3): 249-255.
Asmaka, R. A. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Game-Based Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Peluang Kelas VIII SMP Negeri 2 Balen Tahun Pelajaran 2018/2019. Bojonegoro: IKIP PGRI Bojonegoro.
Djamaluddin, A. 2019. Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Parepare: Kaaffah Learning Center.
Fadila, D. S. N., Riyadi, Prasetyo, K., Suprijono, A. Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Tipe Wordwall Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP. Dialektika Pendidikan IPS. Vol. 2(2): 171 – 180.
Hakim, L., Fahrial, A., Dona, S. Y. 2018. Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Menggunakan Metode Bermain Untuk Siswa Kelas V Sdn 2 Pagelaran Kabupaten Malang. Journal of Teaching Physical Education in Elementary School. Vol. 1(2): 65-77.
Kharis, A. 2019. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis IT pada Tematik. Mimbar PGSD Undiksha. Vol. 7(3): 173-180.
Pratono, S. E. 2020. Penggunaan Game Based Learning Quizizz untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Materi Globalisasi Kelas XII IPS SMA Darul Hikmah Kutoarjo. Habitus: Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Antropologi. Vol. 4(1): 25-38.
Safitri, N. A. 2022. Penerapan Model Game Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Muaro Jambi. Skripsi. Jambi: UIN Sulthan Thaha Saifuddin.
Saleh, A. 2016. Penerapan Metode Bermain Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Tolak Peluru Di SMP. Prosiding Seminar Nasional Peran Pendidikan Jasmani dalam Menyangga Interdisipliner Ilmu Keolahragaan, Malang. Hal. 240-256.
Wibawa, A. C. P., Hashina, Q. M., Lutfiah, A. S., Rizki, H. 2021. Game-Based Learning (GBL) sebagai Inovasi dan Solusi Percepatan Adaptasi Belajar pada Masa New Normal. INTEGRATED (Information Technology and Vocational Education). Vol. 3(1): 17 – 22.
Wibowo, N. 2016. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosar. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO). Vol. 1(2): 128-139.
Widiana, I. W. 2022. Game Based Learning dan Dampaknya terhadap Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha. Vol. 10(1): 1-10.
Winata, K. R., Made, D. S. 2020. Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 10(3): 198-206.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.