Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Liveworksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII1 SMPN 6 Denpasar Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Ni Ketut Yulianti a:1:{s:5:"en_US";s:35:"Universitas PGRI Mahadewa Indonesia";}
  • Ni Kadek Rini Purwati

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7823984

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII1 dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan liveworksheet. Penelitian dilakukan pada Kelas VIII 1 di SMP Negeri 6 Denpasar semester 1 Tahun Pelajaran 2022-2023. Subjek penelitian sebanyak 41 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua tindakan siklus yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes tulis, lembar wawancara, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berbantuan liveworksheet dapat meningkatkan hasil belajar dengan pencapaian ketutasan belajar dari kondisi awal pra siklus diperoleh 36,59% menjadi 63,41% pada siklus I dan pada siklus II telah mencapai 90,24%.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles