Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Komik Digital Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 6 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7477496Keywords:
Strategi Pembelajaran Inkuiri, Komik Digital, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar BiologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Komik Digital Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Biologi Perserta Didik Kelas X SMA Negeri 6 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini termasuk Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Non- Equvalent Control Group Desing. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X SMA Negeri 6 Denpasar yang terdiri dari 4 kelas, yang berjumlah 128 orang. Sampel dalam penelitian ini dengan teknik random sampling, terpilih dua kelas yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif berupa skor kreativitas yang mengunakan metode angket dan hasil belajar biologi dengan mengunakan metode tes. Analisis data mengunakan MANOVA dengan bantuan SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh: 1) ada pengaruh strategi pembelajaran inkuiri berbantuan komik digital terhadap kreativitas peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Denpasar. 2) ada pengaruh strategi pembelajaran inkuiri berbantuan komik digital terhadap hasil belajar perserta didik kelas X SMA Negeri 6 Denpasar. 3) ada pengaruh secara simultan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan komik digital terhadap kreativitas dan hasil belajar biologi. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh strategi pembelajaran inkuiri berbantuan komik digital terhadap kreativitas dan hasil belajar biologi peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Denpasar
Downloads
References
Artini, Ni M. R. S., dkk 2014."Pengaruh Metode Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDK Soverdi Tuban." Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha.
Artini, Ni M. R. S., dkk 2014."Pengaruh Metode Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDK Soverdi Tuban." Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha
Khaeroni, dan Nopriyani. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SD/MI Pada Pokok Bahasan Sistem Koordinat. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 76–93. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a7.2018
Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru (Jakarta: Raja Grafindo Persada)
Mardianto. 2012. Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing
Onde, M. K. L. O., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN,3(6), 4400-4406. https://www.edukatif.org/index.php/edu katif/article/view/1449
Rasiman, 2014. Development of Mathematics Learning Media E-Comic Based on Flip Book Maker to Increase the Critical Thinking Skill and Character of Junior High School Students. International Journl of Education and Research, 2(11).
Sagala. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sanjaya. 2013. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Santyasa. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif. (http://digilib.unnes.ac.id//, diakses 21 Maret 2013)
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.