Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Liveworksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII1 SMPN 6 Denpasar Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7823984Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII1 dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan liveworksheet. Penelitian dilakukan pada Kelas VIII 1 di SMP Negeri 6 Denpasar semester 1 Tahun Pelajaran 2022-2023. Subjek penelitian sebanyak 41 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua tindakan siklus yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes tulis, lembar wawancara, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berbantuan liveworksheet dapat meningkatkan hasil belajar dengan pencapaian ketutasan belajar dari kondisi awal pra siklus diperoleh 36,59% menjadi 63,41% pada siklus I dan pada siklus II telah mencapai 90,24%.
Downloads
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.