Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Komik Digital Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 6 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Melania Titiana Dimat Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Nyoman Parmithi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • N. Putri Sumaryani Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7477496

Keywords:

Strategi Pembelajaran Inkuiri, Komik Digital, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar Biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Komik Digital Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Biologi Perserta Didik Kelas X SMA Negeri 6 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini termasuk Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Non- Equvalent Control Group Desing. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X SMA Negeri 6 Denpasar yang terdiri dari 4 kelas, yang berjumlah 128 orang. Sampel dalam penelitian ini dengan teknik random sampling, terpilih dua kelas yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif berupa skor kreativitas yang mengunakan metode angket dan hasil belajar biologi dengan mengunakan metode tes. Analisis data mengunakan MANOVA dengan bantuan SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh: 1) ada pengaruh strategi pembelajaran inkuiri berbantuan komik digital terhadap kreativitas peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Denpasar. 2) ada pengaruh strategi pembelajaran inkuiri berbantuan komik digital terhadap hasil belajar perserta didik kelas X SMA Negeri 6 Denpasar. 3) ada pengaruh secara simultan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan komik digital terhadap kreativitas dan hasil belajar biologi. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh strategi pembelajaran inkuiri berbantuan komik digital terhadap kreativitas dan hasil belajar biologi peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Denpasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artini, Ni M. R. S., dkk 2014."Pengaruh Metode Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDK Soverdi Tuban." Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha.

Artini, Ni M. R. S., dkk 2014."Pengaruh Metode Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDK Soverdi Tuban." Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha

Khaeroni, dan Nopriyani. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SD/MI Pada Pokok Bahasan Sistem Koordinat. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 76–93. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a7.2018

Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru (Jakarta: Raja Grafindo Persada)

Mardianto. 2012. Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing

Onde, M. K. L. O., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN,3(6), 4400-4406. https://www.edukatif.org/index.php/edu katif/article/view/1449

Rasiman, 2014. Development of Mathematics Learning Media E-Comic Based on Flip Book Maker to Increase the Critical Thinking Skill and Character of Junior High School Students. International Journl of Education and Research, 2(11).

Sagala. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sanjaya. 2013. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Santyasa. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif. (http://digilib.unnes.ac.id//, diakses 21 Maret 2013)

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Published

2022-12-27