Penerapan Scaffolding Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Ni Ketut Erawati
  • Harum Astarini Made Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7869460

Keywords:

Scaffolding, Aktivitas Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi lingkaran melalui penerapan scaffolding. Jenis penelitian ini merupakan  Penelitian  Tindakan  Kelas  (Classroom  Action Research) dengan subjek penelitian adalah 38 orang siswa kelas VIII-B SMPN 8 Denpasar, yang terdiri dari 20 orang siswa perempuan dan 18 orang siswa laki-laki. Objek penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Satu siklus dalam penelitian ini dilakukan dalam dua kali pertemuan. Pengumpulan data  dilakukan melalui lembar observasi aktivitas belajar yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui klasifikasi aktivitas belajar tiap siklus. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah diperolehnya persentase hasil analisis data aktivitas belajar siswa dalam kategori minimal aktif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terjadi peningkatan pada aktivitas siswa dari siklus I yaitu 61% yang berada pada kategori cukup aktif  menjadi 74% pada siklus II yang berada pada kategori aktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi scaffolding dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII-B SMPN 8 Denpasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badri, Y., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Dengan Scaffolding Metakognitif Untuk Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 12(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4863

Dewi, L. V., Ahied, M., Rosidi, I., & Munawaroh, F. (2019). Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Scaffolding. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(2), 137. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.27630

Ekawati, E., Maulana, A., Ali, A., Ibrahim, M. M., Taufiq, A. U., Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Istiana, R., & Titin, T. (2021). Inovasi Lembar Kerja Berbasis Vee Mapping Pada Pendidikan Biologi Abad 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1), 119–125. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.146

Haidar, D. A., Yuliati, L., & Handayanto, S. K. (2020). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri dengan Scaffolding terhadap Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Cahaya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(12), 1800. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14342

Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding. Jurnal Elemen, 6(2), 228–243. https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.2042

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Mariyani, M., Fuadiah, N. F., & Retta, A. M. (2021). Antisipasi Didaktis dengan Strategi Scaffolding pada Pembelajaran Barisan dan Deret Aritmetika. Jurnal Elemen, 7(2), 310–323. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3189

Nursanti, I. (2022). Penerapan Metode Scaffolding untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Bungkal. JPT (Jurnal Pendidikan Tambusai), 6(2), 10279–10295. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF/article/view/29

Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84–97. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3975

Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 102–111.

Sinaga, M., & Silaban, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Kontekstual untuk Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(1), 33. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i1.8051

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256–1268. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles