Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI MIPA 1 Semester Genap SMAN 11 Denpasar Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Juwana I Dewa Putu Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Wahyunita Savitri Ni Putu Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7900525

Keywords:

Pembelajaran berdiferensiasi, hasil belajar, Biologi

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan desember sampai dengan februari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan hasil belajar pada materi sistem pencernaan kelas XI. Jenis penelitian yang akan dilaksanakan ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas XI MIPA 1 dalam  menerapkan pembelajaran  berdiferensiasi. Prosedur  penelitian  dengan  mengikuti  alur  PTK  yaitu  mulai  dari tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi/ evaluasi , dan tahap refleksi. Data  dikumpulkan  dengan  lembar  evaluasi  yang dilakukan di awal siklus dan akhir siklus. Data yang telah terkumpul, kemudian di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan hasil belajar pada materi sistem pencernaan kelas XI MIPA 1 semester genap SMAN 11 Denpasar tahun ajaran 2022/2023. Terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 86,2  menjadi 88,91 pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Fitra, D.K. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Filsafat Indonesia. Vol 5 (3): 250-258

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta Amelia

Suwartiningsih.2021. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia. Vol1(2): 80-94

Tomlinson, C. A. 1999. The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learning. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles