Potensi Pengembangan Budidaya Tanaman Jasmine Di Kota Mataram

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7442493

Keywords:

Strategi pengembangan, Potensi budidaya, Jasmine

Abstract

Pengelolaan tananaman merupakan pendekatan dalam budidaya melalui Penerapan komponen teknologi yang memberikan efek sinergis dalam mempertahankan kualitas lahan dan lingkungan agar terwujud keberlanjutan usahatani. Jasmine merupakan salah satu komoditas bernilai ekonomi tinggi sebagai tanaman hias pot dan taman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan serta strategi pengembangan potensi budidaya tanaman jasmine di Kota Mataram (khususnya UD Yuka Collection). Responden penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling sebanyak 10 orang, berdasarkan pertimbangan bahwa responden yang dipilih merupakan subyek pelaku yang melakukan kegiatan dalam usaha tanaman jasmine. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan mengkaji variabel kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada SWOT dan model pengelolaan (POAC) dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan budidaya tanaman jasmine di Kota Mataram (khususnya UD Yuka Collection) lebih mengarah kepada pengelolaan Actuating (mengarahkan anggota untuk bergerak dalam mencapai tujuan) dengan skor tertinggi sebesar 100%. Strategi pengembangan potensi budidaya terletak pada kuadran I yang cocok menggunakan strategi Grow and Build (Tumbuh dan Bina)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Indrawan, I. P. E., Wiadnyana, I. G. A. G., & Suparyana, P. K. (2021). Faktor Pendorong Keberhasilan Wirausaha Tukang Suun Selama Pandemi Covid-19 Di Pasar Tradisional Tabanan Bali. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 7(2), 153–167. https://doi.org/10.35906/JEP.V7I2.890

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1133305

Nirmala, & Uripi, C. R. (2016). Analisis SWOT Untuk Bisnis Percetakan Di Kota Purwokerto. Seminar Nasional Dan Call For Papers Sustainable Competitive Advantage-6, 6(1), 619–629. http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca-1/article/view/957

Ramdani, S. H., & Supriyat, F. (2014). Analisis Faktor Eksternal Dan Internal Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Pada CV Certowin Multi Trading Indonesia. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 6(1), 48–55. https://doi.org/10.34203/jimfe.v6i1.492

Setyawati, S. A. (2011). Budidaya Tanaman Melati (Jasminum spp.). Iptek Hortikultura, 1–4. http://repository.pertanian.go.id/

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Pustaka Baru Press.

Suparyana, P. K., Indrawan, I. P. E., & Septiadi, D. (2022). Faktor Internal Eksternal Peningkatan Hasil Tangkap Ikan Pada Kelompok Nelayan Putra Bahari di Desa Kuranji Dalang. Emasains : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 63–70. https://doi.org/10.5281/ZENODO.6410032

Suparyana, P. K., Nabilah, S., & Sukanteri, N. P. (2020). Faktor Internal Eksternal Dalam Bauran Pemasaran Produk Ukm Kopi Dadong. DwijenAGRO, 10(2), 109–116. http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/dwijenagro/article/view/1030/909

Published

2022-09-30