Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI MIPA 1 Semester Genap SMAN 11 Denpasar Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7900525Keywords:
Pembelajaran berdiferensiasi, hasil belajar, BiologiAbstract
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan desember sampai dengan februari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan hasil belajar pada materi sistem pencernaan kelas XI. Jenis penelitian yang akan dilaksanakan ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas XI MIPA 1 dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Prosedur penelitian dengan mengikuti alur PTK yaitu mulai dari tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi/ evaluasi , dan tahap refleksi. Data dikumpulkan dengan lembar evaluasi yang dilakukan di awal siklus dan akhir siklus. Data yang telah terkumpul, kemudian di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan hasil belajar pada materi sistem pencernaan kelas XI MIPA 1 semester genap SMAN 11 Denpasar tahun ajaran 2022/2023. Terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 86,2 menjadi 88,91 pada siklus II.
Downloads
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Fitra, D.K. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Filsafat Indonesia. Vol 5 (3): 250-258
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta Amelia
Suwartiningsih.2021. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia. Vol1(2): 80-94
Tomlinson, C. A. 1999. The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learning. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.