Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Menggunakan E-Book Komik Matematika Berbasis Edutainment

Authors

  • I Putu Ade Andre Payadnya a:1:{s:5:"en_US";s:34:"Universitas Mahasaraswati Denpasar";}
  • I Made Dharma Atmaja Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Rahayu Puspadewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yuliani Trisna Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7543532

Keywords:

E-Book Komik, Edutainment, Kemampuan Matematis, Media Pembelajaran Inovatif, Respon Siswa

Abstract

Penggunaan e-book komik matematika berbasis edutainment merupakan salah satu solusi yang dapat membantu meningkatkan kemampuan matematis siswa. Namun, penerimaan siswa terhadap media pembelajaran baru biasanya tidak akan berjalan dengan mudah. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah sebanyak 42 siswa kelas VIII.C SMP Negeri 1 Blahbatuh. Penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 1 Blahbatuh. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan tahap-tahap berikut: reduksi data, presentasi data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan data yang sudah diperoleh, skor rata – rata hasil respon siswa terhadap kualitas e-book komik matematika adalah 83,07 dengan perolehan persentase ideal 83%, dimana dalam kriteria penilaian ideal tergolong kedalam kriteria “sangat baik”. Berdasarkan rata – rata dan persentase ideal maka dapat diisimpulkan bahwa penilaian respon siswa terhadap kualitas e-book komik matematika dikategorikan “sangat baik” dan bisa dijadikan sebagai media pembelajaran pada materi lingkaran. Berdasarkan hasil wawancara yang diadakan ke siswa, siswa menyatakan merasa lebih bersemangat saat belajar menggunakan e-book komik matematika berbasis edutainment. Dari hasil observasi, terlihat siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika menggunakan e-book komik matematika berbasis edutainment. Hal ini menunjukkan bahwa e-book komik matematika berbasis edutainment merupakan media pembelajaran matematika inovatif yang dapat membantu meningkatkan kemampuan matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrilianto, M. 2012. “Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa Smp Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking.” Infinity Journal 1(2):192. doi: 10.22460/infinity.v1i2.19.

Ainun, J. (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Materi Proses Pembekuan Darah Kelas XI MA Madani Pao-Pao Gowa. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Aprilanita, A. B. (2019). Pengembangan Media Komik Matematika Menggunakan Mit App Inventor Pada Pokok Bahasan Pythagoras Kelas VIII C SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma.

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Arshad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grasindo Persada.

Dewimarni, S. (2017). Kemampuan Komunikasi nan Pemahaman Konsep Aljabar Linear Mahasiswa Universitas Indonesia 'YPTK' Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 53-62.

Hamruni. (2009). Edutainment dalam Pendidikan Islam dan Teori–teori Pembelajaran Quantum. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Khasanah, A. F. (2018). Pengembangan Soal Cerita Menggunakan Komik Matematika Bernuansa Islami Pada Materi Perbandingan Kelas VII. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera.

Maisyarah, R., Edi Syahputra, and Mulyono. (2019). “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Disposisi Matematis Siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika 12(2):28–38.

Miles, M.B & Huberman A.M. (1984). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Misel, E. S. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk

Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Didaktik, 10

(2), 27-36.

Prastyo, Hendri. (2020). “Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS.” Jurnal Padegogik 3(2):111–17. doi: 10.35974/jpd.v3i2.2367.

Toha, Agung Fuad Moch, and Fata Nidaul Khasanah. 2020. “Media Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Pelajaran Matematika.” Jurnal Kajian Ilmiah 20(2):145–56. doi: 10.31599/jki.v20i2.120.

Published

2023-01-17